Sukses


10 Manfaat Plank bagi Tubuh, Olahraga Ringan yang Menguras Keringat

Bola.com, Jakarta - Plank adalah latihan yang dilakukan dengan cara menempatkan kedua sisi telapak tangan atau siku di atas lantai, dengan posisi tubuh terangkat dalam keadaan lurus seperti ingin push-up.

Plank tak memerlukan peralatan khusus. Jadi Anda bisa melakukan plank kapan dan di mana saja.

Meski tampak sederhana, gerakan plank dapat melatih berbagai otot inti tubuh. Tubuh Anda pun akan lebih bugar sekaligus kencang.

Tidak hanya inti yang kuat dan kukuh, manfaat plank dapat menstabilkan, menyeimbangkan, dan memberi tenaga pada tubuh untuk bisa beraktivitas.

Agar lebih paham lagi, berikut manfaat plank bagi tubuh, disadur dari Klikdokter, Senin (3/10/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Plank bagi Tubuh

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Latihan plank bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh yang baik memastikan tulang belakang Anda berada pada posisi yang tepat sehingga tidak mudah mengalami nyeri punggung. 

Dengan melakukan plank, otot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun. Hal ini akan membantu memperbaiki tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas, bahu, leher, dada, serta otot perut. 

Gerakan plank juga dapat melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul.

2. Melatih Keseimbangan

Keseimbangan didapat satu di antaranya melalui kekuatan otot perut. Dengan melakukan gerakan plank, otot-otot inti tubuh termasuk otot perut akan terlatih menjadi kuat.

Alhasil, keseimbangan tubuh Anda akan terjaga, bahkan saat berdiri di atas satu kaki sekalipun. Anda juga dapat terhindar dari cedera saat beraktivitas.

3. Melatih Fleksibilitas

Olahraga plank bermanfaat untuk otot-otot punggung, hamstring, lengkungan kaki, dan jari-jari kaki sehingga menjadi lebih lentur. Kelenturan otot-otot tubuh dapat membuat Anda bergerak bebas tanpa merasa cepat lelah. 

Gerakan seremeh apa pun dapat menguras tenaga apabila otot inti tubuh Anda lemah atau tidak fleksibel. Hal ini nantinya akan memperbesar risiko cedera saat berolahraga maupun beraktivitas.

3 dari 4 halaman

Manfaat Plank bagi Tubuh

4. Baik untuk Metabolisme Tubuh

Plank berfungsi untuk mendukung metabolisme tubuh Anda. Latihan plank dapat membakar kalori lebih banyak dibanding latihan otot perut lainnya seperti sit-up. 

Maka itu, dengan melakukan plank setiap hari, tubuh Anda akan membakar energi lebih cepat dan mempertahankannya seharian penuh. 

Perlu diketahui bahwa makin baik metabolisme maka tubuh Anda akan makin bugar. Sebab, kalori akan terbakar secara maksimal dan tubuh terhindar dari kalori berlebih penyebab obesitas.

5. Menurunkan Risiko Cedera Punggung

Seperti yang telah disebutkan, plank memiliki manfaat untuk otot tubuh, satu di antaranya otot punggung. Otot punggung yang kuat akan menjadi penopang yang kuat untuk seluruh punggung Anda sehingga tidak mudah mengalami cedera ataupun nyeri punggung.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Gerakan plank tidak hanya bermanfaat untuk otot, tetapi juga berguna untuk kesehatan mental.

Jika otot-otot Anda lebih rileks karena plank, dengan demikian tubuh merasa nyaman sehingga mood menjadi lebih baik. Apalagi, tubuh melepaskan hormon endorfin saat Anda berolahraga, termasuk saat melakukan gerakan plank.

4 dari 4 halaman

Manfaat Plank bagi Tubuh

7. Meratakan Perut

Lemak viseral atau yang dikenal dengan lemak perut adalah lemak tubuh yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Mulai penyakit hati, demensia, bahkan kanker payudara. 

Satu di antara fungsi plank adalah dapat membantu Anda mendapatkan perut rata idaman yang kencang. Apalagi jika dibarengi dengan pola makan yang sehat dan seimbang.

8. Membuat Otot Lebih Stabil dan Terkoordinasi dengan Baik

Plank membuat otot Anda mampu bekerja sama dengan baik, terutama ketika melakukan berbagai jenis olahraga. Otot Anda pun jadi lebih stabil dan terkoordinasi dengan baik. Hal ini akan memperkecil kemungkinan cedera.  

Maka itu, Anda bisa melakukan gerakan plank sebelum berolahraga guna menghangatkan otot inti tubuh. 

9. Mudah Dimodifikasi

Plank adalah latihan yang sangat mudah dimodifikasi agar sesuai kebutuhan atau kegiatan Anda. Makin lama Anda melakukannya, manfaatnya pun akan makin maksimal. 

Jadi, janganlah menyerah jika Anda merasa sulit untuk melakukan plank karena ada banyak variasi gerakan plank, bahkan untuk pemula.

10. Melatih Otot Inti Tubuh

Fungsi plank tidak hanya melatih otot perut Anda, tetapi juga lapisan otot terdalam dan otot inti utama tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda jadi lebih bugar dan kencang. 

Agar hasilnya lebih maksimal, Anda dapat menggabungkan latihan plank dengan latihan lainnya yang bagus untuk otot inti, seperti bridge, crunch, bird dog, bicycle crunch, dan lainnya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 19/5/2022)

Yuk, baca artikel olahraga lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer