Sukses


Lebih dari 13 Ribu Peserta Bakal Meriahkan Maybank Marathon 2023 di Bali

Bola.com, Jakarta - Sekitar 13.600 peserta akan menyemarakkan kegiatan Maybank Marathon 2023 yang dipusatkan di Bali, Minggu (27/8/2023). Kegiatan kali ini merupakan edisi ke-12 penyelenggaraan Maybank Marathon.

Dari jumlah peserta yang terdaftar akan dibagi dalam tiga kategori yaitu, Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km) dan 10K. Jumlah peserta Maybank Marathon tahun ini mengalami peningkatan sebesar 37 persen dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu.

Peserta Maybank Marathon 2023 didominasi tuan rumah Indonesia disusul peserta dari Malaysia, Jepang, Singapura, Australia, Inggris, dan negara lainnya. Selain itu, akan ada kategori children sprint dan wheelchair pada edisi Maybank Marathon 2023.

“Kami menyambut positif antusiasme para peserta lari di Maybank Marathon 2023, dan sangat terkesan dengan peningkatan jumlah peserta pada semua kategori tahun ini. Peningkatan ini bahkan yang tertinggi sepanjang penyelenggaraan Maybank Marathon sejak pertama kali diselenggarakan pada 2012,” terang Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria.

2 dari 4 halaman

Peduli Olahraga Atletik

Taswin menegaskan, Maybank Marathon merupakan ajang lomba lari yang terus berevolusi hingga menjadi bagian dari jaringan ‘Elite’ label road race oleh World Athletics.

Ajang ini praktis dapat diikuti oleh pegiat lari maupun masyarakat dengan kesiapan fisik yang prima untuk mencetak personal best atau menjadikan Maybank Marathon sebagai wadah untuk merealisasikan aspirasi dalam mencapai jenjang yang lebih tinggi di bidang olahraga lari ke depannya.

Terlebih lagi total hadiah yang disediakan untuk Maybank Marathon 2023 mencapai lebih dari Rp2,7 miliar untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor.

“Peningkatan jumlah peserta ini juga mencerminkan respons masyarakat yang semakin positif terhadap olah raga atletik, khususnya marathon, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat melalui olahraga lari,” tutur Taswin.

3 dari 4 halaman

Sister Marathon

Adapun yang membedakan pada penyelenggaraan Maybank Marathon tahun ini ialah terjalinnya kerja sama sister marathon dengan Bangsaen42 Chonburi Marathon di Thailand.

Di tahun pertama kerja sama ini, Maybank Indonesia akan memberikan slot lari gratis bagi total 40 finishers Maybank Marathon 2023 kategori Marathon Open, Marathon Nasional, dan Marathon Master yang berhasil mencatatkan waktu terbaik untuk mengikuti lomba kategori Marathon (42,195 km) di Bangsaen42 Chonburi Marathon pada bulan November 2023.

Demikian juga, total 40 pelari Bangsaen42 Chonburi Marathon berkesempatan untuk berlomba di ajang Maybank Marathon 2024.

Menjelang diselenggarakannya Maybank Marathon 2023, tim panitia telah melakukan serangkaian persiapan di antaranya, mengundang atlet lari elit internasional sebagai salah satu syarat yang ditetapkan World Athletics terhadap ajang ‘Elite’ label.

Sesuai rencana, Maybank Marathon 2023 akan melibatkan 12 atlet elit internasional. Selain itu, panitia juga telah melakukan inspeksi terhadap seluruh rute lintasan Maybank Marathon 2023 dan berkoordinasi dengan Pemerintah serta aparat keamanan Provinsi Bali.

“Faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta lari adalah prioritas kami di setiap penyelenggaraan Maybank Marathon. Sejak penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 diumumkan pada Januari lalu, panitia telah melakukan serangkaian persiapan yang meliputi pengecekan rute lari agar tetap dalam kondisi prima dan memenuhi standar serta sertifikasi yang ditetapkan World Athletics,” beber Project Director Maybank Marathon, Widya Permana.

4 dari 4 halaman

Road to Maybank Marathon

Widya melanjutkan, pada 13 Agustus lalu, program pelatihan Road to Maybank Marathon telah selesai dilaksanakan secara serentak di enam kota yakni, Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Denpasar. Road to Maybank Marathon telah dimulai sejak 14 Mei lalu dan diikuti oleh lebih dari 5.000 peserta komunitas lari dari kota-kota tersebut.

Pelatihan yang dilakukan meliputi sesi lari jarak dekat hingga jarak jauh (long run), strength training, running clinic, edukasi terkait asupan nutrisi dan waktu istirahat, dipandu oleh coach yang berpengalaman di bidang sport recovery & mobility. Pelatihan ini merupakan bagian dari penerapan aspek keselamatan, khususnya kesiapan fisik pelari untuk mengikuti lomba.

Tahun ini, Maybank Marathon akan mengerahkan 45 pacer berbekal keterampilan dalam penanganan First Aid Emergency CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), 850 marshall dan sekitar 180 staf paramedis. Di samping itu, terdapat 30 unit ambulans terdiri dari 12 mobil ambulans, 17 sepeda motor ambulans dan satu mobil ambulans berstandar Instalasi Gawat Darurat di sepanjang rute lari.

Sebelum lomba lari Maybank Marathon 2023 diselenggarakan para peserta dapat mengambil race pack atau Race Pack Collection (RPC) pada 25-26 Agustus 2023 di Taman Bhagawan, Tanjung Benoa, Bali.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan mendukung penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 di Bali pada akhir Agustus mendatang. Peran dan dukungan ini merupakan wujud kepedulian kita bersama dalam mendukung proses pemulihan industri pariwisata, khususnya sport tourism di Indonesia, dan terhadap perkembangan industri olah raga atletik di Tanah Air,” tutup Taswin Zakaria.

Video Populer

Foto Populer