Sukses


Ada Wakil Israel pada World Beach Games 2023 di Bali, Menpora Dito Ariotedjo Perkuat Koordinasi dan Diplomasi

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru, Dito Ariotedjo, langsung dihadapkan pada persoalan pelik selepas aktif menjadi menteri. Satu di antaranya adalah penyelenggaraan ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali.

Dito Ariotedjo melakukan serah terima jabatan di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (4/3/2023) siang WIB. Muhadjir Effendy selaku Plt Menpora menyerahkan mandat definitif kepada Dito.

Tugas berat sudah di depan mata. Selain persiapan SEA Games 2023, Dito juga harus memastikan ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali bisa terselenggara tanpa hambatan.

Sebabnya, pada ANOC World Beach Games 2023 di Bali akan ada wakil Israel. Menpora Dito tentu tidak ingin insiden batalnya Piala Dunia U-20 kembali terulang.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kedepankan Koordinasi dan Diplomasi

Menpora Dito Ariotedjo berjanji akan optimal mencari solusi terbaik. Menurutnya, penting untuk mengedepankan komunikasi melalui diplomasi dan koordinasi.

"Saya sepakat dengan Pak Presiden, bahwa politik dan olahraga tidak bisa dicampur aduk. Jadi berkaca pada pengalaman Piala Dunia U-20, saya sebagai Menpora akan mengedepankan komunikasi, dan saya akan menghubungkan seluruh stakeholder agar ada titik temunya,” kata Dito.

"Saya akan perkuat diplomasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar semua bisa berjalan dengan baik," katanya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Okto Terus Komunikasi

Sementara itu, Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, juga pada acara serah terima jabatan Menpora, menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan komunikasi. Sama seperti Dito, ia ingin ada pemisah antara olahraga dengan politik.

"Setiap hari kita komunikasi, apapun hasilnya pasti saya sampaikan. Kita tetap mencarikan solusi. Lagipula baik itu ANOC, FIFA, dan IOC itu sayang sama Indonesia," kata Okto.

"Saya tetap stick ke olahraga, sebab koridor politik itu terjemahannya bisa beragam. Prestasi kita belum bagus dan tantangannya banyak. Kita punya keinginan terus ke atas apalagi ingin jadi tuan rumah Olimpiade," ujarnya menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

Kapan ANOC World Beach Games 2023 Digelar?

ANOC World Beach Games 2023 digelar di Bali pada 5-12 Agustus 2023. Hingga berita ini turun, terkonfirmasi ada 1.584 atlet dari berbagai negara yang akan mengikuti event tersebut.

Israel jadi satu di antara negara yang mengirimkan kontingennya ke Indonesia setelah lolos Kualifikasi Open Water Swimming 5KM Putri dan Beach Basketball 3x3 Putra.

Video Populer

Foto Populer