Sukses


Pawai Obor SEA Games 2023 Digelar di GBK Akhir Pekan Ini, Cek Rutenya Yuk

Bola.com, Jakarta - Torch relay atau pawai obor SEA Games 2023 Kamboja bakal tiba di Jakarta pada 1 April 2023. Perarakan obor multievent dua tahunan kawasan Asia Tenggara ini akan dilakukan di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengatakan pawai obor SEA Games diikuti 300 peserta, yang terdiri dari atlet, pelatih, perwakilan federasi nasional hingga komunitas olahraga dan masyarakat.

“NOC Indonesia bersama Cambodia SEA Games Organizing Committee (CAMSOC) dan Kedutaan Kamboja untuk Indonesia akan melakukan pawai obor SEA Games pada akhir pekan ini di Kompleks GBK,” ujar Okto.

SEA Games Kamboja bukan solidaritas kita sesama negara ASEAN semata, tapi juga penantian panjang Kamboja yang untuk pertama kali bisa menjadi tuan rumah SEA Games.”

 

2 dari 4 halaman

Ajang Persahabatan

Sebagai informasi, Kamboja pernah mendapat kesempatan sebagai tuan rumah SEA Games pada 1963 tetapi harus dibatalkan karena situasi politik.

Delegasi CAMSOC yang dipimpin Sekretaris Kementerian Pariwisata Kamboja yang juga berkedudukan sebagai Head of Special Envoy CAMSOC sudah tiba di Indonesia sejak Rabu (29/03). Ia dan Duta Besar Kerajaan Kamboja Iv Heang untuk Indonesia pun telah melakukan koordinasi bersama Plt Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara, Wasekjen Wijaya Noeradi, dan Chef de Mission Tim Indonesia untuk SEA Games Lexyndo Hakim di Kantor NOC Indonesia, Kamis (30/01).

“SEA Games adalah persahabatan lewat olahraga. Kita kenal, tapi mempererat silaturahmi dan bersahabat. CAMSOC membawa program estafet obor dan Indonesia adalah negara ketiga dalam pawai obor ini, setelah sebelumnya di Vietnam dan Filipina. NOC Indonesia menyuambut baik dan kami senang berpartisipasi memeriahkan SEA Games Kamboja,” kata Harry.

 

3 dari 4 halaman

Momentum Semangat

Sementara itu, CdM SEA Games Lexyndo Hakim menyambut baik inisiatif CAMSOC yang melakukan pawai obor. Ia berharap perayaan pawai obor SEA Games di Indonesia berjalan sukses.

“Ini sekaligus menjadi momentum semangat buat para atlet Merah Putih menyambut SEA Games di Kamboja yang tinggal hitungan minggu supaya bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya demi meraih prestasi maksimal,” kata Lexyndo.

SEA Games 2023 yang diadakan pada 5-17 Mei mendatang menjadi yang pertama dan akan mempertandingkan 36 cabang olahraga, 47 disiplin, dan 581 nomor pertandingan.

4 dari 4 halaman

Rute Torch Relay SEA Games 2023

Video Populer

Foto Populer