Sukses


6 Tips Aman Solo Travelling dan Self Healing Anti Ribet

Bola.com, Jakarta Melakukan solo traveling memang cocok dijadikan sebagai bagian self healing dari penatnya rutinitas pekerjaan. Menjelajahi berbagai destinasi wisata, menikmati pemandangan, menyantap kuliner, menyapa dan berinteraksi dengan warga sekitar, tanpa ribet ngurusin kemauan teman-teman yang kadang merepotkan. Tapi apakah kamu pernah merasa ragu untuk solo traveling karena merasa tidak aman? 

Tidak usah khawatir karena itu adalah hal yang wajar, berikut ada 6 tips cerdas yang dapat kamu lakukan supaya tetap aman meski solo traveling, yang dikutip dari travelers.com

Bagikan Rencana Perjalananmu ke Keluarga

Sebelum berangkat akan lebih baik jika kamu membagikan dulu rencana perjalananmu ke keluarga atau teman terdekat. Seperti kota atau destinasi yang akan dikunjungi, penginapan, dan berapa lama waktu kamu pergi solo trip tersebut. 

Tujuannya agar mendapatkan masukan dari orang orang terpercaya untuk melakukan hal apa atau harus bagaimana, jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika ada yang memiliki pengalaman solo trip sebelum kamu, maka dengarkan sarannya supaya rencana liburanmu semakin matang. 

Juga jangan lupa untuk memberi kabar mengenai kondisi dirimu minimal sehari sekali. Tujuannya agar mengurangi rasa khawatir karena sedang ditinggal pergi oleh dirimu. 

Buat Rencana Darurat 

Kamu tidak pernah tahu akan mengalami musibah apa saat melakukan perjalanan sendirian. Akan lebih baik jika kamu mencari informasi di mana rumah sakit, kantor polisi, dan fasilitas darurat terdekat lainnya saat berada di perjalanan maupun setelah sampai kota tujuan. 

Juga jangan lupa untuk cek kondisi kesehatan fisik ke dokter maupun ke klinik sebelum solo traveling, dengan kondisi fisik yang sehat tentu akan membuat perjalananmu semakin ceria, bukan? 

Supaya lebih aman kamu juga bisa membawa barang-barang pelindung kesehatan dan kebersihan diri, seperti hand sanitizer, bekal minum, hingga obat nyamuk, agar terhindar dari penyakit selama melakukan perjalanan sendirian. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Amankan Barang Berharga 

Hanya bawa barang berharga yang memang dibutuhkan selama melakukan solo traveling, seperti ponsel, dompet, kartu kredit, uang tunai, dan kartu identitas. Simpan di tempat yang aman seperti di dalam tas yang dapat kamu awasi setiap saat. 

Apalagi saat kamu menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, atau angkot, di mana kejahatan bisa lebih mudah terjadi. Makanya penting buat kamu untuk selalu waspada menjaga barang bawaan. 

Jaga Perilaku dan Gunakan Akal Sehat 

Menjaga perilaku dan menggunakan akal sehat artinya adalah saat solo traveling kamu harus selalu bugar dan menjaga keamanan diri, bukan? Hindari ajakan orang asing yang tiba-tiba mengajakmu untuk melakukan hal tidak berguna seperti, minum alkohol, dan ajakan tidak senonoh lainnya. 

Jika hal tersebut benar-benar terjadi dan kamu merasa tidak nyaman, berjalanlah ke tempat umum seperti restoran atau minimarket. Berkumpul dengan banyak orang akan membuatmu lebih aman, dan mudah untuk minta tolong.

3 dari 3 halaman

Lakukan Riset Lokal

Selanjutnya kamu juga harus melakukan riset lokal, karena setiap daerah mempunyai budaya yang berbeda-beda. Ketika berkunjung ke tempat atau daerah baru, pelajari budaya yang diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Itu akan lebih memudahkan kamu dalam bersosialisasi dengan warga sekitar.

Siapkan Asuransi Perjalanan 

Saat melakukan perjalanan sendirian dengan sudah menyiapkan asuransi, maka akan membuat suasana berlibur semakin tenang dan bebas khawatir. Sebab, jika selama perjalanan kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas, bagasi hilang, pembatalan tiket transport, dan lain-lain. Biaya yang kamu keluarkan akan tertutup jika memiliki asuransi. 

Itulah deretan tips aman buat kamu solo traveling. Jadi punya rencana mau solo trip kemana habis ini?

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

Video Populer

Foto Populer