Sukses


FIBA Asia Cup 2022: Indonesia Janji Berjuang Keras Lawan Australi, Bermodal Kekompakan dan Semangat Juang

Bola.com, Jakarta - Timnas basket putra Indonesia berjanji berjuang habis-habisan pada pertandingan terakhir Grup A FIBA Asia Cup 2022. Indonesia akan menghadapi Australia di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (16/7/2022) petang.

Para pemain timnas berlatih di GBK Arena pada Jumat (15/7/2022) petang. Pelatih Milos Pejic tak memberikan menu latihan berat. Dalam persiapan itu, porsi latihan pemain cadangan juga sedikit lebih besar dari pemain utama.

Asisten pelatih timnas basket Indonesia Johannis Winar mengatakan kondisi timnas basket bagus. "Tidak ada pemain cedera. Mereka siap untuk main," kata Ahang, sapaannya.

Australia diunggulkan dari berbagai sisi pada laga FIBA Asia Cup 2022 kali ini. Boomers merupakan tim ranking tiga dunia, sementara Indonesia berada di posisi 95. Namun ini, fakta ini tak membuat timnas basket Indonesia kalah sebelum bertanding.

 

2 dari 5 halaman

Andalkan Semangat Bertanding dan Kekompakan

Menurut Ahang, siapa pun yang menjadi lawan, yang terpenting adalah mengontrol diri sendiri."Saya optimistis dengan tim kita. Fighting spirit anak-anak luar biasa sekali," ujarnya.

Ia mengatakan Indonesia harus bermain dengan level yang lebih serta mengikuti sistem yang sudah ditetapkan. Selain itu, fighting spirit dinilainya akan menjadi modal lain menghadapi Australia.

"Kalau kita bermain dalam suatu sistem, percaya satu sama lain dengan fighting spirit, tetap ada kans kita menang," kata dia, melalui rilis dari Perbasi, Jumat (15/7/2022). 

 

3 dari 5 halaman

Harus Terima Kenyataan Pahit

Ahang mengatakan kekalahan melawan Yordania sebelumnya akibat permainan yang turun di kuarter ketiga. Namun, di matanya, Indonesia bisa kembali mengejar di kuarter empat.

"Sayangnya memang dalam bebrapa di situasi terakhir tembakan tidak masuk, padahal sudah open shot. Para pemain sudah berusaha yang terbaik tapi harus menerima kenyataan itu," beber Ahang.

 

4 dari 5 halaman

Hitung-hitungan Peluang

Laga Indonesia kontra Australia digelar setelah duel Yordania kontra Arab Saudi yang juga tergabung di Grup A.

Bila Yordania menang dan Indonesia membuat kejutan mengalahkan Australia, akan ada hitung-hitungan antara ketiga tim ini untuk menentukan siapa yang menjadi juara Grup A untuk lolos langsung ke perempat final.

Jika Arab Saudi menang, Indonesia bisa juara grup bila mengalahkan Australia.

 

5 dari 5 halaman

Hitung-hitungan Kans ke Perempat Final

Jika Indonesia kalah dari Australia, tak menghalangi langkah kita ke playoff perempat final. Hanya, penentuan posisi ke playoff perempat final sebagai runner up atau peringkat tiga Grup A bergantung hasil pertandingan Arab Saudi kontra Yordania.

Tim peringkat dua Grup A akan bertemu peringkat tiga Grup B di playoff perempat final. Begitu pun sebaliknya, tim peringkat tiga Grup A akan berhadapan dengan runner up Grup B. 

Video Populer

Foto Populer