Sukses


SEA Games 2023: Persiapan Mepet, Timnas Basket 3x3 Tetap Ingin Bawa Pulang Medali Emas

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Basket 3x3 Indonesia, Fandi Andika Ramadhani, berjanji memberikan yang maksimal untuk menggondol emas pada SEA Games 2023 di Kamboja meski persiapan timnya terbilang mepet.

Pelatih yang karib disapa Rama ini mengakui semuanya serbamendadak. Oleh karena itu, langkah tercepat yang ia lakukan saat ini adalah penyesuaian.

"Memang cukup mendadak ya, saya diminta untuk menyiapkan seleksi, dari tanggal 6 sampai 19 April. Lalu mulai lagi tanggal 26 April," kata Rama kepada wartawan.

"Yang sekarang sedang dipersiapkan adalah mengubah mindset mereka karena kan semua pemain asalnya dari 5x5. Jadi harus adjustment cepat," ujarnya lagi.

 

2 dari 3 halaman

Kumpul Lagi setelah Lebaran

Masih dalam kesempatan yang sama, Fandi Andika Ramadhani menyatakan bahwa di sisa waktu yang ada, ia dan staf pelatih akan mengambil empat pemain yang akan dibawa ke SEA Games 2023 plus dua cadangan sebagai partner latihan.

Pelatnas Basket 3x3 akan break lebaran pada 19 April. Ketika kembali berkumpul pada 26 April, Rama sudah akan memiliki empat pemain hasil seleksi yang akan diberangkatkan ke Kamboja dan fokus mengasah kemampuan bertahan.

"Kalau evaluasi berdasarkan dari yang saya tonton adalah defence dan cara mainnya masih seperti basket 5x5. Mungkin karena baru lima kali latihan, jadi makanya adjustment itu yang harus kita ubah," kata Rama menambahkan.

"Tidak gampang karena sebenarnya mainnya sama tetapi cara memainkannya dengan benar itu yang harus segera di-adjust. Sudah tidak ada waktu lagi, mau enggak mau harus cepat."

 

3 dari 3 halaman

Bisa Kejar Tim Lain

Mengingat sudah tidak ada waktu untuk uji coba atau tryout, Rama berharap dari latihan intensif nanti Timnas Basket 3x3 bisa membawa pulang medali. Apalagi ia optimistis kualitas kontestan lain bisa dikejar.

"Saya maunya pulang dapat medali, enggak mungkin lah kita target enggak bawa medali. Cuma dengan waktu yang mepet kita maksimalkan apa yang ada."

"Thailand, Filipina, Malaysia saya rasa tidak banyak perubahan komposisi pemain, kalau ada juga 1-2 orang. Uji cobanya paling ya di Asia Cup kemarin."

"Kalau lihat Thailand, Malaysia, Singapura, saya yakin bisa kejar kualitas kita dengan mereka. Berdasarkan pengamatan saya juga mereka masih mainnya seperti 5x5."

Video Populer

Foto Populer