Sukses


Cara Menghilangkan Sifat Magnet yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Magnet adalah suatu objek yang memiliki suatu medan magnet. Magnet sering diartikan sebagai benda dengan gejala dan sifat yang dapat memengaruhi bahan tertentu yang berada di sekitarnya.

Setiap magnet memiliki dua kutub, yaitu utara (N) dan selatan (S). Kutub magnet adalah daerah yang berada pada ujung-ujung magnet, dengan kekuatan magnet paling besar.

Adapun jenis magnet pada dasarnya terbagi menjadi magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam merupakan jenis magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami tanpa ada campur tangan dari manusia.

Sementara, magnet buatan adalah jenis magnet yang dibuat oleh manusia. Umumnya magnet buatan dibuat dari bahan-bahan magnetik kuat, seperti besi dan baja.

Magnet mempunyai kemampuan untuk menarik benda lain di sekitarnya. Namun, kemampuan ini hanya dapat menjangkau benda-benda tertentu saja.

Hal tersebut merupakan sifat magnet, yakni mampu menarik benda tertentu di sekitarnya. Selain itu, ada pula beberapa sifat magnet lainnya.

Perlu diketahui, sifat-sifat yang dimiliki sebuah magnet tersebut bisa dihilangkan. Bagaimana caranya menghilangkan sifat magnet?

Berikut ini cara menghilangkan sifat magnet yang perlu diketahui, dilansir dari smpn2ppu.sch.id, Rabu (15/3/2023)

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Sifat Magnet

  • Magnet Dipanaskan hingga Berpijar atau Dibakar

Pemanasan pada magnet menyebabkan sifat kemagnetannya berkurang atau bahkan hilang. Hal ini terjadi karena tambahan energi akibat pemanasan menyebabkan partikel-partikel bahan bergerak lebih cepat dan lebih acak maka sebagian magnet elementernya tidak lagi menunjuk arah yang sama seperti semula.

Bahkan setiap benda di atas suhu tertentu sama sekali tidak dapat dibuat menjadi magnet.

  • Magnet Dipukul atau Ditempa Hingga Bentuknya Berubah atau Rusak

Magnet yang mengalami pemukulan akan menyebabkan perubahan susunan magnet elementernya. Akibat pemanasan dan pemukulan magnet elementer menjadi tidak teratur dan tidak searah.

Magnet-magnet elementer yang tadinya segaris (searah) menjadi berarah sembarangan sehingga benda kehilangan sifat magnetiknya.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Sifat Magnet

  • Magnet Diletakkan pada Solenoida

Untuk menghilangkan sifat magnet caranya dengan meletakkan magnet pada solenoida (kumparan kawat berbentuk tabung panjang dengan lilitan yang sangat rapat) dan dialiri arus listrik bolak-balik (AC).

Penggunaan arus AC menyebabkan arah arus listrik yang selalu berubah-ubah. Perubahan arah arus listrik memengaruhi letak dan arah magnet elementer. Apabila letak dan arah magnet elementer berubah, sifat kemagnetannya hilang.

Besi mudah kehilangan sifat kemagnetannya, sedangkan baja sukar kehilangan kemagnetannya. Hal itu disebabkan magnet-magnet elementer dalam besi lebih mudah berputar dibandingkan dengan magnet elementer dalam baja.

Baja lebih sukar dijadikan magnet. Kemagnetannya bersifat tetap. Kemagnetan besi bersifat sementara karena susunan magnet-magnetelementernya mudah menjadi ajak.

Contoh kasus hilangnya sifat kemagnetan, yaitu pita kaset dibuat dari bahan magnet keras sehingga merupakan magnet permanen.

Meski begitu, selalu dianjurkan bagi pengendara mobil untuk mengeluarkan kaset dari tape mobil dan menyimpannya di tempat yang terlindung dari sengatan matahari.

Intruksi ini adalah untuk menghindari pita kaset kehilangan sifat-sifat magnetiknya karena sengatan matahari. Jika pita kaset kehilangan sifat magnetiknya, kaset tersebut akan rusak dan tidak dapat lagi menghasilkan musik yang merdu di telinga.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Magnet

  • Menggosok

Gosokkan sebatang logam dengan magnet sehingga logam tersebut menjadi magnet. Gosokkan magnet permanen berulang ulang dan satu arah.

Kutub magnet yang dihasilkan pada ujung terakhir gosokan dan selalu berlawanan dengan magnet penggosok.

  • Dialiri arus listrik

Sebatang logam dililit dengan menggunakan kawat, kemudian ujung-ujung kawat tersebut dihubungkan dengan aru listrik sehingga logam tersebut berubah menjadi magnet.

  • Induksi magnet

Induksi magnet dilakukan dengan cara mendekatkan sebatang logam dengan megnet sehingga logam tersebut berubah menjadi bersifat magnet

Perlu diketahui, sebuah benda yang terbuat dari besi dan baja didekatkan (tidak menyentuh) pada bahan magnet yang kuat maka besi dan baja akan menjadi magnet. Terjadinya magnet seperti ini disebut dengan induksi.

Setelah dijauhkan kembali, besi akan mudah kehilangan sifat magnetnya, dan baja tetap mempertahankan sifat magnetnya.

 

Sumber: Smpn2ppu.sch.id

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer