Sukses


Jerawat Sering Muncul Pada Wajah? Ketahui 4 Penyebab Utamanya

Bola.com, Jakarta Munculnya jerawat ternyata nggak memandang gender. Sebab, bukan hanya kaum perempuan saja yang bisa mengalaminya, melainkan juga para pria. Biasanya para pria akan sering mengalami jerawat di masa pubertas mereka akibat hasil dari perubahan hormon. Nggak jarang pula, jerawat yang muncul ini bisa berjumlah banyak dan sulit untuk dihilangkan. 

Umumnya, kondisi wajah dengan jerawat yang membandel tersebut akan semakin membaik seiring bertambahnya usia seorang pria. Akan tetapi, bukan berarti pria dewasa juga nggak akan terkena masalah jerawat pada wajah, ya. 

Jerawat pada wajah pria dewasa bisa timbul karena berbagai macam faktor penyebab. Ada yang karena pola hidup kurang sehat, kondisi lingkungan sekitar, hingga hormon yang nggak stabil. Untuk lebih lengkapnya, berikut 4 penyebab munculnya jerawat pada wajah pria yang jarang disadari.

1. Stress

Aktivitas yang semakin padat, ditambah lagi dengan deadline yang menumpuk tentu bikin siapapun menjadi stress. Di saat sedang stress, kelenjar adrenal di dalam tubuh akan menghasilkan hormon kortisol atau hormon stres. Hormon inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab terjadinya jerawat pada wajah para pria. Oleh karena itu, di kala stress sedang melanda, sebisa mungkin untuk mengambil waktu sejenak agar pikiran kembali tenang dan damai.

2. Jarang Membersihkan Wajah

Setelah melakukan banyak kegiatan selama seharian penuh, wajah sudah pasti akan kotor karena terkena debu dan partikel-partikel halus lainnya. Untuk itulah, mencuci wajah dengan sabun cuci wajah harus rutin dilakukan setidaknya 2 kali dalam sehari. Sebab, wajah yang kurang bersih dapat menimbulkan permasalahan kulit, termasuk pula jerawat.

Dalam memilih sabun cuci wajah yang baik dan bisa mengatasi jerawat pun juga nggak bisa asal-asalan. Untuk itu, gunakan produk sabun cuci wajah yang bisa mengangkat segala kotoran dan minyak berlebih. Pembersih wajah yang seperti ini biasanya juga diformulasikan menggunakan bahan-bahan pilihan, seperti Salicylic Acid yang melawan kuman penyebab jerawat dengan cepat. Menariknya lagi, kandungan ini merupakan zat asam yang ampuh dalam membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

3. Sering Mengonsumsi Makanan Manis

Pola makan yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari juga patut diperhatikan, nih. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis ternyata juga bisa menyebabkan masalah jerawat yang mengganggu. Kandungan gula yang terdapat di dalam makanan manis sebenarnya mampu meningkatkan kadar insulin dan produksi minyak berlebihan. Ketika sudah begitu, biasanya wajah akan dengan mudah terkena jerawat dan berbagai permasalahan kulit yang lainnya.

4. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Sering terkena paparan sinar matahari merupakan hal yang sudah biasa bagi para pria. Namun, siapa yang menyangka jika sinar matahari yang mengenai wajah bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya jerawat. Yup, sinar matahari dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebihan. Dengan adanya kondisi ini pula, jerawat yang timbul pun akan bisa bertambah parah jika nggak ditangani dengan cepat.

Begitulah kira-kira penyebab utama terjadinya jerawat pada wajah pria. Yuk, biasakan menjalani pola hidup yang sehat mulai sekarang dan jangan lupakan pula produk perawatan untuk kulit wajahmu, ya. 

Video Populer

Foto Populer