Sukses


Buah Sinergi Liputan6.com dan Liputan6 SCTV: IFCN Berikan Spread the Facts Grant Program

Bola.com, Jakarta - Situs berita Liputan6.com menjadi satu dari 11 penerima Spread the Facts Grant Program yang digelar oleh International Fact-Checking Network (IFCN). Total ada 11 penerima dari delapan negara di dunia.

Liputan6.com menawarkan program bernama Fact-6ers Synergy, yang merupakan hasil kolaborasi antara Liputan6.com, pegiat cek fakta atau WhatsApp Hoax Buster, dan tim redaksi Liputan6 SCTV untuk memerangi hoaks dengan menyebarkan fakta dan memberikan literasi digital untuk komunitas yang lebih luas di seluruh Indonesia.

Tujuan dari program ini adalah upaya melindungi masyarakat agar tidak menjadi korban misinformasi dan ujaran kebencian, khususnya jelang Pemilu 2024.

"Liputan6.com, satu di antara anggota IFCN, adalah platform jurnalistik yang kuat dalam melawan misinformasi dengan berbagai cara," bunyi keterangan dari IFCN, Kamis (15/9/2022).

Sebagai informasi, ini merupakan kali ketiga Liputan6.com mendapatkan hal yang sama dari IFCN. Pada 2020, Liputan6.com meraih Coronavirus Fact-Checking Grant dari IFCN dan Facebook.

Sementara pada 2021, Liputan6.com menjadi peraih Vaccine Grant Program yang digelar oleh IFCN dan WhatsApp.

2 dari 4 halaman

11 Pemenang dari 8 Negara

Program ini diberikan IFCN kepada organisasi Cek Fakta yang terverifikasi untuk membantu mengidentifikasi, menandai, dan mengurangi penyebaran misinformasi yang mengancam lebih dari 100 miliar pesan yang beredar di WhatsApp setiap harinya.

Hibah ini akan mendukung 11 proyek dari delapan negara, yaitu India, Spanyol, Nigeria, Georgia, Italia, Bolivia, Yordania, dan Indonesia yang diwakili Liputan6.com.

"Lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia mengandalkan WhatsApp untuk terhubung dengan teman dan keluarga, tetap mengikuti perkembangan acara dunia, dan berbagi informasi," ujar manajer program IFCN, Ferdi Ozsoy.

"Dengan dukungan dari WhatsApp, program hibah Spread the Facts akan memberikan sumber daya kepada sejumlah organisasi pemeriksa fakta yang menandatangani kode prinsip IFCN untuk mengurangi bahaya misinformasi yang viral dan meningkatkan kualitas informasi yang diterima publik," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Pemilihan

 

Ke-11 penerima hibah dipilih oleh enam orang anggota komite yang terdiri dari ahli dan pendidik di bidang jurnalistik, komunikasi massa, dan studi media dari seluruh dunia.

"Kami sangat antusias untuk memperdalam kemitraan kami dengan IFCN dan terus berinvestasi dalam pertumbuhan ekosistem cek fakta untuk mempercepat dampak positif di seluruh dunia," ujar Orlando Watson dari WhatsApp Partnerships.

"Kami berterima kasih kepada semua organisasi yang berpartisipasi, yang membagikan tentang cara meningkatkan ekosistem informasi di WhatsApp. Para penerima hibah berhasil memukau komite karena pendekatan inovatif mereka," ujar Karishma Shah dari Intergrity Partnerships.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

 

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari Liputan6.com membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Liputan6.com juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensinya.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin ditelusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Video Populer

Foto Populer