Sukses


Champion SAC 2022 Papua Qualifiers Hari Pertama Langsung Munculkan Talenta Atletik Potensial

Bola.com, Mimika - Energen Champion SAC 2022 Papua Qualifiers sudah merampungkan hari pertama, Jumat (7/10/2022). Kompetisi atletik antarpelajar ini langsung memunculkan talenta-talenta muda potensial.

Energen Champion SAC 2022 merampungkan kualifikasi perdana di Kota Mataram (Bali-Nusra Qualifiers) pada 30 September hingga 2 Oktober lalu.

Berlangsung di Mimika Sports Complex (MSC) selama tiga hari hingga Minggu (9/10/2022) dengan dihadiri lebih dari 2.500 atlet pelajar. Tercatat 90 sekolah datang dari berbagai kota dan kabupaten di provinsi Papua saling bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Energen Champion SAC 2022 jadi ajang penjaringan bibit-bibit potensial atletik bagi pelajar tingkat SD hingga SMA, hasil kolaborasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia, yang juga didukung oleh PT Mayora Indah Tbk.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Talenta Potensial Pertajam Rekor

Baru memulai hari pertama penyelenggaraan di provinsi paling ujung timur Indonesia ini, Energen Champion SAC di Mimika (Papua Qualifiers) langsung memunculkan talenta muda potensial, yakni dari persaingan nomor tolak peluru putra jenjang SMP.

Meliaton Kum dari SMPS Petra Timika keluar sebagai pemenang. Dengan mencatatkan jarak sejauh 11,25 meter. Disusul oleh Yosep Gwijangge dari SMPN 7 Mimika yang harus puas menempati posisi runner-up dengan 10,83 meter. Sementara tempat ketiga diraih Akim Wantik dari SMPN Sentra Pendidikan dengan 10,47 meter.

Tak hanya sukses menjadi champion Papua Qualifiers, catatan jarak lemparan Meliaton beserta tiga posisi teratas di Papua Qualifiers ini ternyata berhasil mempertajam rekor lemparan terbaik dari Champion Bali-Nusra Qualifiers, yang dicatatkan atas nama M. Fardan (SMPN 13 Mataram) dengan jarak 10,20 meter.

 

3 dari 5 halaman

Optimalkan Fasilitas

Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kabupaten Mimika, Willem Naa, menuturkan bahwa Mimika sudah memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional. Tinggal bagaimana pemangku kebijakan mengoptimalkan potensi atlet yang ada.

"Mimika sudah memiliki fasilitas bertaraf internasional. Sekarang bagaimana memanfaatkan fasilitas ini untuk mengembangkan potensi atlet di Papua," kata Willem Naa.

"Melalui ajang Energen Champion SAC hasil sinergi PB PASI dan DBL Indonesia ini, kami berharap harapan tersebut bisa terwujud."

 

4 dari 5 halaman

Lahirkan Calon Atlet Papua

Energen Champion SAC Papua Qualifiers, lanjut Willen, menjadi event atletik akbar yang berlangsung di MSC setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021.

"Kami berharap, adik-adik pelajar ini akan menjadi calon atlet potensial Papua di kemudian hari," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika, Jacob Toisuta Jacob berterima kasih kepada PB PASI, DBL Indonesia, dan PT Mayora Indah Tbk yang menyelenggarakan Energen Champion SAC Indonesia di Mimika.

"Menjadi tuan rumah untuk event ini adalah kebanggaan untuk Mimika. Sekaligus bentuk kepedulian terhadap Papua. Kami harapkan guru-guru mengambil kesempatan ini agar ke depan mereka sudah memiliki gambaran bahwa sekolah mereka punya atlet potensial. Nanti kita kelola bersama-sama," bilang Jacob.

 

5 dari 5 halaman

Digelar Maraton hingga Final Nasional di Jakarta

Kompetisi ini memperlombakan 12 nomor atletik, termasuk sprint, 100 meter, estafet, hingga lari kanga. Kualifikasi tingkat wilayah Energen Champion SAC Indonesia digelar total di sembilan wilayah penyelenggaraan.

Setelah Mataram (Bali-Nusra) dan Mimika (Papua), secara maraton akan bergulir di Yogyakarta (DI Yogyakarta) pada 21-23 Oktober mendatang. Disusul kemudian di Banjarmasin (Kalimantan), Surabaya (Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara), Jakarta (DKI Jakarta & Banten), Semarang (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat).

Mereka yang terbaik dari seluruh wilayah, khusus tingkat SMA, akan dikompetisikan di babak puncak, National Championship di Jakarta pada Desember mendatang.

Video Populer

Foto Populer