Sukses


Ciri-Ciri Rahim Sehat, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Ciri-ciri rahim sehat perlu Anda ketahui sebagai informasi berharga, baik untuk diri sendiri maupun orang-orang terdekat Anda. 

Rahim atau uterus memiliki banyak fungsi, satu di antaranya adalah tempat janin tumbuh dan berkembang hingga siap dilahirkan. 

Selain itu, rahim membantu janin mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat. Organ reproduksi wanita ini juga menjaga lingkungan janin tetap bersih.

Agar dapat berfungsi dengan baik, rahim harus berada dalam kondisi yang sehat.

Wanita dianjurkan untuk mendapatkan pemeriksaan sistem reproduksi secara menyeluruh untuk memastikan rahim dalam kondisi prima.

Untuk lebih jelasnya, berikut ciri-ciri rahim sehat, yang penting diketahui, disadur dari Klikdokter, Minggu (19/3/2023).

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Rahim Sehat

1. Siklus Menstruasi Normal

Siklus menstruasi seorang wanita biasanya terjadi setiap 21-35 hari, dengan lama perdarahan 2-8 hari. Dengan siklus ini, wanita memiliki rahim yang sehat sehingga tingkat kesuburannya pun optimal. 

Namun, bila wanita tidak memiliki siklus haid seperti yang disebutkan di atas, mungkin ada masalah dengan rahimnya. Pemeriksaan oleh dokter perlu dijalani.

2. Nyeri Menstruasi Normal

Nyeri menstruasi yang normal disebabkan oleh pelepasan hormon prostaglandin, yang menyebabkan terjadinya kontraksi otot rahim (myometrium). 

Nyeri menstruasi yang normal biasanya memiliki ciri-ciri berikut: 

  • Tingkat nyeri umumnya ringan
  • Berlangsung selama 12-72 jam
  • Dirasakan 1-2 hari sebelum menstruasi atau saat hari pertama menstruasi
  • Dirasakan di perut bagian bawah, pinggang, atau paha
  • Dapat disertai mual muntah, lemas, dan diare.

Sedangkan, nyeri haid yang tidak normal dapat disebabkan oleh beberapa penyakit dan kelainan organ reproduksi. 

Nyeri menstruasi tidak normal biasanya dirasakan setelah hari pertama menstruasi, nyeri kadang tidak berkurang bahkan setelah menstruasi, lebih sakit dibandingkan kram perut biasa, dan tidak disertai gejala mual muntah.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Rahim Sehat

3. Keputihan Normal

Tanda rahim sehat dan subur berikutnya ialah keputihan normal. Biasanya keputihan normal terjadi dua minggu menjelang masa menstruasi berikutnya. Keputihan normal juga dapat dialami dalam kehamilan dan saat mengonsumsi pil KB hormonal. 

Keputihan yang normal memiliki warna cairan yang bening hingga keputih-putihan, bertekstur kental seperti lendir, dan tidak berbau. Lalu, keputihan normal yang mengering dan menempel di pakaian dalam akan terlihat seperti bercak kekuningan. 

Jumlah keputihan normal sekitar 2-5 ml per hari dan dapat berubah jika ada rangsangan seksual.

4. Berat Badan Ideal

Berat badan ideal dapat menjadi tanda rahim sehat, kendati tidak selalu. Pasalnya, berat badan berpengaruh pada keseimbangan hormon. Jika hormon di dalam tubuh seimbang, proses ovulasi dapat berjalan lancar. 

Berat badan berlebih hingga mencapai obesitas dapat menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi. 

Maka itu, penting untuk menjaga berat badan ideal demi kesehatan rahim dan tubuh yang baik secara keseluruhan.

5. Terbiasa Menjalani Pola Hidup Sehat

Ciri-ciri rahim sehat terkadang bisa dilihat dari kebiasaan hidup sang wanita. Bila ia menerapkan pola hidup sehat, kesehatan rahim umumnya lebih baik. 

Pola hidup sehat memang memengaruhi kesehatan dan kesuburan rahim. Maka itu, hindari merokok atau minum minuman beralkohol, karena dapat mengganggu kesehatan rahim dan meningkatkan risiko penyakit pada organ reproduksi. 

Konsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur demi mewujudkan tanda rahim sehat dan subur.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 16/3/2022)

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel kesehatan dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer