Sukses


SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Jawa Timur Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak

Bola.com, Surabaya - Antusiasme luar biasa diperlihatkan para pelajar dari sekolah-sekolah di Jawa Timur. Tercatat ada 4.076 pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA yang datang dari 373 sekolah di Jawa Timur ambil bagian dalam Energen Champion Student Athletics Championship (SAC) Indonesia 2022 Kualifikasi Jawa Timur. Ini menjadi rekor peserta terbanyak sepanjang SAC Indonesia 2022 berlangsung.

SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Timur berlangsung di Lapangan Atletik THOR, Surabaya pada 4 hingga 6 November 2022. Ribuan peserta yang hadir bukan hanya berasal dari sekolah yang ada di Surabaya saja.

Tak sedikit peserta yang datang dari luar Kota Pahlawan, mulai dari Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pamekasan, Blitar, Malang, Tulungagung, hingga Bojonegoro.

Jumlah peserta tersebut membuat Kualifikasi Jawa Timur dari SAC Indonesia 2022 ini mencatatkan rekor peserta terbanyak. Sebagai catatan, jumlah peserta di empat fase kualifikasi lain yang sudah digelar antara lain 3.898 peserta di Bali dan Nusa Tenggara, 3.123 di Yogyakarta, 2.500 peserta di Papua, dan 2.200 peserta di Kalimantan.

Animo peserta yang begitu tinggi cukup mengejutkan bagi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jawa Timur, Pulung Chausar, serta Ketua KONI Jawa Timur, Muhammad Nabil, yang hadir pada hari pertama. Pulung Chausar mengaku takjub dengan antusiasme peserta yang hadir di Lapangan THOR, Surabaya.

Kadispora Jawa Timur itu pun berharap karena begitu besarnya antusiasme peserta SAC Indonesia 2022 di Jawa Timur, kompetisi atletik pelajar ini bisa menjadi agenda rutin bagi atlet pelajar di Jawa Timur. "Kami behrarap kegiatan ini bisa rutin diselenggarakan setiap tahunnya," ujar Pulung.

 

2 dari 3 halaman

Potensi Besar

 

Sementara itu, Founder dan CEO DBL Indonesia, Azrul Ananda, yang hadir dalam pembukaan SAC Indonesia 2022 menggaungkan kembali semangat berkompetisi di cabang olahraga atletik.

Azrul menegaskan bahwa kompetisi atletik pelajar seperti ini memiliki potensi yang lebih besar dari cabor olahraga lain. Hal tersebut tak lepas dari fakta bahwa atletik merupakan induk dari semua cabang olahraga.

"Atletik ini juga skill dasar kehidupan yang seru sekali. Saya dulu waktu sekolah di Amerika Serikat juga menekuni atletik," ujar Azrul kepada anak-anak sekolah yang hadir di tribune Lapangan THOR.

"Harapan kami, adik-adik ini pernah merasakan kompetisi. Pernah merasakan lari di lintasan internasional. Siapa tahu dari sini kelak akan ada pemecahan rekor dunia," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Langsung Tercipta Rekor pada Hari Pertama

Pada hari pertama Kualifikasi Jawa Timur SAC Indonesia 2022, sudah ada satu rekor yang tercipta, tepatnya dari nomor tolak peluru putri jenjang SMP. Siswi SMPN 24 Gresik, Naza, membuat tolakan terbaik mencapai 9,77 meter.

Naza berhasil mengalahkan tolakan peserta yang menjadi jawara di tahapan kualifikasi lain, mulai dari Bali dan Nusa Tenggara, Papua, Yogyakarta, dan Kalimantan.

SAC Indonesia kualifikasi Jawa Timur akan berlangsung hingga Minggu (6/11/2022), di mana pada hari terakhir pelaksanaan berlangsung final dari perlombaan tingkat SMA yang akan mengantarkan para juara dan runner-up di setiap nomornya terbang ke Jakarta untuk bisa bersaing di National Championship yang digelar pada 9-11 Desember 2022.

Mereka yang menjadi juara dan runner-up di tingkat SMA pada kualifikasi Jawa Timur ini akan bersaing dengan mereka yang terbaik di delapan regional lain, seperti Bali dan Nusa Tenggara, Papua, Yogyakarta, Kalimantan, Jawa Barat, Sumatra Utara, DKI Jakarta-Banten, dan Jawa Tengah.

Video Populer

Foto Populer