Sukses


Empat Rekor Nomor Lari Tercipta pada Hari Terakhir SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Jawa Timur

Bola.com, Surabaya - Sejumlah rekor tercipta pada hari penutupan kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air kualifikasi Jawa Timur, Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022.

Total empat rekor tercipta dan semuanya dari nomor lari untuk persaingan tingkat pelajar SMA/sederajat, di Lapangan Atletik THOR Surabaya, Minggu (6/11/2022).

Dari nomor bergengsi lari 100 meter putri, Dihanis Arsita dari SMAN 4 Malang berhasil mencatatkan waktu tercepat 12,92 detik. Sebelumnya, rekor catatan waktu tercepat nomor 100 meter putri dipegang Ni Kadek Budiarsini dari SMAN 1 Bangli di Bali-Nusa Tenggara Qualifiers pada 2 Oktober lalu.

Ketika itu, catatan waktu Ni Kadek adalah 13,09 detik. Pemecahan rekor di Energen Champion SAC Indonesia 2022 juga terjadi pada nomor 1.000 meter putri.

Rekor tersebut ditorehkan Siti Frisda dari MAN 5 Bojonegoro dengan catatan waktu 3 menit 16,87 detik. Siti berhasil mempertajam rekor pada nomor ini yang sebelumnya dipegang Gusti Kadek Widiyartini dari SMAN 4 Singaraja dengan catatan waktu 3 menit 31,13 detik.

 

2 dari 5 halaman

SMAN 1 Glagah Banyuwangi Ukir Rekor Estafet

Songo, julukan SMAN 9 Surabaya, ternyata tak hanya memiliki potensi prestasi mentereng di cabang olahraga bola basket. Skuad estafetnya juga memiliki potensi.

Mereka berhasil memecahkan rekor estafet 4 x 100 meter putri. Dengan catatan waktu 56,03 detik. Rekor terbaik sebelumnya dipegang SMAN 1 Pundong yang tampil pada Yogyakarta Qualifiers dengan catatan waktu 58,31 detik.

Tak hanya pada persaingan putri yang berhasil mempertajam rekor, pelaksanaan East Java Qualifiers juga menghasilkan pemecahan rekor pada persaingan putra estafet 4x100 meter.

Kontingen dari SMAN 1 Glagah Banyuwangi berhasil mencatatkan rekor dengan catatan waktu 45,91 detik. Rekor lama dipegang SMAN 1 Poto Tano dari Sumbawa Barat yang bersaing pada Bali-Nusra Qualifiers dengan mengantongi waktu 47,99 detik.

 

3 dari 5 halaman

Mewakili Jawa Timur

Para pelajar pemecah rekor yang berstatus juara dari East Java Qualifiers ini, termasuk yang naik podium sebagai runner-up untuk tingkat SMA, berhak mewakili Jawa Timur tampil pada National Championship yang akan digelar di Jakarta, pada 9-11 Desember mendatang.

Nantinya, mereka bakal bersaing dengan pelajar pemenang dari berbagai qualifiers lainnya untuk menjadi juara tingkat nasional. Adapun pemenang tingkat nasional akan diberangkatkan ke Australia untuk mengikuti pemusatan latihan di fasilitas sports science ternama di Negeri Kanguru itu.

Banjir rekor yang terjadi pada Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers ini direspons positif Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Jawa Timur (Jatim) Dra. Vitri Rahmawati, M.Si.

Menurutnya, hal ini membuktikan pelajar di Jatim memiliki potensi luar biasa dan tak kalah dengan provinsi lainnya. Vitri juga memuji atmosfer dan antusias para peserta kompetisi atletik paling akbar di Indonesia yang diadakan Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia.

"Sangat luar biasa. Seru sekali finalnya. Saya juga memberi apresiasi luar biasa kepada para orang tua, guru dan anak-anak semua yang membaur dalam kegiatan ini," terang Vitri pada hari terakhir perlombaan.

 

4 dari 5 halaman

Semakin Besar

Menurut Vitri, Energen Champion SAC Indonesia 2022 bisa membuat perubahan besar. Terlebih lagi para atlet di kalangan pelajar SD, SMP, hingga SMA yang sangat memerlukan berkompetisi, setelah pandemi COVID-19 menyerang.

"Saya berharapnya ini jadi habit dan makin besar skalanya seperti halnya yang sudah dilakukan oleh DBL Indonesia melalui liga basket (DBL). Sudah sangat booming di Jawa Timur dan seluruh Indonesia malahan," terang Vitri.

Bagi Vitri, meski baru menggelar musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 ini sudah menjadi industri olahraga. Kolaborasi antara sponsor, penyelenggara dan pemerintah sangat ciamik.

"Saya berharap sosialisasinya lebih ditingkatkan lagi. Ini kan tahun pertama. Mungkin ke depannya akan lebih banyak sekolah di seluruh Jatim yang ikut berpartisipasi. Apalagi atletik ini secara global belum tersentuh dengan serius," pungkasnya.

 

5 dari 5 halaman

Diikuti Ribuan Pelajar se-Jawa Timur

Energen Champion SAC Indonesia 2022 – East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 4-6 November 2022. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti 4.076 pelajar mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA yang datang dari 373 sekolah se-Jawa Timur.

Kualifikasi wilayah Jawa Timur ini adalah penyelenggaraan kelima dari total sembilan qualifiers pada musim perdana Energen Champion SAC Indonesia 2022.

Setelah dibuka dari Bali-Nusa Tenggara Qualifiers yang digelar di Mataram, Papua Qualifiers (Mimika), Yogyakarta Qualifiers (Yogyakarta), dan Kalimantan Qualifiers (Banjarmasin).

Berikutnya, Energen SAC Indonesia 2022 akan berlanjut ke Medan (North Sumatera Qualifiers) pada 11-13 November mendatang, Jakarta (DKI Jakarta dan Banten Qualifiers) pada 18-20 November, Bandung (West Java Qualifiers) pada 25-27 November, serta ditutup di Semarang (Central Java Qualifiers). Pendaftaran peserta untuk pelaksanaan kualifikasi di kota selanjutnya bisa diakses melalui website resmi www.sacindonesia.com.

Video Populer

Foto Populer