Sukses


Jakarta Cycling Challenge Jadi Kejuaraan Pemanasan untuk PON 2024

Bola.com, Jakarta - Jakarta Cycling Challenge 2023 seri pertama sedang digelar pada Minggu (19/3/2023) di Jakarta International Velodrome Rawamangun dan Senin (20/3/2023) di Jakarta International BMX Track Pulomas.

Jakarta Cycling Challenge terdiri dari tiga sub-event meliputi Student Challenge untuk pelajar SD, SMP, dan SMA, Jakarta Youth Cycling dan Community Race yang terbuka bagi peserta dari Jabodetabek, dan BMX Race Open tingkat Nasional.

Student Challenge, Jakarta Youth Cycling, dan Community Race diadakan di Velodrome Rawamangun. Sementara BMX Race Open di BMX Track Pulomas.

"Kejuaraan ini dibuat sebagai sarana talent scouting atlet DKI Jakarta," ujar Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta, Novian Herbowo.

2 dari 4 halaman

Sarana Pembinaan Prestasi

Invitasi balap sepeda Jakarta Cycling Challenge adalah buah hasil dari kolaborasi antara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta bersama ISSI DKI Jakarta.

"Sudah ada hasilnya dari seri pertama 2022, Vito dan Evan yang merupakan kakak dan adik kini sudah menjadi atlet Pelatda DKI dan sudah menyumbangkan medali emas dan perak MTB XC Kejurnas Banyuwangi 2022," jelasnya.

Jakarta Cycling Challenge menjadi sarana pembinaan prestasi, edukasi, eksistensi olahraga sepeda, dan rekreasi keluarga.

3 dari 4 halaman

Persiapan PON 2024

Kejuaraan ini dibuat sebagai programpersiapan DKI menuju POPNAS 2023 dan PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara dengan nomor BMX Race, BMX Freestyle, MTB XC, MTB Downhill, Roadrace, ITT, dan Criterium.

Ketua Panitia Jakarta Cycling Challenge, Hendi Rahmat, mengungkapkan bahwa kejuaraan ini diikuti 400 peserta dalam event yang rencananya akan digelar sebanyak tiga seri pada 2023.

Sejak seri pertama pada 2022, animo pesertaterus bertambah pada seri ketiga tahun ini, dan pada 2023 kelas BMX naik menjaditingkat Nnsional.

4 dari 4 halaman

Cetak Pesepeda Berbagai Disiplin

"Ini merupakan kejuaraan pertama antara ISSI DKI dengan Dispora DKI. Tahun ini akan dilaksanakan POPNAS 2023 di Sumatera Selatan yang umur pesertanya sama dengan Jakarta Cycling Challenge sehingga mempermudah untuk seleksi atlet," ungkap Sekretaris Dispora DKI Jakarta, Rusdianto.

Rusdianto berharap Jakarta Cycling Challenge bisa mencetak atlet sepeda berbagai disiplin, terlebih balap sepeda termasuk cabang olahraga (cabor) pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Ini awalan yang baik antara ISSI DKI Jakarta dengan Dispora DKI Jakarta, dan lebih penting lagi menuju PON 2024.

Video Populer

Foto Populer