Sukses


Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Batuk

Bola.com, Jakarta - Saat seseorang menderita batuk, tindakan pertama yang biasanya dilakukan adalah pergi berobat ke dokter terlebih dahulu. Yang berikutnya adalah menjaga diri di rumah.

Merawat diri di rumah saat menderita batuk bisa sangat membantu dalam proses penyembuhannya, termasuk memiliki waktu istirahat yang tepat.

Selain itu, saat mengalami batuk, kamu harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pasalnya, ada jenis makanan dan minuman yang membuat batuk menjadi makin parah.

Dengan demikian, hindarilah segala makanan dan minuman yang bisa membuat batuk menjadi lebih parah agar penyakit yang diderita bisa cepat sembuh.

Berikut daftar makanan dan minuman yang harus dihindari saat batuk, disadur dari Klikdokter, Senin (13/3/2023).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Batuk

1. Keripik

Keripik adalah satu di antara makanan yang tidak boleh dimakan saat batuk. Camilan ini bisa menjadi penyebab batuk makin parah. Itu karena keripik diproses dengan cara digoreng.

Nah, karena prosesnya tersebut, keripik dapat mengandung minyak yang banyak sehingga berisiko mengiritasi tenggorokan. 

2. Kue Manis

Kue yang mengandung banyak gula termasuk satu di antara makanan yang dilarang saat batuk karena dapat membuat batuk makin parah. 

Gula yang terkandung pada kue dapat menyebabkan tenggorokan makin gatal dan mengiritasi lebih lagi. Inilah yang menyebabkan kue manis menjadi satu di antara makanan yang perlu dihindari saat batuk.

3. Jeruk Peras

Tahukah kamu, bila buah yang satu ini menjadi makanan yang harus dihindari saat batuk?

Meski jeruk mengandung banyak vitamin C di dalamnya, jeruk yang asam sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang batuk. Jeruk yang asam ini dapat menimbulkan refluks asam yang kemudian memicu batuk.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Bila ingin makan jeruk saat sedang batuk, pilihlah yang tidak terlalu asam agar tidak melukai tenggorokanmu.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Batuk

4. Soda

Selain makanan, ada jenis minuman yang sebaiknya kamu jauhi ketika sedang mengalami batuk. Satu di antaranya adalah soda. 

Kendati enak dan menyegarkan, soda harus dihindari saat batuk karena mengandung kafein dan banyak gula tambahan. Kandungan ini dapat membuat tenggorokan terasa sangat gatal dan batuk terus-menerus.

5. Makanan Cepat Saji

Ini juga merupakan makanan yang harus dihindari saat batuk. Tidak bisa dimungkiri makanan cepat saji dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Satu di antaranya dapat memperparah batuk. 

Hal ini karena penggunaan minyak yang banyak pada proses memasaknya bisa mengganggu pemulihan batuk.  

6. Kopi

Ketika kamu sedang batuk, sebaiknya hindari minum kopi. Kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik. Kandungan diuretik tersebut dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi sehingga akan makin memicu batuk.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Batuk

7. Produk Olahan Susu

Satu di antara makanan yang dilarang saat batuk adalah produk olahan susu, seperti keju, mentega, es krim, dan lainnya.

Asupan yang diolah dari bahan dasar susu dapat meningkatkan produksi lendir dan membentuk dahak, yang pada akhirnya membuat peradangan di tenggorokan dan batuk semakin parah.

8. Teh

Seperti halnya kopi, teh juga mengandung kafein. Maka itu, kamu sebaiknya menghindari konsumsi teh saat sedang batuk.

9. Alkohol

Berbagai risiko kesehatan bisa dipicu oleh alkohol, termasuk memperparah kondisi batuk yang diderita. Minuman yang mengandung alkohol sebaiknya dihindari ketika sedang batuk karena dapat mengakibatkan dehidrasi.

10. Jenis Buah Tertentu

Beberapa jenis buah ternyata bisa menjadi makanan penyebab batuk makin parah. Buah-buahan yang keras dan bertepung (tinggi karbohidrat) seperti mangga mentah, pepaya, atau pisang adalah beberapa contohnya.

Maka itu, sebaiknya hindari atau batasi dulu konsumsinya untuk membantu proses penyembuhan. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 22/11/2022)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Warga Lokal Nikmati Formula E 2023 Jakarta dari Atas Balkon

Video Populer

Foto Populer