Sukses


5 Dampak Kerusakan Alam bagi Kehidupan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya merupakan satu di antara perbuatan yang tidak mencintai alam.

Alam dan lingkungan tempat tinggal kita perlu dijaga kelestariannya setiap saat. Hal tersebut dikarenakan kehidupan manusia begitu bergantung dengan alam sekitar.

Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan berbagai masalah lingkungan yang berdampak pada alam dan manusia, satu di antaranya adalah banjir.

Kerusakan alam akibat ulah manusia bisa mengancam ketakseimbangan ekosistem dan dapat memicu bencana yang merugikan manusia itu sendiri.

Lantas, apa saja dampak kerusakan alam bagi kehidupan yang perlu diketahui?

Berikut lima dampak kerusakan alam bagi kehidupan yang perlu diketahui, dikutip dari laman dlh.semarangkota.go.id, Senin (16/1/2023).

2 dari 3 halaman

Dampak Kerusakan Alam Bagi Kehidupan

1. Banjir 

Dampak kerusakan alam akibat banjir dikarenakan ulah tangan manusia yang kurang peduli terhadap lingkungan.

Banjir tidak hanya menyebabkan terendamnya suatu tempat saja, tetapi nyawa yang melayang karena arus yang deras.

Banjir biasanya disebabkan oleh sampah mengunung di sungai yang menjadikan aliran sungai tidak lancar. Banyaknya pemukaiman di sekitar sungai juga menjadikan aliran sungai terhambat.

2. Tanah longsor 

Bencana ini sering menimbulkan korban jiwa karena banyak pemukiman yang tertimpa batu-batuan dari lereng ataupun bukit.

Bencana ini juga terjadi tiba-tiba, bahkan terkadang membuat orang yang di sekitarnya tidak sadar akan terjadi tanah longsor.

Adanya bencana tanah longsor ini dikarenakan dampak kerusakan alam akibat ulah manusia. Adanya penebangan pohon liar tanpa adanya reboisasi menjadikan adanya erosi.

Bagiamana tidak? Biasanya lereng gunung ataupun pegunungan ataupun daerah sekitarnya jika terjadi hujan lebat, kumpulan pohon itulah yang akan menyerap air. Namun, jika pohon ditebang tanpa adanya reboisasi, air hujan akan langsung mengenai tanah tersebut dan terjadilah erosi.

3 dari 3 halaman

Dampak Kerusakan Alam Bagi Kehidupan

3. Pencemaran

Dampak pencemaran ini bisa memengaruhi kesehatan manusia yang berada di daerah tersebut, muncul berbagai penyakit yang tidak biasanya terjadi.

Banyak pencemaran ini termasuk dampak kerusakan alam oleh manusia. Apalagi jika sudah ada pabrik di sautu pemukiman, berbagai lingkungan akan tercemar, seperti lingkungan air dan udara.

Adanya pembuangan limbah yang sembarangan ini akan menjadikan pencemaran air yang melebar sampai ke pemukiman. Hal ini akan menjalar sampai ke sumur para warga, bahkan beberapa sungai juga bisa tercemar.

4. Kabakaran hutan

Masih ingat tentang kebakaran hutan di Riau pada 2016? Kebakaran yang mengakibatkan asap yang sampai ke negara Singapura. Kejadian yang menjadikan paru-paru dunia ini makin lama makin menipis.

Tidak hanya itu saja, dampak dari kebakaran ini juga berimbas pada keseimbangan alam. Habitat hewan liar yang berada di hutan juga makin terancam. Tempat tinggal mereka yang selama ini di jaga sudah mulai banyak di usak oleh manusia.

Pembuatan pabrik yang membutuhkan lahan sampai membakar hutan sekarang juga masih banyak.

5. Global warming

Adanya global warming atau pemanasan global sering dikaitkan dengan adanya efek rumah kaca. Suhu bumi makin lama makin naik.

Berbagai industri berperan dalam kenaikan suhu bumi. Selain itu adanya global warming juga dikarenakan meningkatnya karbon diokasida dan menipisnya oksigen.

Penggunaan batu bara, penggundulan atau pembakaran hutan juga menjadikan karbo dioksida makin naik.

 

Sumber: semarangkota.go.id

Silakan klik tautan ini untuk artikel dari edukasi berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer