Sukses


Manfaat Mengikuti Upacara Bendera yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Upacara bendera adalah satu di antara kegiatan yang dilakukan di sekolah. Biasanya upacara bendera tersebut dilaksanakan secara rutin setiap hari Senin.

Selain itu, upacara bendera juga dilaksanakan setiap Senin dan hari-hari besar nasional, seperti peringatan Hari Kemerdekaan RI, Hari Kebangkitan Nasional, Hari Pahlawan, dan sebagainya.

Satu di antara tujuan upacara bendera ialah menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa. Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat selama negara ini masih berdiri.

Upacara yang dilaksanakan ini tentu saja merupakan kegiatan yang bermanfaat. Yap, mengikuti upacara bendera dapat memberi manfaat yang baik dalam membentuk karakter seseorang.

Kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan para siswa dan rasa tanggung jawab bersama. Selain itu, masih banyak manfaat upacara bendera yang bisa didapatkan.

Penting tentunya mengetahui manfaat mengikuti upacara bendera. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini beberapa manfaat mengikuti upacara bendera yang jarang diketahui, disadur dari Merdeka, Selasa (16/8/2022). 

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengikuti Upacara Bendera

Meningkatkan Kekompakan

Manfaat upacara bendera yang pertama yaitu bisa meningkatkan kekompakan dan kebersamaan. Saat mengikuti kegiatan ini, peserta upacara harus kompak dalam mengikuti aturan dan aba-aba dari petugas upacara.

Dengan begitu, hal ini bisa menunjukkan rasa kebersamaan selama mengikuti susunan upacara dari awal sampai akhir.

Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Melalui kegiatan upacara bendera juga bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme. Hal ini karena upacara bukan hanya ritual semata.

Dalam pelaksanaannya upacara menjadi satu di antara cara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Oleh karena itu, kegiatan ini juga bisa memupuk rasa nasionalisme anak bangsa.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengikuti Upacara Bendera

Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Manfaat upacara bendera berikutnya yaitu menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Dalam pelaksanaannya, para siswa diminta untuk menjadi petugas upacara secara bergilir.

Hal ini menuntut siswa-siswi untuk bisa memimpin jalannya upacara dengan baik dan benar.

Membiasakan Berpakaian Rapi

Saat pelaksanaan upacara berlangsung, biasanya para siswa diminta untuk selalu memakai pakaian rapi. Selain itu, beberapa atribut seperti topi, dasi, dan sepatu berwarna hitam juga harus dipakai. Hal ini bisa mendidik siswa-siswi agar selalu membiasakan berpakaian bersih dan rapi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengikuti Upacara Bendera

Membiasakan Disiplin

Manfaat upacara bendera lainnya yaitu dapat membiasakan para siswa untuk berperilaku disiplin. Pasalnya, sering kali peserta upacara wajib mengikuti susunan upacara dengan tertib.

Bahkan, beberapa sekolah menempatkan siswa-siswinya di posisi yang khusus jika terlambat mengikuti upacara.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Jevi Nugraha. Publihsed: 11/8/2020)

Baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer