Sukses


3 Contoh Naskah Pidato Hari Pramuka yang Menarik dan Mudah Dihafalkan

Bola.com, Jakarta Setiap tahunnya bangsa Indonesia memperingati Hari Pramuka. Momen ini diperingati setiap 14 Agustus.

Pramuka merupakan singkatan Praja Muda Karana yang berarti rakyat muda yang suka berkarya.

Pada peringatan Hari Pramuka biasanya diisi dengan berbagai kegiatan. Satu di antaranya ada sesi penyampaian pidato saat upacara peringatan.

Jika kamu ditunjuk untuk menyampaikan pidato pada peringatan Hari Pramuka, kamu tidak perlu khawatir.

Ada beberapa contoh naskah pidato Hari Pramuka yang bisa kamu jadikan referensi untuk disampaikan.

Berikut ini beberapa contoh naskah pidato Hari Pramuka, yang menarik dan mudah dihafalkan, dikutip dari laman Sederet dan Pidato-pidato2, Kamis (11/8/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Naskah Pidato Hari Pramuka 1

Selamat pagi,

Yang kami hormati,

Bapak/Ibu Pembina Pramuka

Tamu undangan

Serta rekan-rekan yang saya sayangi

Salam Pramuka!

 

Sebelumnya saya ingin mengucap syukur atas berkah dan rahmat dari Tuhan, sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan kali ini. Di hari yang cerah ini kita berkesempatan hadir dan berkumpul untuk memperingati hari yang bersejarah, yakni Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya, sehingga dapat berdiri di sini untuk menyampaikan pidato terkait Hari Pramuka. 

Pramuka memiliki makna yang sangat dalam. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti generasi muda yang berkarya. Pendiri dan penggagas Pramuka memiliki misi yang sangat besar, yakni untuk mengembangkan para pemuda dan pemudi di Indonesia agar bergerak seiring dengan perkembangan zaman. Pemuda dan pemudi adalah penggerak serta penerus bangsa dan Negara. Bagaimana pada masa dahulu Pramuka telah berjuang bersama dengan pahlawan kita untuk meraih kemerdekaan. Demikianlah visi yang selalu diemban oleh anggota Pramuka dan harus selalu tertanam di hati kita.

Pramuka telah memberikan berbagai macam pelatihan yang pada dasarnya tidak hanya melatih fisik, tapi juga melatih pikiran dan hati kita. Seorang generasi muda yang kuat dan berhasil adalah generasi muda yang mampu memberikan manfaat, mampu menjadi penggerak, serta membawa kemajuan bagi sekitarnya. Misi Pramuka bukan hanya diukur dari sukses atau tidaknya sesuatu tapi manfaat apa yang telah kita berikan kepada orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, seorang anggota Pramuka harus mampu mengendalikan dirinya. Menjadi pemimpin dan memberikan semangat agar masyarakat di sekitarnya dapat bergerak maju. Untuk itu, anggota Pramuka harus memahami peran penting yang diembannya di masyarakat. Mari kita menjadi agen perubahan dan selalu membawa semangat yang diserahkan oleh pendahulu kita. Melalui hari yang bersejarah ini, mari kita tegakkan kembali bahwa Pramuka adalan pembawa pergerakan dan menginspirasi generasi yang lebih muda!

 

Salam Pramuka!

Terima kasih.

3 dari 4 halaman

Contoh Naskah Pidato Hari Pramuka 2

Assalammualaikum wr.wb

Salam Pramuka

Selamat sore adik-adik!

 

Sebelumnya, marilah kita selalu mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya. Karena rahmat-Nya, sore hari ini kita masih dipertemukan.

Mari kita maknai lebih dalam, bahwa Pramuka harus berada di depan dalam setiap kehidupan sebagai pelopor dan teladan. Jangan malah melarikan diri dan sembunyi apabila ada masalah datang menghadang.

Kita mengetahui, saat ini generasi muda lebih cenderung lari dari masalah dan hidup menghindari tantangan, akibatnya ketika kehidupan tidak lagi bersahabat dengan mereka, maka para manusia ini akan sangat mudah jatuh, stres, galau dan sebagainya.

