Sukses


Hasil FIBA Asia Cup 2022: Timnas Basket Indonesia Takluk dari China, Impian ke Piala Dunia Kandas

Bola.com, Jakarta - Timnas Basket Indonesia harus mengakhiri perjalanannya di FIBA Asia Cup 2022 setelah kalah 58-108 dari China di babak play-off perempat final yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Senin (18/7/2022).

Kekalahan itu juga memupus impian Timnas Indonesia tampil di Piala Dunia 2023. Indonesia butuh lolos ke delapan besar Piala Asia 2022 untuk bisa berlaga di Piala Dunia tahun depan. 

Pertandingan play-off perempat final FIBA Asia Cup 2022 ini diawali dengan permainan yang ketat di antara kedua tim, di mana China membuka poin lewat three point Rui Zhao yang kemudian langsung dibalas oleh Marques Terrel Bolden yang menciptakan three point untuk Indonesia.

Namun, China mampu memperlihatkan permainan yang sangat baik untuk bisa unggul 17-9 atas Indonesia saat separuh kuarter pertama berjalan.

Rui Zhao menjadi andalan China untuk mendapatkan poin demi poin, di mana three point-nya kembali membuat China menjauh menjadi 20-9 sebelum Indonesia meminta timeout.

Abraham Damar Grahita membawa Indonesia mendapatkan dua poin tambahan yang menjadi poin terakhir Indonesia di kuarter pertama. Sementara China terus memperbesar keunggulan dan menutup kuarter pertama pertandingan play-off perempat final FIBA Asia Cup 2022 itu dengan keunggulan 29-11.

2 dari 4 halaman

Dominasi China Berlanjut di Kuarter Kedua

Pada kuarter kedua pertandingan FIBA Asia Cup 2022 ini, China masih terus mendominasi. Mereka mendapatkan tiga kali lipat poin Indonesia sepanjang kuarter kedua, yaitu 30 berbanding 10 poin.

Free Throw Xiaochuan Zhai, dua kali three point Mingxuan Hu, layup Qi Zhou membawa China unggul 38-11. Namun, Abraham Damar Grahita dan free throw dari Arki Dikania Wisnu menambahkan poin bagi Indonesia dan kedudukan menjadi 38-15.

Sementara Indonesia hanya menambah tujuh poin lagi lewat free throw Derrick Michael Xzavierro dan Marques Terrel Bolden, serta three point Marques Terrel Bolden, China berhasil menambah 21 poin yang menutup kuarter kedua dengan kedudukan 59-21.

 

 
3 dari 4 halaman

Indonesia Telat Panas

Dalam pertandingan play-off perempat final FIBA Asia Cup 2022 ini, Indonesia baru panas pada kuarter ketiga. Marques Terrel Bolden sukses meraih poin yang lebih banyak sepanjang seperempat ketiga pertandingan ini dengan mengemas 23 poin, unggul 5 poin dari raihan China di kuarter ketiga.

Dua poin dari free throw Brandon van Dorn Jawato, three point dari Marques Terrel, yang juga dilanjutkan dengan three point dari Brandon membawa Indonesia tertinggal 29-70 dari China yang terus menjauh.

Andakara Prastawa Dhyaksa menambah dua poin dari free throw, plus dua poin dari slam dunk Marques Terrel, Indonesia berhasil meraih 33 poin berbanding 70 poin yang dimiliki China.

Prastawa berhasil menambah dua poin lagi lewat layup, yang berlanjut dengan empat poin dari dunk dan layup yang dilakukan Marques Terrel, membuat Indonesia memiliki 40 poin. Sayang, meski mendapatkan lebih banyak poin di kuarter ketiga, Indonesia tetap tertinggal 44-77 di akhir kuarter ketiga.

 

4 dari 4 halaman

China Kembali Dominan di Kuarter Terakhir

Pada kuarter terakhir pertandingan play-off perempat final FIBA Asia Cup 2022 ini, China menggila dan mencatatkan jumlah poin terbanyak di antara kuarter lainnya. China mendapatkan tambahan 31 poin, sementara Arki Wisnu cs. hanya mendapatkan 14 poin.

China mampu menambah 17 poin pada setengah kuarter tanpa memberikan satu poin pun kepada Indonesia dan unggul 94-44. Torehan poin China terus bertambah meski Indonesia mulai mendapatkan poin demi poin.

Pada akhirnya, China berhasil memenangi pertandingan dengan skor akhir 108-58 atas Indonesia dan berhak melangkah ke perempat final untuk menghadapi Lebanon.

Video Populer

Foto Populer