Sukses


Siswi SMA Asal Kalsel Pecahkan Rekor di Nomor Lompat Jauh SAC Indonesia 2022

Bola.com, Banjarmasin - Sukses dengan kualifikasi yang digelar di Bali dan Nusa Tenggara, Papua, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kompetisi atletik pelajar Energen Champion Student Athletics Championship (SAC) Indonesia 2022 kini digelar di Kalimantan. Sebuah rekor terpecahkan dari nomor lompat jauh di SAC Indonesia 2022 qualifier Kalimantan.

Ada 2.200 pelajar, mulai dari SD, SMP, hingga SMA dari 117 sekolah se-Kalimantan berpartisipasi di SAC Indonesia 2022 kualifikasi Kalimantan yang berlangsung di Lapangan JPOK Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, 28-30 Oktober 2022.

Pada nomor lompat jauh putri SMA, terjadi pemecahan rekor SAC Indonesia 2022. Winney Maharati Ruung, yang merupakan siswi SMAN 1 Tanjung, Kabupaten Tabalong, memecahkan rekor dengan catatan lompatan sejauh 4,7 meter.

Winney pun naik podium dan berhak mewakili Kalimantan saat National Championship di Jakarta pada Desember mendatang. Lompatan 4,7 meter yang dicatatkan Winney untuk sementara menjadi yang terjauh selama event SAC Indonesia 2022 berlangsung, memecahkan rekor Tina Safira Lanasari dari SMAN Sakra yang dibuat saat kualifikasi Bali dan Nusa Tenggara dengan catatan 4,39 meter.

"Sempat deg-degan saat lomba. Namun, saya mencoba berkonsentrasi dan mencoba untuk melompat sejauh mungkin. Saya tidak menyangka kalau lompatan saya terbaik di antara tiga wilayah qualifiers lainnya," ujar Winney setelah lomba.

Dari nomor lompat jauh putra tingkat SMA SAC Indonesia 2022, podium juara menjadi milik Dwi Prayoga yang datang dari SMAN 1 Sukamara, Kalimantan Tengah. Menempuh perjalanan lebih dari 700 kilometer untuk sampai di Banjarmasin, Dwi Prayoga mencatatkan lompatan terjauh 5,31 meter.

 

 
2 dari 2 halaman

Melahirkan Bibit Atlet dari Kalimantan

Ketua Pengprov PASI Kalimantan Selatan, Sarmidi, hadir membuka gelaran Champion SAC Indonesia 2022 untuk kualifikasi Kalimantan. Sarmidi mengaku bangga melihat putra dan putri Kalimantan berlomba untuk menjadi yang terbaik lewat olahraga.

"Saya berharap para pelajar yang berlomba dapat meneruskan karier dan kelak lahir para andalan di cabang olahraga atletik dari Pulau Kalimantan. Mereka ini putra-putri kebanggaan daerah," ujar Sarmidi.

"Mereka yang sebelumnya tidak pernah berlomba, karena event ini bisa berlomba. Sementara yang pernah berlomba, bisa menjadi lebih baik lagi prestasinya," lanjutnya.

Setelah regional Bali dan Nusa Tenggara, Papua, DI Yogyakarta, dan Kalimantan digelar, masih ada lagi fase kualifikasi yang digelar di sejumlah daerah di Indonesia. Daerah yang masih akan menggelar antara lain Jawa Barat (Bandung), Sumatra Utara (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Jawa Tengah (Semarang), dan Jawa Timur (Surabaya).

Video Populer

Foto Populer