Sukses


Kumpulan Bacaan Doa sebelum Tidur yang Bisa Dipanjatkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Sebagai muslim yang baik dan beriman kita harus senantiasa membaca doa dalam berbagai keadaan, termasuk saat akan tidur.

Dengan membaca doa sebelum tidur, kita berharap lindungan Allah Swt. dari gangguan jin dan berbagai hal lainnya, serta memohon rida dan rahmat dari-Nya.

Tak hanya itu, pada saat tertidur tentu kesadaran seseorang akan berkurang. Dalam keadaan tersebut ada banyak hal yang mungkin bisa terjadi di luar kendali dan bisa membahayakan hidup.

Pada saat itulah lindungan dari Sang Khalik sangat dibutuhkan, membaca doa sebelum tidur juga dapat menenangkan hati serta batin sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan sebelum tidur. Bacalah dengan saksama dan khusyuk agar doa dapat diterima oleh Allah Swt.

Berikut kumpulan bacaan doa sebelum tidur yang bisa dipanjatkan umat muslim, disadur dari Dream, Rabu (15/3/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Tidur

Doa Sebelum Tidur 1 

Doa sebelum tidur dibaca agar kita dijaga oleh Allah Swt. selama tidur. Sebab ketika tidur mungkin saja ada banyak gangguan, baik dari hewan, jin, hingga setan.

Berikut bacaan doa sebelum tidur yang bisa kamu baca:

Allahumma gharatin nujum w hadaatil 'uyun wa anta hayyun qoyyum ya hayyu ya qoyyum ahdi laili wa anim 'aini.

Artinya:

"Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah terpejam, Engkau adalah Zat Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, Wahai Zat yang Maha Hidup dan Wahai Zat yang Maha Berdiri sendiri, tenangkanlah malamku dan lelapkanlah mataku."

Doa Sebelum Tidur 2 

Bacaan doa sebelum tidur lainnya yang paling umum dibaca oleh umat Islam:

Allahumma! Bismika ahya wa bismika amut.

Artinya: 

"Ya Allah! Dengan Nama-Mu, aku hidup dan dengan nama-Mu pula aku mati."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Tidur

Doa Sebelum Tidur 3 

Selanjutnya, ada bacaan doa sebelum tidur agar kita terhindar dari siksa neraka yang amat pedih.

Allahumma qini 'adzabika yauma tab'atsu 'ibadaka.

Artinya:

"Ya Allah, lindungilah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau bangkitkan para hamba-Mu."

Doa sebelum tidur 4 

Baca doa sebelum tidur berikut ini agar terhindar dari gangguan setan selama tidur.

Allahu laa ilaaha illa huwal haiyul qaiyyum, laa takhudzuhuu sinatuw walaa nauum, lahu maa fii samaawaati wamaa fil 'ardhi, man dzalladzi yasyfau indahuu illa biidznih, yaklamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yukhiituuna bi syaiin min 'ilmihii illaa bimaasyaak, wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal 'ardla, wa laa yauuduhuu hifdzuhumaa wa huwal 'aliyyul adziim.

Artinya:

"Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Sa'adah. Published: 25/2/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengelik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer