Sukses


Piala Sudirman 2023: Kevin / Marcus Turun Gunung, PBSI Panggil Dejan / Gloria

Bola.com, Jakarta - Tim bulutangkis Indonesia siap berjuang demi kejayaan Merah-Putih di Kejuaraan Piala Sudirman 2023. Diperkuat pemain terbaik di sektor masing-masing, termasuk kembalinya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, tim bulutangkis Indonesia siap membawa pulang lambang supremasi bulutangkis beregu campuran itu.

PBSI memanggil 11 pebulutangkis putra dan 9 pebulutangkis putri yang akan beraksi di Piala Sudirman 2023. Bahkan ada pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang sebenarnya tidak dalam binaan pelatnas Cipayung saat ini.

"Dengan diperkuat para pemain terbaik di masing-masing sektor, kami optimistis tim bulutangkis Indoensia akan mampu berbicara banyak dan memboyong Piala Sudirman yang sudah begitu lama kita nantikan bersama," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.

Piala Sudirman 2023 bakal berlangsung di Suzhou, China, pada 14 hingga 21 Mei 2023. Dalam sejarahnya, Indonesia baru satu kali meraih juar Piala Sudirman, yaitu saat berlangsung di Jakarta pada 1989.

2 dari 5 halaman

Kekuatan Terbaik untuk Bawa Pulang Trofi Piala Sudirman

Penantian panjang lebih dari 3 dekade tanpa gelar Piala Sudirman membuat PBSI punya ambisi besar memboyong pulang trofi juara pada edisi kali ini. Hal itu yang membuat PBSI menyertakan skuad terbaik menuju Suzhou, China.

"Kami bertekad ingin menjadi juara dan memboyong kembali Piala Sudirman yang pertama dan terakhir direbut Indonesia pada 1989. Kami harus ke China dengan kekuatan terbaik dan terkuat yang kami miliki," tegas Rionny.

Demi memuluskan target itulah PBSI memanggil ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang sebenarnya bukan binaan Pelatnas Cipayung saat ini. Performa menjanjikan pasangan ini membuatnya pantas masuk ke tim Indonesia di Piala Sudirman 2023.

"Ini membawa nama Indonesia. Siapa pun pemain yang memiliki performa teraik, layak masuk tim. Meski Dejan/Gloria tidak dibina di pelatnas Cipayung, melihat prestasi dan performanya selama ini, mereka sangat layak dipanggil dan masuk memperkuat tim Indonesia di Piala Sudirman 2023," tegas Rionny.

3 dari 5 halaman

Kekuatan Terbaik dari Pelatnas PBSI

Selain Dejan/Gloria, nama pemain lain yang memperkuat tim Indonesia di Piala Sudirman 2023 adalah penghuni Pelatnas Cipayung.

Ada Wnthony Ginting dan Jonatan Christie di tunggal putra dan Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani di tunggal putri.

Untuk ganda putra, ada tiga pasangan yang berangkat, yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Sementara di ganda putri ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari. Untuk ganda campuran, selain Dejan/Gloria ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah.

"Inilah para pemain yang siap membela nama Indonesia di perebutan Piala Sudirman 2023. Kami membawa amunisi pemain yang begitu merata di semua sektor. Dengan kekuatan terbaik yang kami miliki, Indonesia tentu siap menghadapi semua lawan," tugas Rionny.

"Kami memohon doa dan dukungan masyarakat Indonesia agar tim bulutangkis Indonesia bisa diberikan kelancaran, kesehatan, kemudahan, dan kemenangan di Piala Sudirman 2023 ini," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2023

Putra:

  1. Anthony Sinisuka Ginting
  2. Jonatan Christie
  3. Fajar Alfian
  4. Muhammad Rian Ardianto
  5. Marcus Fernaldi Gideon
  6. Kevin Sanjaya Sukamuljo
  7. Leo Rolly Carnando
  8. Daniel Marthin
  9. Rinov Rivaldy
  10. Adnan Maulana
  11. Dejan Ferdinansyah

Putri:

  1. Gregoria Mariska Tunjung
  2. Putri Kusuma Wardani
  3. Apriyani Rahayu
  4. Siti Fadia Silva Ramadhanti
  5. Ribka Sugiarto
  6. Lanny Tria Mayasari
  7. Pitha Haningtyas Mentari
  8. Nita Violina Marwah
  9. Gloria Emanuelle Widjaja

 

5 dari 5 halaman

Sebaran Pebulutangkis Indonesia di 5 Sektor untuk Piala Sudirman 2023

Tunggal Putra:

  1. Anthony Sinisuka Ginting
  2. Jonatan Christie

Tunggal Putri:

  1. Gregoria Mariska Tunjung
  2. Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra:

  1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
  2. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
  3. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri:

  1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
  2. Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari

Ganda Campuran

  1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
  2. Adnan Maulana/Nita Violina Marwah
  3. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Video Populer

Foto Populer