Sukses


6 Cara Mudah Menidurkan Bayi yang Bisa Diterapkan, Orang Tua Wajib Paham

Bola.com, Jakarta - Bagi para orang tua penting mengetahui cara membuat bayi tetap tidur nyenyak. Hal tersebut sering dianggap sebagai sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan bagi para orang tua.

Terlebih, jika bayi kerap terbangun pada tengah malam. Kondisi tersebut sering membuat para orang tua kewalahan, lelah, hingga stres.

Satu di antara alasan paling sering yang membuat  bayi sulit tidur adalah karena si kecil lapar. Selain itu, sulitnya bayi tertidur, khusunya yang masih di bawah usia tiga bulan, karena belum memiliki pola tidur yang tetap.

Bayi pada usia tersebut tentu belum bisa membedakan antara siang dan malam sehingga si kecil cenderung tidak mengikuti siklus tidur normal.

Membuat bayi tidur dengan pulas pada malam hari menjadi keinginan setiap orang tua. Maka itu, para orang tua perlu mengetahui cara menidurkan bayi.

Lantas, bagaimana cara menidurkan bayi yang bisa diterapkan para orang tua?

Berikut ini cara mudah menidurkan bayi yang bisa praktikkan para orang tua, disadur dari Merdeka, Jumat (22/7/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mudah Menidurkan Bayi

1. Membuat Jadwal Tidur Teratur

Cara menidurkan bayi yang pertama adalah dengan membuat jadwal tidur untuk bayi Anda. Usahakan bisa konsisten dan taat terhadap jadwal yang dibuat.

Hal ini secara tidak langsung akan membuat bayi rutin tidur pada jam-jam tertentu, sesuai jadwal yang telah dibuat.

Cara pertama ini dapat dilakukan dengan tambahan memutar musik klasik sebelum si kecil tertidur. Melatonin, hormon penyebab kantuk pada si kecil mulai terjadi peningkatan sejak usia delapan minggu.

Dengan begitu, ia akan mulai terbiasa untuk tertidur pada jam-jam setelah matahari terbenam.

2. Membuat Jadwal Mandi Teratur

Cara menidurkan bayi yang berikutnya adalah dengan membuat jadwal mandi yang juga sama teraturnya dengan waktu istirahat. Jika jadwal mandi teratur, jam tidur si kecil pun akan teratur secara otomatis.

Sebab, tubuh si kecil yang bersih setelah mandi pun juga dapat membuatnya nyaman. Dengan begitu, si kecil akan mudah merasa tenang dan tertidur dengan cepat.

3 dari 4 halaman

Cara Mudah Menidurkan Bayi

3. Hindari untuk Memberi Makan sebelum Tidur

Memberinya makan hingga kenyang memang perlu untuk dilakukan. Namun, hal ini perlu dilakukan pada jam-jam tertentu sebelum tidur.

Usahakan untuk memberinya makan maksimal satu jam sebelum tertidur. Namun, tentu saja hal ini perlu dilakukan secara bertahap agar si kecil dapat menyesuaikan cara-cara yang Anda terapkan untuk membuatnya mudah tertidur pulas.

Sebab, bayi sering kali tertidur saat diberi ASI. Hal ini akan memicu refleks bayi untuk terbangun dan memerlukan ASI untuk membuatnya tertidur kembali.

4. Mengatur Penerangan Kamar

Cara menidurkan bayi yang keempat adalah dengan mengatur pencahayaan ruang tidurnya. Hal ini secara tidak langsung akan membantu jam internal pada otak bayi.

Bayi akan memiliki refleks untuk selalu terjaga jika penerangan di dalam ruangnya cukup terang. Namun sebaliknya, bayi justru akan mudah tertidur jika menggunakan penerangan yang redup.

Jika perlu, matikan penerangan ruang tidur agar membuatnya nyaman sepanjang malam. Namun, hal ini tentu saja perlu dilakukan dengan hati-hati. Anda juga bisa menambahkan alat penyadap suara ruangan jika bayi tertidur di ruang terpisah dengan Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Mudah Menidurkan Bayi

5. Menjaga Kebersihan Kamar

Cara menidurkan bayi yang selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan ruangan. Ruang yang bersih akan secara otomatis terbebas dari berbagai gangguan seperti debu yang berterbangan hingga serangga.

Berbagai gangguan tersebut terkadang bisa menjadi penyebab si kecil sulit untuk tertidur pulas sepanjang malam. Maka itu, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kamar untuk membuatnya nyaman dan cepat terlelap.

6. Memberi Sentuhan Lembut

Cara menidurkan bayi yang tak kalah penting yakni dengan memberikannya sentuhan-sentuhan lembut. Bahkan, sentuhan ini dapat juga dilakukan sedikit lebih tinggi dengan memijatnya.

Lakukan pemijatan halus pada bagian dahi hingga kepala bayi. Stimulus pijatan yang lembut akan membuat otaknya tenang dan rileks sehingga mudah baginya untuk segera tertidur.

Untuk membuat bayi lebih nyaman lagi, gunakan tambahan minyak esensial saat memijat. Aroma dari minyak esensial tersebut akan merangsang otaknya untuk lebih rileks dan segera terlelap dengan nyaman.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 11/11/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer