Sukses


Pelantikan KONI Jawa Barat: Marciano Norman Berharap Prestasi Olahraga Jabar Dipertahankan

Bola.com, Bandung - Kepengurusan KONI Jawa Barat periode 2022-2026 di bawah pimpinan Muhammad Budiana resmi dilantik di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, pada Selasa (21/2/2023).

Proses pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman. Marciano mengaku pelantikan kepengurusan KONI Jabar saat ini terasa istimewa karena digelar di Gedung Sate, sebuah gedung yang bersejarah.

"Maknanya sangat kuat untuk Ketua Umum KONI Jabar dan jajaran pengurusnya dilantik di sini karena mendapatkan kepercayaan untuk meningkatkan olahraga di Jabar," kata Marciano Norman.

Marciano juga menyampaikan terima kasihnya kepada Ketua KONI Jabar sebelumnya Ahmad Saefudin yang membayar kepercayaan untuk meningkatkan olahraga di Jabar dengan mempersembahkan dua kali juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON), yakni PON 2016 di Jabar dan PON 2022 di Papua.

"Saat PON Aceh dan Sumatra Utara nanti, tentunya besar harapan kami agar Jabar bisa mengulangi prestasi itu, menjadi juara umum untuk ketiga kalinya," ucap Ketua Umum KONI Pusat itu.

2 dari 4 halaman

Persiapkan Atlet Jawa Barat

Marciano Norman mengakui atlet untuk Indonesia memang terpusat di Jawa Barat. Ia pun berharap Budiana sebagai pemimpin KONI Jabar yang baru segera melakukan perencanaan dan evaluasi untuk menggelar babak kualifikasi.

Terlebih lagi dalam waktu dekat, lanjut Marciano Norman, banyak event internasional yang akan dihadapi Indonesia.

"Kita akan ikut SEA Games di Kamboja dan Asian Games di China. Setelah itu persiapan Olimpiade 2024 di Paris. Tentu banyak atlet Jabar yang menjadi bagian dari kegiatan itu," jelas Marciano.

3 dari 4 halaman

Berkontribusi Besar untuk Indonesia

Menurutnya kekuatan atlet dari Jawa Barat juga diperlukan untuk memperbaiki peringkat Indonesia di SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

"Dan untuk Indonesia bisa menaikkan peringkatnya di Olimpiade. Tidak akan bisa dilakukan kalau atlet-atlet yang ada di daerah ini prestasinya tidak meningkat," katanya.

Marciano optimistis pengurus KONI Jawa Barat periode 2023-2026 yang terdiri dari sejumlah akademisi hingga tokoh olahraga ini bisa menghadirkan prestasi atlet dari Jawa Barat yang semakin meningkat.

"Jangan bermimpi masuk peringkat yang bagus di Asian Games apabila SEA Games saja masih juga berada di peringkat lima, empat, atau tiga, kita harus juara umum," tegas Marciano lagi.

4 dari 4 halaman

Bisa Bekerja Maksimal

Sementara itu, Ketua KONI Jawa Barat, Muhammad Budiana, berharap 121 orang yang menjadi pengurus KONI Jabar bisa menunjukan kinerja yang maksimal.

Terutama dalam mewujudkan pencapaian target Jabar hattrick juara umum PON sekaligus mendukung visi dan misi Provinsi Jabar, yakni 'Jabar Juara Lahir dan Batin melalui Inovasi dan Kolaborasi'.

"Sebagai pemegang supremasi dua kali juara umum PON, Jabar tidak hanya bertekad mencetak hattrick, tetapi juga untuk memberikan sumbangsih demi mengharumkan Indonesia dan mengibarkan bendera Merah Putih di kancah internasional," harap Budiana.

Seperti diketahui Muhammad Budiana terpilih sebagai Ketua Umum KONI Jabar masa bakti 2022-2026 pada gelaran Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Jabar 2022 pada Desember 2022 lalu menggantikan Ahmad Saefudin.

Video Populer

Foto Populer