Sukses


Simak! Ini Dia Rekomendasi Olahraga yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, salah satunya dengan melakukan olahraga. Berolahraga secara rutin memang mampu membuat berat badan turun dengan efektif. Apalagi bila kamu memiliki jenis olahraga yang tepat dan mampu membakar kalori yang tertimbun di dalam tubuh.

Berbicara soal olahraga, ternyata jenisnya pun bermacam-macam. Akan tetapi, jenis olahraga seperti apa yang harus dilakukan supaya bentuk badan bisa normal kembali dan beratnya bisa semakin berkurang. Apabila kamu masih memiliki kebingungan terkait hal ini, maka rekomendasi seperti berikut bisa banget dijadikan sebagai pilihan. Apa saja itu? 

1. Berenang

Rekomendasi olahraga pertama yang patut dicoba agar berat badan turun adalah berenang. Ketika berenang, hampir seluruh bagian tubuh juga ikut bergerak. Gaya berenang seperti kupu-kupu, dada, dan gaya bebas dapat dicoba untuk mempercepat pembakaran kalori. Bahkan menurut WorldHealth, olahraga berenang yang dilakukan selama 30 menit dapat membakar 367 hingga 404 kalori dengan beberapa gerakan tersebut. 

2. Zumba 

Zumba menjadi olahraga selanjutnya yang bisa dicoba. Jenis olahraga ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan. Pasalnya, zumba sendiri merupakan olahraga yang bisa dilakukan secara berkelompok sambil diiringi dengan musik up beat. Dengan melakukan zumba, kamu dapat membakar rata-rata sebesar 400 hingga 800 kalori.

3. Bersepeda

Santai namun sangat ampuh dalam menurunkan berat badan serta membuatnya bertambah sehat. Inilah mengapa banyak orang yang memilih bersepeda sebagai olahraga favorit. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa dengan rajin bersepeda, tingkat kebugaran seseorang bisa meningkat, sensitivitas insulin juga meningkat, serta mampu menurunkan risiko penyakit mematikan pada tubuh. Di sisi lain, bersepeda secara rutin juga bermanfaat menurunkan 210 kalori hingga 441 kalori dengan durasi 30 menit.

4. Jogging

Jenis olahraga berikutnya yang efektif dalam menurunkan berat badan adalah jogging. Sama seperti bersepeda, olahraga ini bisa dilakukan dengan cara yang seru namun tetap santai. Dengan jogging selama 30 menit saja, kalori yang ada di dalam tubuh bisa terbakar sekitar 300-370 kalori, tergantung intensitas kecepatan kamu melakukannya. Yang bikin menarik lagi, jogging ini nggak memerlukan alat apapun saat melakukannya. Sehingga, yang perlu dipersiapkan adalah nggak lain dan nggak bukan dirimu saja.

Nah, itulah kira-kira 4 jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Apapun jenis olahraga yang dipilih, tetap selalu pertimbangkan intensitas dan durasinya, ya. Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh biar terhindar dari dehidrasi. Sebab, setiap selesai melakukan olahraga, kadar air di dalam tubuh akan berkurang dan perlu untuk diisi kembali. Karena itulah, kamu bisa mengandalkan minuman isotonik yang bantu mengembalikan cairan dalam tubuh. 

Video Populer

Foto Populer