Kehidupan bukanlah matematika yang dengan pasti diketahui hasilnya secara nyata. Kehidupan yang dijalani memiliki banyak misteri dan pusaran-pusaran masalah yang bisa menenggelamkan diri kita. Oleh sebab itu, kita harus berani untuk menjalani hidup dengan penuh tantangan. Satu di antara caranya dengan melatih diri untuk senantiasa berada di garis depan dan merasakan sendiri bagaimana berkontak dengan masalah.

Menempatkan diri menjadi pandu atau Pramuka bagi kehidupan tentu bukan sekadar menjalaninya, tapi mesti siap lahir batin untuk menerima risiko dan memperjuangkan risiko tersebut. Selain itu, juga harus memberikan teladan yang baik. Sukses atau tidak kita di depan itu tidak penting, yang lebih utama adalah apakah kita telah berjuang dengan penuh daya upaya dan teladan atau belum.

Memang tidak semua bidang bisa dikerjakan Pramuka, tapi setiap Pramuka pasti bisa menjadi terdepan di bidang karyanya. Seorang pembina Pramuka penggalang di SMP pelosok tentu tidak bisa menjadi pilot yang tangguh, tapi seorang Pramuka yang menjadi pilot pasti bisa berjuang untuk menjadi yang terdepan di profesinnya tersebut. Sebaliknya, seorang Pramuka yang jadi pilot tentu tidak bisa selalu ada untuk adik didiknya dan memberi pembinaan secara penuh, tapi seorang Pramuka yang jadi pembina penggalang bisa mengerjakan tugas ini dengan maksimal dan penuh prestasi.

Jadilah Pramuka yang berada di depan dalam profesimu, karena dengan itu secara langsung telah mengangkat derajat kebanggaan generasi muda untuk menjadi Pramuka.

Semoga pidato ini ada manfaatnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

 

Wabiillahi taufik walhidayah wassalamualaikum Wr. Wb.

4 dari 4 halaman

Contoh Naskah Pidato Hari Pramuka 3

Assalammualaikum wr. wb.

Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua

Salam Pramuka 3x

Yang terhormat bapak dan Ibu Sewan Pembina Pramuka se-Kabupaten Bekasi,

Para tamu undangan,

dan kepada adik-adikku sekalian yang saya banggakan.

 

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt. yang mana pada hari ini kita semua masih diberi kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di lapangan yang luas ini.

Marilah kita panjatkan puja dan puji atas segala anugrah yang telah diberikan kepada kita. Dan selawat pada junjungan kita Nabi agung muhammad saw.

Wahai adik-adik Pramuka generasi tunas bangsa. Sebagai pemuda Pramuka, kita berdiri tegak di sini marilah kita merenung sejenak untuk pelajari kembali bersama-sama tentang fungsi Pramuka.

Sebagaimana sudah kita sadari bersama, Pramuka merupakan kegiatan menarik bagi kita sebagai anak atau pemuda. Kegiatan menarik yang dimasksud ialah kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Oleh karena itu, Pramuka mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja.

Maka itu, lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik. Tentu bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

Kita mengetahui bahwa fungsi Pramuka yang utama untuk generasi muda adalah sebagai alat bagi masyarakat dan organisasi. Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya.

Jadi, kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan Pramuka itu sekadar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya. Selayaknya kita berusaha untuk meningkatkan setiap gerakan kepramukaan sebagai mana fungsinya.

Tepuk Pramuka ...

Tahukah wahai pemuda Pramuka, apa tujuan dari Pramuka?

Sebenarnya tujuan Pramuka adalah sangat mulia, karena gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar:

  • Anggota Pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
  • Anggota Pramuka menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  • Anggota Pramuka menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  • Anggota Pramuka menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Tujuan tersebut merupakan cita-cita gerakan Pramuka. Oleh karena itu, semua kegiatan yang dilakukan dalam gerakan Pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

Sebelum kita akhiri, Pramuka adalah sebuah pendidikan yang mengajarkan kita semua untuk bagaimana bisa bermasyarakat dengan baik dan sesuai dengan semua norma.

Marilah kita jadikan peringatan hari Pramuka ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri kita untuk hidup yang lebih baik, karena semua mimpi bisa menjadi kenyataan jika kita bisa bersungguh sungguh.

 

Salam Pramuka!

Wassalamu alaikum wr. wb

 

Sumber: Sederet, Pidato-pidato2

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer