Sukses


Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIBA 2023: Tersanjung Menjamu Juara Bertahan dan Para Pemain NBA

Bola.com, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 untuk Grup G, Grup H, Grup L, dan Grup P pada 25 Agustus-10 September 2023.

Delapan negara bakal bermain di Indonesia dalam Piala Dunia FIBA 2023. kedelapannya ialah juara bertahan Spanyol, tim peringkat ketiga sebelumnya, Prancis, Canada, Brasil, Iran, Pantai Gading, Latvia, dan Lebanon.

Spanyol tergabung di Grup G bersama Iran, Pantai Gading, dan Brasil. Sementara Prancis di Grup H dengan Kanada, Latvia, dan Lebanon.

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) baru saja menggelar jamuan terhadap lima dari delapan negara itu yang diwakili oleh Kedutaan Besarnya (Dubes) untuk Indonesia.

2 dari 5 halaman

Pertemuan dengan Perwakilan Peserta

Piala Dunia FIBA 2023 bakal berlangsung di Indonesia Arena, stadion indoor terbesar yang berkapasitas 16 ribu di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

Kelima perwakilan itu ialah Dubes Spanyol, Francisco Aguilera Aranda, Charge d'Affaires Kedutaan Lebanon, Vazken Kavlakian, Charge d'Affaires Kedutaan Iran, Mahdi Rounagh, Deputy Chief of Mission Kedutaan Brasil, Lindolpho Cademartori, dan Charge d'Affaires Kedutaan Kanada, Mark Strasser.

Pertemuan itu dihadiri oleh FIFA Board Member, Erick Thohir, local ambassador Piala Dunia FIBA 2023, Raffi Ahmad, Joint Management Committee (JMC) Piala Dunia FIBA 2023, Cahyadi Wanda, hingga Wasekjen Perbasi, Rufiana.

3 dari 5 halaman

Spanyol Bermain di Indonesia

"Sebulan lagi, Indonesia akan menjadi sorotan dunia karena menggelar Piala Dunia FIBA 2023. Kita mempunyai stadion indoor yang baru dan megah," ujar Erick Thohir.

"Juara bertahan, sekaligus peringkat pertama bola basket dunia, Spanyol, tampil di sini. Artinya, kita harus siap pula menjadi tuan rumah yang baik dan sukses sehingga kejuaraan inu makin melambungkan nama Indonesia."

"Saya menangkap antusiasme tinggi dari perwakilan negara-negara sahabat. Mereka juga tidak sabar dan siap meramaikan Indonesia Arena saat negaranya bertanding."

"Sebab bagaimana pun, Piala Dunia FIBA 2023 ini kejuaraan empat tahunan yang levelnya serupa dengan Olimpiade," papar Erick Thohir.

4 dari 5 halaman

Tuan Rumah Bersama

Indonesia menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia FIBA 2023 bersama Filipina dan Jepang yang menyelenggarakan grup lain. Banyak pemain NBA yang bakal manggung di sini.

"Ini kesempatan langka. Meski kita menjadi tuan rumah bersama dengan Jepang dan Filipina, tapi momen menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 belum tentu datang dalam 10-20 tahun lagi," ucap Erick Thohir.

"Serupa seperti saat kita menjadi tuan rumah Asian Games 2018 atau nanti saat menggelar Piala Dunia U-17 2923. Ini kesempatan kita menunjukkan kemajuan Indonesia di mata internasional," ungkap pria yang juga Ketua PSSI ini.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain NBA di FIBA World Cup 2023 Jakarta

Grup G

Brazil: Raul Neto (Cleveland Cavaliers)

Pantai Gading: -

Iran: -

Spanyol: Ricky Rubio (Cleveland Cavaliers), Santi Aldama (Memphis Grizzlies), Usman Garuba (Atlanta Hawks)

Grup H

Kanada: Jamal Murray (Denver Nuggets), Shai Gilgeous-Alexander (Oklahoma City Thunder), RJ Barrett (New York Knicks), Dillon Brooks (Houston Rockets), Lu Dort (Oklahoma City Thunder), Nickeil Alexander-Walker (Minnesota Timberwolves), Kelly Olynyk (Utah Jazz), Dwight Powell (Dallas Mavericks), Oshae Brissett (Boston Celtics), Cory Joseph (Golden State Warriors)

Prancis: Frank Ntilikina (Terakhir, Dallas Mavericks), Nicolas Batum (Los Angeles Clippers), Evan Fournier (New York Knicks), Rudy Gobert (Minnesota Timberwolves)

Latvia: Kristaps Porzingis (Boston Celtics), Davis Bertans (Oklahoma City Thunder)

Lebanon: -

Video Populer

Foto Populer