Sukses


5 Manfaat Menakjubkan Rutin Bersepeda Bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta Penggemar olahraga bersepeda terus meningkat dari waktu ke waktu. Kamu bisa melihat di media sosial selalu saja ada postingan orang-orang sedang bersepeda, apalagi kalau sudah memasuki akhir pekan dan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free day. Di samping banyak orang yang jogging dan berlari, ada saja para pengguna sepeda yang lalu lalang.

Bersepeda memang punya keunggulan tersendiri dibandingkan transportasi lainnya yang lebih modern dan berbasis mesin. Alat transportasi yang dijalankan dengan cara dikayuh ini dikenal sederhana, terjangkau, dan tidak menyebabkan polusi. Sepeda juga dapat menjadi salah satu pilihan yang ideal untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Selain itu, sepeda juga merupakan salah satu simbol moda transportasi yang ramah lingkungan dan berdampak positif pada iklim dan cuaca. Sinergi antara sepeda dan penggunanya juga membangun kreativitas. Pengguna sepeda juga akan lebih mudah terlibat dalam interaksi sosial di sekitarnya. Berbeda dengan mobil yang memiliki kaca tertutup, pengguna sepeda tidak punya penghalang dengan dunia luar.

Selain untuk transportasi, sepeda juga ideal sebagai salah satu pilihan sehat berolahraga. berikut manfaat olahraga bersepeda seperti dikutip dari healthline.

1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan 

Kebiasaan bersepeda dengan intensitas tinggi dapat membantu menurunkan kadar lemak pada tubuh, yang juga mendorong dirimu untuk terus mengelola berat badan agar tetap sehat dan ideal. 

Sebuah studi dari halaman kesehatan terpercaya menjelaskan, melakukan sprint saat bersepeda secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dan melatih otot tubuh, yang membuat kamu membakar lebih banyak kalori bahkan saat beristirahat. 

2. Membuat Kaki Menjadi Semakin Kuat 

Bersepeda meningkatkan fungsi tubuh bagian bawah secara keseluruhan dan pastinya memperkuat otot kaki. Fokus otot yang dilatih meliputi paha depan, bokong, paha belakang, dan betis.  

Tips tambahan untuk membuat kaki menjadi lebih kuat dan meningkatkan performa saat bersepeda, coba untuk mengikuti latihan angkat beban. Seperti squat, leg press, dan lunges. Latihan tersebut juga cocok bagi kamu yang ingin memiliki kaki yang berotot dan indah saat dipandang. 

2 dari 2 halaman

3. Bisa Menurunkan Kolesterol 

Efek peningkatan kesehatan dari bersepeda juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Dampaknya kamu akan memiliki jantung yang lebih sehat, sehingga kemungkinan terkena penyakit stroke dan serangan jantung menjadi minim. 

Menurut salah survey dari studi di San Francisco menjelaskan, bersepeda dalam ruangan memiliki efek positif pada kolesterol total. Di mana terjadi peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) sambil menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang berbahaya bagi kesehatan. 

4. Bagus untuk Kesehatan Mental

Sudah tidak diragukan lagi bahwa bersepeda dapat meredakan rasa stress, depresi, dan kecemasan si pengendara. Berfokus pada jalan atau irama saat mengayuh juga dapat mengembangkan konsentrasi dan kesadaran seseorang. Ini dapat membantu mengalihkan fokus kamu dari masalah mental yang sedang dialami. 

Dari hasil penelitian sebuah media kesehatan, menemukan bahwa bersepeda mampu meningkatkan fungsi kognitif dan kesejahteraan pada orang dewasa.  Dengan rutin bersepeda setiap hari juga mungkin bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri, karena terhindar dari masalah kesehatan mental. 

5. Meningkatkan Keseimbangan, Postur, dan Koordinasi 

Manfaat menakjubkan bersepeda lainnya ialah dapat meningkatkan keseimbangan, postur, dan koordinasi tubuh secara keseluruhan, dan bahkan memperbaiki cara berjalan kamu. 

Sebab keseimbangan cenderung menurun seiring bertambahnya usia, jadi penting untuk memulai latihan keseimbangan dari muda. Memiliki keseimbangan yang lebih baik juga dapat membantu mengurangi resiko cedera dan mencegah patah tulang. 

Itulah 5 manfaat menakjubkan rutin bersepeda bagi tubuh. Sudah yakin untuk mulai menjadikan bersepeda sebagai aktivitas rutin harian kamu? Yuk, selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga demi kesehatan masa sekarang dan di masa mendatang.

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

Video Populer

Foto Populer