Sukses


Macam-Macam Penyebab Sering Punya Pikiran untuk Menyakiti Orang Lain

Bola.com, Jakarta - Menyakiti orang lain bagi sebagian orang kerap kali menimbulkan sensasi kegembiraan.

Orang-orang tersebut cenderung menikmati adegan film yang berdarah-darah dan menganggap perkelahian atau pertikaian sebagai hal menarik.

Akan tetapi, keinginan untuk menyakiti orang lain belum tentu berkaitan dengan gangguan psikologis. Pasalnya, keinginan untuk melakukan agresi bisa jadi karena perasaan yang dipendam.

Perasaan marah atau kecewa yang dipendam diibaratkan seperti bom waktu. Saat "meledak", orang tersebut akan melakukan perilaku yang umumnya berujung negatif.

Agar lebih paham lagi, berikut macam-macam penyebab seseorang dengan mudah menyakiti orang lain, disadur dari Klikdokter, Rabu (5/7/2023).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Penyebab Sering Punya Pikiran untuk Menyakiti Orang Lain

1. Memiliki Empati yang Rendah

Beberapa orang memiliki empati yang rendah terhadap orang lain. Mereka mengalami kesulitan untuk mengerti perspektif dari sudut pandang orang lain.

Itulah mengapa mereka sering berperilaku tanpa memikirkan perasaan orang lain terlebih dahulu.

Dengan kata lain, orang yang suka menyakiti orang lain mungkin tidak menyadari tingkah lakunya. Sebab, hal yang kamu anggap sebagai perbuatan menyakiti belum tentu dianggap demikian oleh orang tersebut.

2. Tidak Menyukai Dirinya Sendiri

Ketika orang tidak menyukai dirinya sendiri, mereka cenderung memproyeksikan perasaan tersebut kepada orang lain. Terutama jika dipengaruhi perilaku kasar yang mereka alami di masa lalu.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Penyebab Sering Punya Pikiran untuk Menyakiti Orang Lain

3.Tingkat Percaya Diri yang Rendah

Seseorang dengan rasa percaya diri yang rendah akan mencoba menutupi hal tersebut dengan menjatuhkan orang lain. Sebab, ia merasa bahwa membuat orang lain terluka adalah cara terbaik untuk membuatnya kembali percaya diri.

4.Perasaan Senang Melihat Orang Lain Terluka

Tidak sedikit individu yang sengaja menyakiti orang di sekitarnya untuk mendapatkan perasaan senang.

Rasa ingin melukai orang lain ini bisa menjadi bentuk dari ketidaksukaan orang tersebut terhadap dirinya, atau karena bentuk trauma yang dimiliki.

5.Mereka Melihat Kamu Sebagai Orang yang Lemah

Ketakmampuan mengontrol agresi ditambah adanya peluang dapat membuat orang lain mudah menyakiti kamu. Dengan kata lain, orang-orang memandangmu sebagai sosok yang lemah sehingga dapat mudah disakiti.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 2/2/2023)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer