Sukses


FPTI Targetkan 4 Atlet untuk Berlaga di Olimpiade Paris 2024, Realistis Enggak Nih?

Bola.com, Jakarta - Sudah ada satu atlet panjat tebing yang dipastikan akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Sosok yang dimaksud adalah Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) tampaknya masih belum puas dengan satu tiket itu. Hal itu diungkapkan oleh sang ketua umum, Yenny Wahid.

Putri dari presiden keempat Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid itu menargetkan ada tiga tiket lain dari panjat tebing yang bisa diamankan untuk Olimpiade Paris 2024.

Yenny Wahid merasa target itu sangat realistis untuk bisa digapai. Sebab, Indonesia memiliki cukup banyak atlet panjat tebing yang memiliki potensi besar.

"Itu target realistis, karena memang kami sudah hitung probabilitasnya. Prediksinya sudah kami hitung beserta pesaing yang bakal lolos siapa saja," ujar Yenny ketika ditemui di kantor Kemenpora RI, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

2 dari 3 halaman

Nama-Nama Menterang

Indonesia memang menjadi jagoan baru di cabang olahraga Panjat Tebing. Asian Games 2018 dan beragam kejuaraan dunia sudah menjadi arena oembuktian bagi atlet-atlet Indonesia.

Yenny Wahid sadar betul hal itu. Ia berharap para atlet Indonesia bisa tampil konsisten agar bisa mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris 2024.

"Kebetulan kalau si unggulan kita berharapnya lolos di kualifikasi pertama tapi ternyata belum, unggulannya contohnya Vreddriq Leonardo dan Irumal, dan Rahmat Alkatidin," Yenny menuturkan. 

"Untuk di putri sendiri ada Alexandra Rubinska yang pesaing terkuat, dia punya potensi amat besar untuk dapat emas Olimpiade Paris, yang kedua baru Desak," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Mimpi yang Terwujud

Sementara itu Desak Made Rita menyatakan dirinya sudah lama bermimpi bisa bermain di Olimpiade. Harapannya akan segera terwujud.

Atlet asal Bali berusia 22 tahun itu pun berharap semakin banyak atlet Indonesia yang bisa berlaga di Olimpiade Paris 2024. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan peluang Indonesia mendapatkan medali pada ajang itu.

“Saat masuk pelatnas pada 2020, disitu saya punya mimpi main di Olimpiade Paris. Mimpi itu terwujud dan saya sangat bersyukur bisa meraih tiket untuk main di Olimpiade nantinya. Semoga teman-teman atlet lainnya bisa menyusul,” tandasnya.

 

Video Populer

Foto Populer