Sukses


Jaga dan Tingkatkan Stamina, Coba Latihan Ini Sebelum Main Sepak Bola

Bola.com, Jakarta Faktanya bermain sepak bola dan futsal adalah dua jenis permainan yang berbeda. Perbedaan yang paling jelas atau mendasar adalah jenis tempat atau lapangan yang digunakan. 

Futsal dimainkan di lapangan yang lebih kecil dan umumnya dilakukan di dalam ruangan (indoor).  Sementara sepak bola dimainkan di lapangan yang lebih besar dengan jumlah pemain yang juga lebih banyak. 

Nah, terlepas dari perbedaan mendasar tersebut, jika kamu lebih tertarik bermain sepak bola, endurance atau stamina yang dibutuhkan agar tahan lama selama memainkan permainan tersebut tentunya juga berbeda. 

Bayangkan saja apa yang bisa dilakukan pemain sepak bola tanpa stamina, sudah pasti kamu akan sulit untuk berlari sepanjang pertandingan. Maka dari itu, sebelum bermain sepak bola, rutin melakukan sejumlah latihan untuk memperkuat stamina adalah sebuah kewajiban. 

Selain istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga dan menjaga asupan nutrisi dengan pola makan seimbang, empat latihan ini dapat membantumu meningkatkan endurance sebelum bermain sepak bola: 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Latihan Fisik

Untuk menjaga sekaligus meningkatkan stamina, kamu perlu rutin melakukan beberapa aktivitas fisik. Pertama adalah lari progresif yang dilakukan untuk meningkatkan jarak tempuh lari dan kekuatan pergerakan saat bermain bola. 

Kedua latihan interval yang dilakukan bergantian, dari intensitas rendah hingga intensitas tinggi. Latihan ini untuk melatih tubuh agar bertahan ketika melakukan kegiatan dengan intensitas berbeda. 

3 dari 6 halaman

2. Latihan Atur Napas

berenang merupakan olahraga yang mengeksplorasi semua anggota tubuh. Selain itu, berenang juga meningkatkan kapasitas pernafasan. 

Berenang juga akan meningkatkan kekuatan otot serta melatih tubuh mengendalikan pernafasan, sehingga kamu bisa melakukan transisi menuju gerakan santai dan langsung tanggap saat melakukan gerakan eksplosif.

Berlatih renang tak perlu diforsir. Lakukan mulai dari satu atau dua lap dalam sehari. Hal ini akan membantu kekuatan fisik dari hari ke hari.

4 dari 6 halaman

3. Latihan Meningkatkan Kekuatan Otot

Latihan dengan squat jump dilakukan untuk membangun otot paha sehingga gerakan tubuh ketika bermain sepak bola bisa semakin efisien. 

Selain itu gerakan plank juga dapat kamu latih, untuk membentuk otot di bagian perut. Namun tanpa disadari, gerakan plank juga berkontribusi untuk meningkatkan stamina.

Hal ini karena otot di sekitar perut, punggung, dan pinggul penting untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas tubuh. Sehingga latihan plank kana membentuk efisiensi gerakan sehingga tak banyak energi yang terserap ketika bermain sepak bola.

5 dari 6 halaman

4. Pahami Strategi Tim

Memahami strategi tim dilakukan bukan hanya untuk mengetahui posisi, fungsi, dan gaya bermain seseorang. Dengan mengetahui dan memahami strategi tim, tentunya saat bermain bola, kamu tahu pola apa yang akan digunakan, biar nggak terlalu menguras stamina. 

6 dari 6 halaman

Prima dan Tahan Lama

Nah, ngomong-ngomong soal endurance atau stamina, sebelum menuju ke lokasi bermain bola, pastikan kamu menggunakan kendaraan juga sehat, biar tiba di tempat tujuan tepat waktu. 

Untuk menjaga performa yang prima dan tahan lama, jika berkaitan dengan endurance kendaraan seperti mobil, andalkan Shell Helix Extend 0W40. Ini adalah pelumas kendaraan Carbon Neutral untuk memaksimalkan performa mesin mobil. 

Shell Helix Extend 0W40 unggul karena terbukti melindungi mesin dengan prima hingga 20 ribu km. Biar lebih jelas, yuk bahas fitur unggulan Shell Helix Extend 0W40 berikut ini: 

Carbon Neutral: pelumas full sintetis ini terbuat dari 99,5% gas alam atau melalui proses produksi hemat energi. Selain itu, pengemasannya juga menggunakan bahan ramah lingkungan dan kredit karbon berbasis alam

PurePlus Technology: Shell Helix Extend 0W40 memaksimalkan performa mesin di setiap hentakan perjalanan

Active Cleansing Technology: menjaga mesin tetap bersih sehingga mesin dapat bekerja lebih efisien, bahkan pada kondisi jalanan yang berat

Fully Synthetic: Shell Helix Extend 0W40 menjadi pelumas yang lebih tahan lama dengan kekentalan lebih stabil, dibandingkan pelumas mineral

Ultimate Protection: melindungi mesin kendaraan dari keausan, dengan tingkat molekul lebih kuat

Low-Volatility Oil: mengurangi penguapan dan menghemat penggunaan oli, agar mesin tetap prima sehingga kendaraan dapat melaju lebih jauh

Self-Rejuvenation Technology: membentuk ekosistem yang meremajakan oli dan meningkatkan kinerja mobil yang lebih kuat dan tahan lama

Multifuel: pelumas yang cocok untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin maupun diesel

Untuk informasi lebih lanjut klik di sini

 

(*)

 

 

Video Populer

Foto Populer