Sukses


Bawa Skuad Terbaik di Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2023, Rionny Mainaky Optimistis Indonesia Rebut Juara Grup

Bola.com, Yogyakarta - Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2023 akan digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta, pada 7-16 Juli 2023. Tim bulutangkis junior Indonesia beregu campuran tergabung di Grup A bersama China dan Vietnam.

Mereka akan bertanding lebih dulu pada 7-11 Juli mendatang. Sedangkan skuad nomor perorangan bakal berlaga di ajang Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2023 pada 12-16 Juli di tempat yang sama.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, Tim Merah-Putih berada di grup yang tak mudah. Meski berat, dia berharap Garuda Muda bisa menunjukkan permainan terbaik. Merebut juara grup untuk memuluskan langkah menjadi yang terbaik di kejuaraan nanti.

"Semoga Indonesia mampu menjadi juara grup untuk memuluskan langkah menjadi juara," ujar Rionny Mainaky.

"Kami menyiapkan delapan atlet putra dan delapan atlet putri untuk berlaga di Kejuaraan Asia Junior 2023 nomor beregu campuran. Kondisi mereka sudah siap bertanding," sambungnya.

2 dari 4 halaman

Persiapan Maksimal

Lantas, bagaimana persiapan tim sejauh ini?

"Saya lihat persiapan sudah maksimal, baik secara fisik, mental dan semuanya. Dari komposisi pemain seperti Alwi (Farhan), Ruzana dan Mutiara (Ayu Puspitasari) sudah sering turun di level senior dan bisa bersaing," katanya.

"Saya harap mereka bisa memperkuat tim dan menjadi motivator untuk menjadi juara grup lalu nanti lanjut. China cukup berat tapi saya yakin anak-anak punya kemampuan," lanjut Rionny.

Pria kelahiran Ternate, Maluku Utara itu berpesan agar skuad Garuda Muda mewaspadai semua calon lawan. Tidak hanya berfokus pada kekuatan besar seperti China, Jepang, atau Korea saja, melainkan seluruh negara peserta.

"Kami tidak boleh hanya fokus pada lawan-lawan seperti China, Jepang atau Korea tapi ada Chinese Taipei, Thailand, dan Malaysia yang berpotensi mengejutkan," ucap Rionny.

"Mereka pemain-pemain muda yang punya ambisi besar. Jadi harus kita antisipasi dan jangan anggap remeh," imbuh pria berusia 58 tahun itu.

3 dari 4 halaman

Berikan yang Terbaik

Salah satu pebulutangkis muda Indonesia Alwi Farhan menyatakan, secara keseluruhan persiapan menuju Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2023 berjalan lancar. Selama persiapan, Alwi lebih fokus menaikkan mental untuk menghadapi nomor beregu campuran.

"Alhamdulillah sejauh ini persiapannya baik teknik maupun fisik berjalan lancar. Saya juga lebih menyiapkan pada faktor mental dan pikiran karena beregu ini berbeda dengan perorangan," papar Alwi.

"Apalagi kami bakal bermain sebagai tuan rumah jadi istilahnya kami harus punya semangat pantang menyerah, tidak mau kalah, selain menampilkan yang terbaik dan semoga bisa menjadi juara," pungkas atlet berusia 18 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup dan Komposisi Skuad Indonesia

Pembagian Grup Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2023

  • Grup A: Indonesia, China, Vietnam
  • Grup B: Jepang, Chinese Taipei, Singapura, Filipina
  • Grup C: Malaysia, India, Bangladesh, Hong Kong China
  • Grup D: Thailand, Korea, Uni Emirat Arab

Skuad Beregu Campuran Indonesia Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2023

Putra:

  1.  Alwi Farhan
  2. Muhammad Reza Al Fajri
  3. Nikolaus Joaquin
  4. Muhammad Al Farizi
  5. Dexter Farrell
  6. Wahyu Agung Prasetyo
  7. Adrian Pratama
  8. Jonathan Farrell Gosal

Putri:

  1. Mutiara Ayu Puspitasari
  2. Ruzana
  3. Anisanaya Kamila
  4. Az Zahra Ditya Ramadhani
  5. Maulida Aprilia Putri
  6. Meisa Rizka Fitria
  7. Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu
  8. Priskila Venus Elsadai

Video Populer

Foto Populer