Sukses


Shopee 11.11 Big Sale Sukses Ciptakan Peluang Lebih Luas bagi Pelaku UMKM

Bola.com, Jakarta Shopee terus mendukung seluruh pelaku ekosistem digital. khususnya UMKM melalui berbagai kampanye yang dijalankannya. Terakhir, melalui Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga 11 November kemarin, Shopee mampu mendorong pelaku UMKM agar tangguh, berdaya, dan bertahan bersama ekosistem digital yang inklusif.

Pada kampanye 11.11 Big Sale, Shopee berupaya membawa seluruh pengguna untuk lebih dekat melalui ragam fitur interaktif. Dan apiknya, jumlah penjual UMKM yang berpartisipasi pada puncak kampanye tersebut meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. Antusiasme yang terlihat itu menjadi salah satu momentum yang dapat memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk berkembang.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan bahwa melalui kampanye 11.11 Big Sale, Shopee dapat menghadirkan lebih banyak peluang dan interaksi bagi seluruh ekosistem. Dan baginya, kemajuan teknologi terus menawarkan berbagai cara baru, mulai dari kemudahan dalam memenuhi kebutuhan hingga ruang berkreasi guna memperkuat potensi.

"Kami ingin terus menciptakan manfaat, salah satunya dengan menghadirkan sebuah wadah yang tidak hanya menjadi penghubung tetapi juga menawarkan berbagai aspek pendukung yang dapat dimanfaatkan baik dari sisi pembeli maupun pelaku usaha. Fitur-fitur yang dihadirkan tidak hanya menjadi nilai tambah untuk pengalaman belanja online pengguna, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha menciptakan bisnis berkelanjutan," paparnya.

"Kami berharap dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi seluruh ekosistem Shopee di bulan-bulan mendatang," tegas Monica.

2 dari 4 halaman

Ciptakan Bisnis Berkelanjutan

Dalam menciptakan bisnis yang berkelanjutan, Shopee terus menjaga potensi pelaku bisnis di platform-nya. Shopee menghadirkan ragam fitur interaktif, salah satunya melalui Shopee Live. Fitur tersebut menawarkan solusi untuk semakin memperkuat strategi dalam memperluas jangkauan melalui interaksi lebih dekat antara penjual dan pembeli.

Shopee Live tidak hanya memberikan interaksi secara proaktif dan membangun kepercayaan, sesi live stream yang dihadirkan juga dapat menjadi ruang bagi pengguna untuk semakin mengetahui lebih dalam sebuah produk. Fitur Shopee Live memberikan kemudahan akses, di mana memungkinkan penjual untuk menampilkan produk yang sedang digunakan pada sesi live stream untuk dapat dibeli secara langsung.

Dengan fitur tersebut, daya tarik sebuah produk semakin meningkat dan jangkauan produk jauh lebih luas. Berdasarkan data, lebih dari 22 juta produk dipromosikan melalui keranjang orange pada sesi live stream di Shopee Live oleh penjual selama kampanye 11.11 Big Sale berlangsung.

Dalam rangkaian kampanye Shopee 11.11 Big Sale tahun ini, pengguna juga mengisi waktu luang dengan menikmati berbagai permainan, khususnya pada periode Shopee Games Festival yang berlangsung dari 4 hingga 11 November. Momen ini dimanfaatkan oleh pengguna untuk mendapatkan kesempatan memenangkan ragam hadiah hingga reward koin Shopee.

Hadiah tersebut coba dimenangkan melalui Shopee Games seperti Shopee Tanam, Shopee Tebak Kata, Shopee Lucky Prize dan Shopee Capit. Antusiasme pun terlihat, di mana Shopee Tanam dimainkan lebih dari 62 juta kali sepanjang periode Shopee Games Festival berjalan.

3 dari 4 halaman

Kreasi UMKM Pada 11.11 Big Sale

Digitalisasi membawa berbagai perubahan, di mana semakin banyak mitra brand lokal serta UMKM yang memanfaatkan hal tersebut untuk memperkuat eksistensi dan terus berinovasi dalam menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Antusiasme pengguna dalam menyambut periode belanja akhir tahun pun terlihat dari tren belanja terhadap produk lokal.

  • Dengan banyaknya produk kecantikan lokal, semakin menunjukan potensinya dalam meyakinkan masyarakat melalui kualitas yang ditawarkan. Kecantikan masih menjadi salah satu kategori terfavorit pada kampanye ini, di mana Scrub Tubuh dan Sunscreen produk lokal paling banyak dibeli.
  • Dengan ragam kebutuhan masyarakat dalam hal pakaian serta perubahan tren fashion yang terus bergerak, mitra brand dan UMKM terus berkreasi dengan menghadirkan berbagai varian sesuai dengan kebutuhan. Pakaian tidur dan Rok Batik menjadi produk favorit pada kategori Pakaian.
  • Bakso Goreng, Abon dan Seblak menjadi tiga produk paling dicari pada kategori Makanan dan Minuman. Tren makanan khas Indonesia yang dikemas dengan cara kekinian terus berkembang. Hal ini menjadi salah satu bentuk  para pelaku usaha berinovasi mengemas unsur budaya lokal dengan cara baru melalui kreativitas yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan masa kini.
4 dari 4 halaman

Dorong Inklusi Layanan Digital

Tidak hanya di kota-kota besar, rangkaian kampanye 11.11 juga turut mendorong inklusi layanan digital di berbagai kota non-metropolitan. Sepanjang kampanye 11.11 ShopeePay Big Deals, Palembang, Gresik, Sleman, dan Jember termasuk sebagai daerah dengan antusiasme tertinggi yang memanfaatkan fitur ShopeePay Sekitarmu. Fitur online-to-offline berbasis lokasi ini memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai penawaran menarik dari sederet merchant yang ada di sekitar mereka.

Hal ini juga terlihat di ShopeeFood, para pelaku UMKM turut merasakan dampak positif dari digitalisasi. Kampanye ShopeeFood 11.11 Big Discount mendorong transaksi bisnis para pelaku UMKM kuliner di daerah luar kota non-metropolitan, seperti Lampung, Pekanbaru, Banyumas, dan Banjarmasin.

Untuk kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait kampanye Shopee 11.11 Big Sale, bisa lihat di sini ya! Jangan lupa juga untuk unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

 

(*)

Video Populer

Foto Populer