Sukses


SAC Indonesia 2023 Baru Dimulai, Kualifikasi Sumatra Sudah Pecah Rekor

Bola.com, Medan - Antusiasme para pelajar dan sekolah di Sumatra Utara dan beberapa provinsi lain di sekitarnya, dari Aceh hingga Lampung, terhadap Champion Student Athletics Championship (SAC) Indonesia 2023 luar biasa. Ada 6.023 pelajar yang mengikuti babak kualifikasi SAC Indonesia 2023.

Jumlah 6.023 pelajar tersebut didapatkan dari 350 sekolah, yang mayoritas berada di Sumatra Utara, yang memberikan kesempatan kepada anak didiknya untuk bisa berprestasi melalui jalur atletik. Berlangsung di Stadion Unimed Medan, mulai Jumat (1/9/2023) hingga Minggu (3/9/2023), SAC Indonesia 2023 kualifikasi Sumatra ini sukses memecahkan rekor.

Meski berstatus sebagai kualifikasi pembuka dalam rangkaian SAC Indonesia 2023, jumlah 6.023 pelajar langsung menjadi rekor terbaru dalam hal jumlah peserta terbanyak.

Hal itu dibandingkan dengan rangkaian SAC Indonesia 2022 yang menjadi musim pertama digelarnya kompetisi atletik antarpelajar itu, di mana rekor sebelumnya dipegang Kualifikasi Jawa Timur SAC Indonesia 2022 dengan 5.154 peserta.

Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, yang membuka gelaran SAC Indonesia 2023 kualifikasi Sumatra, Jumat (1/9/2023), takjub dengan begitu besar animo para pelajar yang ambil bagian dalam kompetisi ini.

"Saya tidak mengira akan sebanyak ini, bahkan pecah rekor. Pada era digital ini, mengajak anak-anak aktif bergerak itu susah, karena mereka sudha melekat dengan perangkat ponsel dan sebagainya," ujar Edy Rahmayadi saat membuka kompetisi atletik antarpelajar yang diinisiasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia itu.

 

 

2 dari 4 halaman

Bisa Melahirkan Bibit Atlet Indonesia di Masa Depan

 

Edy Rahmayadi juga berharap kualifikasi Sumatra SAC Indonesia 2023 bisa melahirkan atlet-atlet masa depan yang membanggakan, bukan hanya untuk daerah, tetapi untuk Indonesia.

"Atletik ini ibu dari segala cabang olahraga. Jadi adanya kompetisi atletik yang masif seperti ini pasti berkontribusi besar," ujar mantan ketua umum PSSI ini.

Kualifikasi Sumatra SAC Indonesia 2023 ini menjadi yang pertama dari enam rangkaian total kualifikasi di seluruh Indonesia.

Nantinya akan digelar juga kualifikasi di Jawa Barat (Bandung), Jawa Tengah (Semarang), Jawa Timur (Surabaya), Bali dan Nusa Tenggara (Kupang), dan DKI Jakarta plus Banten (Jakarta).

 

 

3 dari 4 halaman

Respons untuk Antusiasme Besar Atlet Pelajar di Sumatra

 

Sementara itu CEO DBL Indonesia, Azrul Ananda, merasa begitu senang dengan antusiasme peserta di kualifikasi Sumatra yang tak hanya datang dari Medan, tetapi juga dari kota lain, bahkan dari provinsi lain.

Bahkan ia terkesan dengan cerita SMA 1 Bandar Lampung, yang berada di ujung selatan Sumatra, tetapi antusias untuk mengikuti kompetisi.

"Tentu harapan saya SAC ini bisa seperti DBL ke depannya, bisa berjalan di banyak kota dan banyak provinsi lagi, sehingga lebih dekat dengan adik-adik," harap Azrul Ananda.

Sementara itu, Ketua Pengprov PASI Sumatra Utara, David Luther Lubis, juga ikut takjub dengan animo peserta SAC Indonesia 2023 di kualifikasi Sumatra. Ia pun berharap ada regenerasi atlet atletik dari Sumatra, terutama Sumatra Utara.

"Mengingat Sumut pernah memiliki sprinter kelas dunia, yakni Pak Mardi Lestari, kami yakin ada potensi besar yang akan membawa nama Indonesia di kompetisi dunia dari kompetisi seperti ini," ujar David.

 

4 dari 4 halaman

Mempertandingkan 5 Event Utama

Sama seperti tahun musim perdana pada 2022, SAC Indonesia 2023 di Sumatera melombakan lima main event, terdiri dari lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lompat jauh (long jump), tolak peluru (shot put), dan lari estafet (relay).

Adapun nomor-nomor lomba bagi tingkat SD sederajat, antara lain Sprint 60m dan Relays 8x50m, untuk SMP sederajat antara lain Sprint 80m, Relays 5x80m, Middle Distance 800m, Long Jump dan Shot Put, dan yang terakhir untuk tingkat SMA sederajat antara lain Sprint 100m, Relays 4x100m, Middle Distance 1000m, Long Jump dan Shot Put.

SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat, dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship.

Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. Pada SAC Indonesia 2022, para pemenang tingkat nasional diberangkatkan ke Australia.

Video Populer

Foto Populer