Sukses


Indonesia Raya Berkumandang di Thailand! Pembalap AHRT Sapu Bersih Podium ARRC 2023

Bola.com, Jakarta - Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) memperlihatkan dominasinya di race pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 kelas Asia Production (AP) 250, dengan menyapu bersih semua posisi di podium. Lagu Indonesia Raya pun berkumandang di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Sabtu (25/3/2023).

Pada kelas AP 250, para pembalap AHRT mengawali jalannya balapan dengan mengisi posisi tiga besar, hasil dari sesi kualifikasi pada pagi hari.

Sesaat setelah start, Rheza Danica Ahrens yang memulai balapan dari posisi kedua langsung melesat memimpin balapan dan terus menjaga ritme hingga balapan berakhir.

"Alhamdulillah, say meraih podium pertama pada race pertama. Rasa percaya diri saya mulai tumbuh sejak sesi tes resmi, latihan bebas, dan kualifikasi. Saya meraih catatan waktu yang cukup konsisten dan kompetitif," ujar Rheza.

"Saya hanya berusaha untuk menjaga konsentrasi agar tidak melakukan kesalahan sendiri. Usaha saya pun berhasil pada race pertama. Saya bisa lepas dan menjaga irama balapan saya dengan baik hingga finis terdepan," lanjut pembalap AHRT itu.

 

2 dari 4 halaman

Menikmati Balapan

Sementara itu, Veda Ega Pratama yang merupakan pendatang baru di ARRC memulai jalannya balapan dari posisi kedua dan mendapatkan perlawanan dari pembalap lain.

Ketika memasuki lap kedua, Veda bisa melepaskan diri dari rombongan dan terus membuntuti Rheza yang berada di depannya dan finis di posisi kedua. Pembalap AHRT itu pun mengaku sangat menikmati balapan yang dijalaninya.

"Saya sangat menikmati balapan pertama saya. Selepas start, saya mencoba menjaga kecepatan untuk tetap stabil. Pada race kedua, saya akan menghadapi tantangan yang lebih besar karena harus menjalani ride through penalty akibat insiden setelah start. Semoga balapan tetap berjalan dengan baik dan saya bisa mempertahankan penampilan terbaik," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Berjuang Menyapu Bersih Podium

Berbeda dari kedua rekannya, Herjun Atna Firdaus yang memulai balapan dari posisi pertama terus mendapat tekanan dari pebalap tuan rumah sepanjang balapan berlangsung. Ketatnya persaingan membuatnya harus berjibaku hingga menyentuh garis finis.

Perjuangan Herjun pun tak sia-sia, ia berhasil meraih posisi ketiga. Dengan pencapaian ini, AHRT berhasil menyapu bersih podium race pertama kelas AP250.

"Sebenarnya saya mendapatkan modal yang bagus, yaitu grid 1 hasil catatan waktu terbaik di sesi kualifikasi. Saya sangat yakin bisa melesat. Namun, pada race pertama, balapan tidak berjalan sesuai rencana saya," ujar Herjun.

"Saya justru terjebak dengan pertarungan merebut podium ketiga. Akhirnya saya bisa mengamankan podium ketiga untuk Astra Honda. Race kedua besok, saya akan berusaha tampil lebih kuat," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Pengalaman yang Mengesankan

Pada kelas Supersport (SS) 600, M Adenanta Putra yang baru pertama kali balapan di kelas 600cc, mengawali start dari posisi ke 10. Rekan setimnya, Gerry Salim yang kembali memperkuat AHRT, memulai balapan pada posisi ke-11.

Kedua pemuda asal Jawa Timur ini berjuang meningkatkan posisinya. Gerry mampu menyelesaikan balapan pada posisi kelima, sementara Adenanta berada pada posisi kedelapan.

Sukses memperbaiki posisi awal balapan dengan peringkat akhir tentu membuat kedua pembalap ini senang. Apalagi bagi Adenanta yang baru pertama kali turun di kelas 600cc.

"Pengalaman pertama dengan CBR600RR ini cukup mengesankan. Saya belum sepenuhnya beradaptasi, tetapi bagi saya ada kemajuan di setiap sesinya. Saya yakin bisa lebih baik di race kedua. Saya berharap bisa meraih hasil yang lebih bagu di kelas yang baru saya ikuti ini," ujar Adenanta.

Video Populer

Foto Populer