Sukses


Macam-Macam Teknik Dasar Bulu Tangkis yang Harus Diketahui dan Dikuasai

Bola.com, Jakarta - Bulu tangkis atau badminton merupakan satu di antara jenis olahraga yang menyenangkan. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa pun baik muda maupun tua, pria maupun wanita.

Selain menyenangkan, bulu tangkis dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Tidak heran bulu tangkis menjadi satu di antara olahraga populer.

Kepopuleran olahraga ini kerap kali dibuktikan dengan keberadaan bulu tangkis dalam event internasional, seperti di SEA Games, Asian Games, dan tingkat Olimpiade.

Bulu tangkis dimainkan dengan raket dan kok (shuttlecock). Olahraga ini bisa dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasangan yang berlawanan (ganda).

Untuk bisa bermain bulu tangkis dengan baik, tentunya ada teknik dasar yang harus diketahui dan dikuasai.

Berikut ini macam-macam teknik dasar bulu tangkis, dikutip dari laman Bahassemua dan Gurupenjaskes, Selasa (5/7/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Teknik Dasar Bulu Tangkis

1. Teknik Memegang Raket

Teknik bulu tangkis yang pertama adalah cara memegang raket. Raket merupakan satu di antara komponen penting dalam permainan bulu tangkis yang berfungsi untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas.

Maka itu, penting untuk menguasai teknik memegang raket yang benar. Ada dua teknik dalam memegang raket, yaitu teknik forenhand dan backhand.

2. Teknik Pukulan

Teknik dasar bulu tangkis yang kedua yaitu teknik pukulan. Pada umumnya, atlet bulu tangkis menggunakan teknik forehand ketika melakukan pukulan. Berikut teknik ketika melakukan pukulan:

  • Pegang raket dengan teknik forehand.
  • Posisi kaki kiri dan kanan menyilang (kaki kiri berada di depan dan kaki kanan berada di belakang).
  • Miringkan badan sedikit ke arah kanan.
  • Pukul kok dengan menggerakan/mencondongkan bahu ke depan.
  • Jika ingin melakukan pukulan clear, pukul kok sekeras mungkin.

3. Teknik Gerakan Kaki

Teknik dasar bulu tangkis yang selanjutnya yaitu gerakan kaki atau footwork. Dalam permainan bulu tangkis ada satu keahlian dasar yang harus dimiliki yaitu kelincahan.

Seorang pemain bulu tangkis harus lincah dalam bergerak, tidak hanya tangan saja yang lincah dalam melakukan pukulan, tetapi gerakan kaki juga harus lincah dalam bergerak.

Hal ini karena untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas dan mematikan, harus ada harmonisasi antara tangan, kaki, dan anggota tubuh yang lain. Kerja sama antara anggota tubuh sangat diperlukan untuk melakukan serangan maupun bertahan dari serangan lawan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Teknik Dasar Bulu Tangkis

4. Posisi Badan

Selanjutnya, sikap atau posisi badan. Hal ini berkaitan berkaitan dengan keseimbangan tubuh. Selain ketangkasan dan kelincahan, keseimbangan tubuh dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis.

Menjaga keseimbangan dengan posisi badan yang benar ketika melakukan serangan atau bertahan akan membuat performa menjadi lebih maksimal. Oleh karena itu, penting untuk berlatih menjaga keseimbangan tubuh. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh:

  • Posisi badan bertumpu pada kedua kaki, baik ketika melakukan serangan atau ketika bertahan.
  • Tekuk kedua lutut, lalu berdiri dengan ujung kaki sampai pinggang berada posisi tegak.
  • Buka kaki selebar bahu dengan posisi sejajar atau satu di antara kaki berada di depan.
  • Tangan yang tidak memegang raket berada di samping badan agar tangan yang memegang raket bisa bergerak bebas.

5. Posisi Badan Ketika Melakukan Pukulan

Posisi badan ketika melakukan pukulan juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan pukulan yang berkualitas dan maksimal. Berikut posisi badan yang benar ketika melakukan pukulan:

  • Posisi badan sedikit menyamping ke arah net.
  • Kaki kiri berada di depan kaki kanan.
  • Posisi badan berada di belakang shuttlecock
  • Bahu kanan sedikit ditarik ke arah belakang.
  • Harus ada pergantian posisi bahu kanan dan kaki kanan ketika sedang melakukan pukulan.

6. Teknik Servis

Teknik dasar bulu tangkis yang selanjutnya, yaitu teknik servis. Servis dilakukan dengan cara mengarahkan shuttlecock ke kiri, kanan, depan atau belakang pemain lawan. Ada tiga cara dalam melakukan teknik servis yaitu forehand pendek, forehand tinggi, dan backhand service.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Teknik Dasar Bulu Tangkis

7. Teknik Mengembalikan Servis

Teknik dasar bulu tangkis yang selanjutnya yaitu teknik mengembalikan servis. Ada dua cara mengembalikan servis, yaitu dengan teknik dropshot dan netting.

8. Teknik Overhead

Teknik overhead dilakukan ketika posisi jatuhnya kok berada di belakang tubuh kita berdiri. Teknik ini dilakukan dengan cara memukul kok seperti halnya melempar sesuatu. Gunakan teknik forehand untuk memegang raket.

9. Teknik Smes

Dalam permainan bulu tangkis juga terdapat teknik smes. Cara melakukan teknik smes yang benar yaitu dengan melakukan lompatan tinggi dibarengi dengan memukul kok dengan kuat ke arah daerah lawan.

Jika teknik smes ini dilakukan dengan benar maka akan menghasilkan gerakan kok yang tajam dan mematikan.

 

Sumber: Bahassemua, Gurupenjaskes

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer