Sukses


5 Manfaat Mendengarkan Musik Favorit, Bukan Cuma Bangkitkan Mood!

Bola.com, Jakarta Musik merupakan salah satu bagian penting dari kehidupan manusia. Kita mendengarkannya setiap hari baik sengaja maupun tidak sengaja. Sering kali dalam keadaan sadar kita, sebuah lagu tertentu muncul di benak dan kita mendapati diri sudah ikut bernyanyi. 

Meskipun kita tidak dapat memastikan kapan manusia mulai mendengarkan musik, namun para ilmuwan mengetahui sesuatu yang membuat kita menyukai dan menjadi musik bagian dari hobi. Mendengarkan musik bermanfaat bagi kita secara individu dan kolektif. Kekuatan musik untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional kita.

Berikut ini segudang manfaat dari mendengarkan musik favorit seperti dilansir dari lifehack.org

1. Bikin Mood Jadi Lebih Bahagia 

Untuk membangkitkan mood dan rasa semangat, cobalah mendengarkan lagu favorit selama 15 menit. Secara otomatis rasa kesenangan alami pada pikiran akan kembali tumbuh. Konsep tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian, yang membuktikan bahwa ketika kamu mendengarkan musik yang disuka, maka otak akan otomatis melepaskan dopamin. Sebuah senyawa dalam otak yang berfungsi memunculkan rasa “nyaman”.

2. Membantu Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik 

Buat kamu yang sering mengalami insomnia di malam hari, karena ada masalah yang tidak bisa lepas dari pikiran atau pekerjaan yang belum selesai, maka ingatlah untuk mendengarkan musik.

Coba matikan lampu kamar dan pejamkan mata sambil mendengarkan musik klasik dengan volume minim, maka tidak sampai 30 menit kamu akan larut ke dalam mimpi. Seorang yang mendengarkan musik klasik santai selama 45 menit sebelum tidur, akan memiliki kualitas tidur lebih baik dibandingkan mereka yang tidak melakukan apapun di waktu sebelum tidur. 

 

3. Ampuh Mengurangi Depresi 

Masalah memang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Begitu peliknya masalah yang dihadapi sampai muncul data kalau ada lebih dari 350 juta orang menderita depresi di seluruh dunia. 

Selain dapat meningkatkan kualitas tidur, mendengarkan musik klasik juga ampuh untuk mengurangi rasa depresi kamu. lantunan nadanya yang pelan namun tetap karismatik, terkenal ampuh dalam mengembalikan semangat untuk menyelesaikan masalah yang membuatmu depresi. 

4. Musik Mengatasi Rasa Stres 

Selain depresi, musik juga ampuh untuk mengatasi atau mengelola rasa stres kamu lho. Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih cepat pulih dari stres yang dialami dibandingkan mereka yang tidak. Alasannya, karena mendengarkan musik akan mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Itu makanya musik dapat mengatasi rasa stres dan mengurangi gejala depresi.

5. Mencegah Kejang pada Penderita Epilepsi 

Sebelum mengalami kejang, penderita epilepsi akan merasakan aliran listrik tertentu di otak. Dengan mendengarkan musik, terutama musik klasik, dipercaya dapat mencegah munculnya aliran listrik pemicu kejang tersebut. 

Itulah 5 manfaat dari mendengarkan musik favorit. Walaupun bisa membantu mengatasi beberapa masalah di atas, pastikan untuk selalu untuk menjaga kesehatan tubuh kamu dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

Video Populer

Foto Populer