Sukses


Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Manfaat buah bit untuk kesehatan perlu kamu tahu sehingga kamu bisa mengambil manfaat tersebut. Pasalnya, di Indonesia buah ini tergolong jarang dikonsumsi sehari-hari.

Kendati tidak populer, nyatanya buat bit merupakan superfood. Yap, bit merupakan buah kaya gizi. 

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, buah bit mengandung kalium, fosfor, kalsium, zink, natrium, nitrat, serat, serta vitamin B1, B2, dan C. Selain itu, buah berwarna merah ini memiliki senyawa antioksidan dan antiradang yang baik untuk kesehatan, seperti kesehatan jantung.

Kamu dapat mengonsumsi buah bit secara langsung ataupun dijadikan jus atau smoothies. Bila kamu tidak terlalu suka rasanya, campurkan dengan madu, jeruk, atau buah-buahan yang lain.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan, disadur dari Klikdokter, Selasa (28/3/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan: Menjaga Tekanan Darah

1. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan satu di antara faktor risiko utama dari penyakit jantung, pembuluh darah, dan stroke. Hingga saat ini, penyakit-penyakit tersebut masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Bagi kamu yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi, buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. 

Hal ini terjadi karena buah bit mengandung nitrat yang dapat mengubah nitrit oksida dalam darah dan membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi tahanan pembuluh.

2. Mengatasi Radang

Di dalam bit terdapat pigmen yang disebut betalain, yang berpotensi memiliki sifat antiperadangan.

Studi pada manusia dengan osteoartritis menunjukkan bahwa kapsul betalain yang dibuat dengan ekstrak bit mengurangi rasa sakit akibat peradangan. 

3. Mencegah Kanker

Buah bit mengandung betalain yang merupakan antioksidan larut air. Zat ini memiliki kemampuan mencegah beberapa sel kanker untuk berkembang. 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan: Menjaga Berat Badan

4. Mencegah Dimensia

Buah bit mengandung nitrat. Sebuah studi tahun 2011 menyatakan bahwa nitrat dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada orang yang lebih tua dan membantu mengurangi masalah kognitif, seperti demensia.

Pada mereka yang mengonsumsi jus buah bit, hasil pemeriksaan MRI otak menunjukkan adanya peningkatan aliran darah di lobus frontal otak. Lobus tersebut bermanfaat untuk proses berpikir dan fungsi kognitif. 

5. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah bit lainnya adalah baik untuk sistem pencernaan. Ini karena buah bit mengandung serat tinggi, sekitar 3,4 gram dalam satu sajian. 

Serat tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, menjaga buang air besar agar tetap teratur, dan mencegah sembelit atau konstipasi.

6. Memperbaiki Stamina saat Aktivitas Fisik

Kamu sering merasa mudah lelah saat berolahraga? Mungkin, kamu perlu mengonsumsi buah bit. Buah bit dapat meningkatkan kadar nitrat dan meningkatkan kemampuan serta ketahanan dalam aktivitas fisik. 

7. Menjaga Berat Badan

Serat dalam buah bit dapat membantu menahan rasa kenyang lebih lama sehingga kamu tidak akan ngemil makanan yang tinggi kalori. Untuk tujuan ini, kamu dapat membuat smoothies dengan buah bit sebagai satu di antara bahannya.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan: Kaya Nutrisi

8. Kaya Nutrisi

Buah bit mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin dan mineral. Dalam buah ini, terkandung hampir seluruh vitamin dan mineral yang kamu perlukan, seperti vitamin C, folat, vitamin B6, magnesium, kalium, fosfor, mangan, dan besi. 

Kandungan serat dalam buah bit juga cukup tinggi. Meski buah ini kaya nutrisi, kandungan kalorinya cukup rendah sehingga cocok dijadikan tambahan dalam jus buah. 

9. Sumber Berbagai Mineral

Mineral adalah satu di antara zat gizi yang kerap terlupakan, padahal sangat penting untuk tubuh. Mineral seperti zat besi penting untuk mencegah kamu mengalami anemia (kekurangan sel darah merah). 

Selain itu, mineral lain seperti kalsium juga penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Buah bit merupakan sumber berbagai mineral esensial tersebut. Maka itu, demi mencegah anemia ataupun kerusakan gigi dan tulang, kamu dapat mengonsumsi buah bit. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 11/8/2020)

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel kesehatan dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer