Sukses


Dukung Olahraga Berprestasi di Indonesia, BIN Luncurkan Wadah Pembinaan Atlet

Bola.com, Sentul - Belakangan Badan Intelijen Negara (BIN) aktif memberikan dukungan terhadap atlet nasional untuk berprestasi di berbagai kejuaraan. Kini BIN meluncurkan wadah pembinaan atlet dengan sebutan Persatuan Olahraga BIN (PORBIN).

Lembaga yang digagas oleh Kepala BIN, Budi Gunawan, ini diluncurkan bertepatan dengan rangkaian acara Wisuda Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di Sentul, Kamis (27/10/2022).

Dalam peluncuran PORBIN, hadir pula Menpora Zainudin Amali, Menparekraf Sandiaga Uno, MenpanRB Abdullah Azhar Anas, Ketua KONI Marciano Norman, dan beberapa tokoh nasional lainnya.

"Pada kesempatan yang sangat membanggakan ini, Badan Intelijen Negara juga mulai memberikan perhatian khusus kepada personel BIN, taruna dan taruni yang memiliki talenta di bidang olahraga. Untuk bisa terus meningkatkan prestasi di tingkat nasional, sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi atlet, kami membentuk persatuan olahraga BIN yang memiliki 8 cabang olahraga," ujar Budi Gunawan.

Delapan cabang olahraga prestasi itu antara lain atletik, bola voli, angkat beban, renang, tenis, menembak, tarung derajat dan esport. Kedelapan cabor tersebut dinaungi oleh klub untuk masing-masing olahraga.

2 dari 3 halaman

Melibatkan Pelatih Profesional untuk Pembinaan

Budi Gunawan mengatakan semua cabang olahraga di PORBIN dikembangkan dengan profesional dan melibatkan pelatih yaang memiliki kapasitas mumpuni. Harapannya talenta terbaik di BIN bisa berkembang dan membawa nama bangsa Indonesia.

"Semua pembinaan olahraga yang dikembangkan di dalma BIN telah memiliki atlet dan pelatih profesional. Kami menggalang potensi atlet dan pelatih terbaik di tingkat nasional untuk telribat menciptakan ekosistem pengembangan prestasi sehingga potensi talenta terbaik di lembaga ini bsia dikembangkan, terutama di kalangan taruna dan taruni STIN," ujar Budi Gunawan.

"Alhamdulillah kami melihat peluang besar untuk bisa ikut mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kancah internasional melalui jalur olahraga ini," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Mendukung Pembinaan Olahraga Berprestasi

Peluang untuk mengharumkan Bangsa Indonesia terbuka. Meski terbilang baru, klub olahraga yang ada di lingkungan BIN sudah banyak mendapatkan prestasi membanggakan, seperti Odekta Elvina Naibaho, atlet BIN Running Club yang dua pekan lalu menjuarai Jakarta Marathon untuk kategori half marathon (21 km).

Odekta yang juga merupakan peraih medali emas SEA Games 2021 itu adalah personel BIN yang sudah menjadi langganan juara di berbagai event nasional maupun internasional.

Selain Odekta, juga ada sprinter kebanggaan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri yang memiliki rekor nasional 100 meter dengan catatan waktu 10,03 detik.

Selain itu, ada sejumlah atlet nasional di BIN Volleyball Club. Ada nama Nur Fikri Harysah Muhammad, Ratri Wulandari, serta Alya Annastasya. Belum genap setahun, tim voli BIN Putri telah menyabet medali emas Livoli Divisi 1 2022 di Bali pada awal Oktober lalu.

Sementara di BIN Weightlifting Club, ada lifter andalan Indonesia, Rizki Juniansyah dan Windy Cantika Aisah. Keduanya baru saja mempersembahkan 1 medali emas, 2 medali perak, serta 5 medali perunggu di kejuaraan Asian Weightlifting Manama 2022 di Bahrain.

"Saya berpesan kepada taruna, mahasiswa, dan para atlet untuk selalu memberikan yang terbaik. Ini saatnya kalian memberikan bukti nyata dan pengabdian untuk bangsa dan negara," ujar Budi Gunawan.

 

Video Populer

Foto Populer