Sukses


Israel Ikut ANOC World Beach Games di Bali, Menpora Baru Dito Ariotedjo Manut Kata Jokowi

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru, Dito Ariotedjo, akan mengikuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) terkait keikutsertaan Israel pada ANOC World Beach Games 2023.

Dito Ariotedjo resmi dilantik sebagai Menpora, menggantikan posisi Zainudin Amali yang mundur dan memilih beralih menjadi wakil ketua PSSI. Dito dilantik oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/3/2023).

Dito dipastikan tak bisa bersantai. Sebab, sudah banyak agenda padat yang menantinya, mulai dari SEA Games 2023, hingga yang sedang hangat diperbincangkan, ANOC World Beach Games 2023 yang akan dihelat di Bali pada Agustus nanti.

Setelah Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia yang diyakini akibat adanya penolakan dari berbagai penjuru menyusul keberadaan Israel sebagai negara peserta, ANOC World Beach Games 2023 pun masuk tanda tanya besar.

Tentunya, ini akan jadi tanggung jawab pemerintah, dalam hal ini Menpora, untuk memastikan agar ANOC World Beach Games 2023 tetap terselenggara sebagaimana mestinya. Apa kata Dito Ariotedjo?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manut Jokowi

Sebagai Menpora yang baru, Dito tidak ingin kejadian di Piala Dunia U-20 menular ke ANOC World Beach Games. Dia mengaku akan mengikuti kata Presiden Jokowi untuk menyikapi kehadiran atlet Israel. Artinya, Dito yang tak lain adalah kader partai Golkar bakal memisahkan urusan politik dan olahraga.

"Saya sesuai dengan apa yang sudah dibicarakan pak presiden bahwa harus dipisahkan kedua hal itu. Walau hal ini adalah suatu kompleksitas tinggi ya. Tapi memang kita akan usahakan yang terbaik," katanya dalam jumpa pers yang berlangsung usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta.

Melihat pengalaman Piala Dunia U-20, Dito tidak ingin membuang waktu. Setelah disahkan sebagai Menpora, dia segera bicara ke seluruh stakeholder yang ada.

"Ya semoga kita bisa memastikan kelancaran jalannya dan menemukan titik temu lah. Ya mungkin karena kita anak muda semua kita temui," katanya.

3 dari 3 halaman

Menpora Termuda Ketiga dalam Sejarah

Di sisi lain, Dito Ariotedjo tercatat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) ke-14 dan termuda ketiga sepanjang sejarah. Saat dilantik, ia berusia 32 tahun, 6 bulan, 9 hari.

Sejarah mencatat, Wikana menjabat Menpora pertama yang kala itu bernama Menteri Negara Urusan Pemuda pada usia 31 tahun, 10 bulan, 11 hari.

Sementara Soepeno yang hingga saat ini tercatat sebagai Menpora termuda (Menteri Pembangunan/Pemuda) ketika dilantik berusia 31 tahun, 7 bulan, 17 hari.

Video Populer

Foto Populer