Sukses


Pengertian Mentoring dan Manfaatnya bagi Karier

Bola.com, Jakarta - Mentoring merupakan satu di antara metode pembelajaran yang cukup banyak diterapkan. Dalam belajar atau bekerja, melakukan mentoring menjadi cara tepat untuk meningkatkan produktivitas.

Isi dari mentoring biasanya adalah berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Dalam prosesnya, mentoring ada hubungan timbal balik dan kolaboratif.

Arti dari mentoring adalah pendampingan. Orang yang melakukan pendampingan disebut mentor. Sementara orang yang didampingi oleh mentor disebut mentee.

Aktivitas mentoring bisa formal atau informal dan dapat berubah dan berkembang seiring perubahan kebutuhan. Seorang mentor membantu seseorang untuk belajar dan berkembang lebih cepat daripada yang seharusnya mereka lakukan.

Mentoring cenderung berfokus pada masa depan dan keterampilan yang lebih luas untuk pengembangan pribadi atau karier.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman mengenai mentoring, disadur dari Liputan6, Kamis (30/6/2022).

2 dari 7 halaman

Asal Usul Kegiatan Mentoring

Istilah mentor berasal dari karakter Mentor dalam Homer's Odyssey. Karakter ini adalah pendamping Telemakus, putra Odiseus, dan memberinya bimbingan dan nasihat saat dia jauh dari rumah dan keluarganya.

Zaman dahulu tujuan seorang mentor adalah untuk mengambil semua pengalaman yang telah mereka kumpulkan sepanjang karier dan hidup mereka dan mentransfernya ke mentee mereka untuk keuntungan mereka.

3 dari 7 halaman

Tujuan Mentoring

Beberapa tujuan mentoring, di antaranya:

  • Mendukung dan mendorong orang untuk mengelola pembelajaran mereka sendiri agar mereka dapat memaksimalkan potensi mereka, mengembangkan keterampilan mereka, meningkatkan kinerja mereka, dan menjadi orang yang mereka inginkan.
  • Menghubungkan individu yang memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman dengan seseorang yang belum mendapatkan pengetahuan atau pengalaman yang sama.
4 dari 7 halaman

Cara Kerja Mentoring

Mentor yang baik dapat membantu mentee menjadi lebih efektif di tempat kerja, mempelajari keterampilan baru, mengembangkan kepercayaan diri yang lebih besar, dan membuat keputusan yang lebih baik untuk pertumbuhan karier mereka.

Hubungan mentoring cenderung bersifat sukarela di kedua sisi. Gagasan di balik hubungan mentoring adalah gagasan semi-amal.

Hal ini berarti, mitra senior selaku mentor menyampaikan sebagian dari apa yang telah mereka pelajari kepada orang lain yang akan mendapat manfaat dari pengalaman mereka.

Hubungan mentoring, terutama yang formal yang diselenggarakan melalui program mentoring, sering kali dilakukan dengan batas waktu yang ditentukan, atau tujuan yang ditentukan.

Misalnya, seorang pelajar mungkin setuju untuk bekerja dengan seorang mentor selama satu tahun, atau sampai mereka mencapai promosi tertentu yang diinginkan.

Setelah mereka mencapai batas waktu atau mencapai tujuan, persyaratan dapat dinegosiasikan kembali. Mentor dan pembelajar dapat memutuskan untuk terus bekerja sama, terutama jika hubungan telah produktif dan bermanfaat bagi keduanya.

5 dari 7 halaman

Manfaat mentoring

Transfer Pengetahuan

Manfaat mentoring adalah sebagai wadah untuk mentransfer pengetahuan. Mentor dapat memberikan kebijaksanaan yang dikembangkan pada pekerjaan dari waktu ke waktu, informasi dan harapan atau kebijakan di tempat kerja yang akan membantu mentee berhasil dalam jangka panjang.

Peluang Jaringan

Program mentoring di tempat kerja adalah cara yang bagus bagi karyawan baru untuk memperluas jaringan mereka.

Bagi banyak karyawan baru, perlu waktu berbulan-bulan untuk mengenal rekan kerja kunci. Melalui program mentoring, mentee dapat memperoleh akses ke kontak karier penting lebih cepat. Hal ini terutama berlaku di lingkungan kerja jarak jauh.

6 dari 7 halaman

Manfaat Mentoring

Meningkatkan pengembangan keterampilan

Kebanyakan mentee mencari seseorang untuk membantu mereka memajukan prospek karier mereka. Melalui saran dan bimbingan, mentor dapat membantu karyawan mengembangkan potensi penuh atau pola pikir kewirausahaan mereka di tempat kerja.

Pengembangan karir dan profesional

Organisasi yang menyediakan lingkungan kerja yang mendukung secara profesional dapat berharap untuk menarik bakat dan mengalami tingkat retensi yang lebih besar dengan mereka yang mereka tarik.

Mentoring karyawan yang kurang berpengalaman mempromosikan pengembangan keterampilan dan ikatan sosial mereka dengan organisasi dengan cara yang lebih bermakna daripada pelatihan kerja.

Mendapatkan perspektif baru

Sementara mentor biasanya dalam posisi memberikan pengetahuan kepada mentee, hubungan mentoring juga dapat membantu karyawan yang lebih berpengalaman mempelajari keterampilan baru.

Ini area di mana mentee juga bisa menjadi guru, membimbing mentor untuk mempelajari keterampilan baru atau cara baru dalam melakukan sesuatu.

7 dari 7 halaman

Manfaat Mentoring

Penyelesaian masalah

Seorang mentor dapat menjadi papan suara ketika karyawan yang kurang berpengalaman menghadapi situasi atau masalah yang tidak mereka ketahui atau tidak dapat mereka temukan solusinya.

Dengan bermitra dengan karyawan yang lebih muda dengan yang lebih berpengalaman, mentee dapat belajar dari pengalaman mentor.

Mendukung tempat kerja yang beragam dan inklusif

Keragaman dan inklusi penting untuk pertumbuhan, produktivitas, dan kekuatan perusahaan. Mentorship memungkinkan karyawan untuk berinteraksi, belajar dari satu sama lain, dan tumbuh dari pengalaman.

Pelajari budaya tempat kerja

Satu di antara keuntungan mentoring adalah di pekerjaan baru adalah mereka dapat membantu beradaptasi dengan budaya kantor lebih cepat.

Karyawan yang terlibat dalam program bimbingan lebih sadar akan rutinitas, kebijakan, dan harapan di tempat kerja daripada mereka yang tidak berpartisipasi. Ini penting untuk membangun tempat kerja yang inklusif.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 28/10/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer