Sukses


SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Jawa Tengah Digelar: Momen Memotivasi Sekolah untuk Mengembangkan Atletik Kepada Pelajar

Bola.com, Semarang - Kompetisi atletik pelajar, Energen Champion Student Athletic Championship (SAC) Indonesia 2022 tiba di Semarang untuk menggelar kualifikasi untuk area Jawa Tengah. Diikuti 2.000 pelajar dari 183 sekolah di Jawa tengah, SAC Indonesia 2022 diharapkan menjadi pelecut agar banyak sekolah mengembangkan bakat para pelajarnya untuk berkompetisi di dunia atletik.

SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Tengah berlangsung di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, sejak Kamis (8/12/2022). Seperti halnya kualifikasi di area lain, kompetisi atletik tingkat pelajar ini akan digelar selama tiga hari.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh Ketua Pengprov PASI Jawa Tengah, Rumini. Ia berharap SAC Indonesia 2022 tidak hanya memotivasi para pelajar, tapi juga pihak sekolah agar makin masif mengembangkan atletik di kalangan pelajar.

"Saya melihat event ini sebagai terobosan baru dan saya optimistis bakal menemukan potensi pelajar di Jawa Tengah yang belum sepenuhnya terjaring," ujar Rumini yang merupakan mantan atlet yang pernah meraih emas SEA Games 1993 dan 1995 untuk nomor saptalomba.

"Event ini juga menjadi industri olahraga yang memang bisa dikemas untuk masyarakat dan membantu perkembangan atletik di Indonesia," lanjutnya.

Bukan hanya Rumini, Kadispora Kota Semarang, Fravarta Sadman, pun berharap SAC Indonesia 2022 tidak menjadi kompetisi yang datang dan hilang di kemudian hari. Ia yakin dengan hadirnya wadah bagi para pelajar untuk berkompetisi, maka bibit-bibit atletik akan bisa berkembang.

"Saya tadi sudah melihat dan memang terlihat bakat-bakatnya. Mungkin nanti PASI bisa memoles mereka. Dengan kegiatan ini, semoga mereka lebih rajin berlatih karena ada ajang yang menampung kegiatan mereka," ujarnya.

 

 

2 dari 2 halaman

Diikuti Lebih dari 2.000 Pelajar

Sebanyak 2.000 peserta lebih datang untuk berlomba di SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Tengah.

Pada hari pertama, Kamis (8/12/2022), digelar babak penyisihan untuk beberapa nomor lari, seperti 800 meter putra dan putri untuk pelajar SMP, kemudian estafet 5x80 meter putra dan putri SMP, serta final lompat jauh putra SMA dan tolak peluru putri SMP.

Dari persaingan nomor lompat jauh putra tingkat SMA yang langsung menggelar hingga babak final, Dede Supriadi delegasi SMAN 1 Bukateja, Purbalingga berhasil mencatatkan lompatan terbaik sejauh 6,06 meter.

Hasil ini mengantarkan dirinya naik podium utama sekaligus memastikan tiket melaju ke babak National Championship yang direncanakan berlangsung di Jakarta, 13 hingga 15 Januari 2023 nanti.

Tak hanya Dede, delegasi SMAN 4 Surakarta, Deva Arya Dirga, juga mengklaim tiket National Championship. Ia menyabet predikat runner-up dengan mengantongi jarak lompatan 5,98 meter.

Keduanya akan menjadi wakil Central Java Qualifiers untuk berlomba dengan pemenang dari qualifiers lainnya.

Video Populer

Foto Populer