Sukses


Jelajah Timur Fun Run 2022 Bergulir, 500 Pelari Ikut Ambil Bagian

Bola.com, Jakarta - Sebanyak hampir 500 pelari dari berbagai profesi dan latar belakang ambil bagian dalam ajang Jelajah Timur Fun Run 2022, Minggu (18/9/2022). Mengambil start di Senayan Park, mereka berlari sejauh 19 kilometer untuk ikut mengampanyekan penyediaan air bersih bagi masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Fun Run ini merupakan ajang pembuka Kampanye Jelajah Timur yang diselenggarakan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), yang puncaknya akan diselenggarakan di rute Ruteng-Labuhan Bajo, NTT, pada 28-29 Oktober 2022.

Direktur Resources and Mobilisation Plan Indonesia, Linda Sukandar, mengungkapkan selain diikuti oleh publik, kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai komunitas, mulai dari komunitas lari hingga pencinta lingkungan. Terdapat beberapa figur publik yang turut berlari dan mendukung misi ini, seperti pemain film Yunita Siregar, dan beberapa selebritas lain. 

“Kami mengajak semua lapisan masyarakat untuk hadir di Fun Run ini, yang merupakan bagian dari kampanye Jelajah Timur, sebuah agenda kampanye sosial tahunan untuk membantu penyediaan air bersih di desa-desa yang membutuhkan, terutama di daerah dampingan Plan Indonesia di NTT,” ujar Linda. 

Dalam Fun Run di Senayan itu, penyanyi Teddy Adhitya memimpin peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum para peserta mulai berlari. Para pelari dari komunitas Aksi Muda Jaga Iklim pun berinisiatif melakukan plogging (jogging sambil memungut sampah) sebagai bagian dari aksi menjaga lingkungan.

Fun Run Jakarta ini akan disusul dengan kegiatan serupa di kota-kota lain, seperti Bandung, Bandar Lampung, dan Semarang, sebelum event puncak, yaitu Charity Ultra-Marathon 111 KM Ruteng-Labuan Bajo pada 28-29 Oktober 2022. 

 

2 dari 2 halaman

Diikuti Semua Kalangan

Linda mengatakan ajang lari dipilih sebagai bentuk kegiatan kampanye dalam Jelajah Timur ini karena selain menyehatkan dan menyenangkan, ajang ini juga murah dan dapat diikuti oleh semua kalangan masyarakat. Setiap tahunnya, ada sekitar 50 pelari ultra marathon terpilih, yang akan berlari sambil menggalang dana untuk pembangunan akses air bersih. 

“Dalam tiga tahun terakhir, kegiatan ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp4,7 miliar, dan sudah berhasil membantu sembilan desa di NTT untuk bisa mendapatkan akses air bersih,” kata Linda.

Sementara itu, Adita Irawati, salah satu peserta Fun Run 2022 mengungkapkan, ajang Fun Run Jejalah Timur ini menjadi kesempatan bagi para peserta untuk tidak hanya sehat, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi sesama. 

“Fun run ini jadi ajang untuk silaturahmi pelari sekaligus menyebarkan pesan kebaikan kepada sesama pelari dan masyarakat luas,” ujar Adita.

 

Video Populer

Foto Populer