Sukses


Mudah Dilakukan, 6 Jenis Olahraga Ini Bantu Mencapai Tinggi Badan yang Ideal

Bola.com, Jakarta Tinggi badan menjadi salah satu aspek fisik yang sering diperhatikan oleh banyak individu. Pasalnya, tinggi yang kurang ideal seringkali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. 

Selain aspek keturunan, terdapat juga faktor lain yang mempengaruhinya, salah satu kuncinya adalah olahraga. Setiap orang butuh untuk berolahraga demi menjaga kesehatan. Namun, aktivitas ini juga memiliki manfaat lain, seperti pertumbuhan yang optimal pada tubuh. Hal ini dapat terjadi karena olahraga mendorong pengembangan tulang, postur, dan hormon pertumbuhan. 

Kamu mendambakan tinggi yang lebih optimal? Tenang saja, karena terdapat berbagai jenis olahraga yang tidak hanya menyehatkan, tetapi dapat membantumu mencapai goals yang diinginkan. Berikut ini adalah enam jenis olahraga yang dapat merangsang pertumbuhan tulang dan meningkatkan postur tubuh.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Lompat Tali

Lompat tali sudah dikenal sebagai olahraga peninggi badan yang efektif. Tidak hanya menyenangkan, olahraga ini memiliki manfaat signifikan untuk meninggikan badan. Dikutip dari Health Shots, tinggi tubuh akan bertambah dan mendorong terbentuknya lempeng epifisis yang terdiri dari sel-sel pertumbuhan tulang. Selain itu, kepadatan mineral pada tulang juga ikut meningkat dengan merutinkan olahraga ini.

3 dari 7 halaman

2. Berenang

Berenang menjadi pilihan olahraga peninggi badan yang diminati. Jika diperhatikan, perenang dunia pasti memiliki postur tubuh yang tinggi, khususnya pada bagian atas. Hal itu dikarenakan berenang memberikan manfaat untuk memperkuat tulang belakang sehingga dapat memperoleh bentuk tubuh yang baik dan tinggi.

4 dari 7 halaman

3. Basket

Seperti yang diketahui, jenis olahraga ini memaksa kita untuk berlari dan melompat. Sehingga, banyak pergerakan yang terjadi pada bagian kaki. Dengan begitu, lempeng epifisis akan terstimulasi dan merangsang pertumbuhan tulang untuk mencapai tinggi maksimal. 

5 dari 7 halaman

4. Bersepeda

Selain meningkatkan stamina, bersepeda juga membantu meningkatkan tinggi badan. Ketika mengayuh sepeda, tubuh bagian bawah akan melakukan pergerakan yang ekstra. Dengan pergerakan tersebutlah, aliran darah pada lutut dan otot paha akan membantu merangsang pertumbuhan. 

6 dari 7 halaman

5. Bulu Tangkis

Dengan adanya pergerakan aktif melompat, bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang efektif untuk meninggikan badan. Olahraga yang bermanfaat meregangkan tulang belakang ini akan membuat tampilan tubuhmu jadi lebih ideal. Selain itu, bulu tangkis juga membantu memperkuat otot-otot tubuh, di mana hal ini menjadi komponen penting untuk mendukung postur yang sehat.

7 dari 7 halaman

6. Yoga

Beberapa gerakan yoga seperti tadasana, virkish asana, dan ustra asana terkenal untuk meninggikan badan. Selain menambah tinggi badan, gerakan ini juga diyakini dapat menyempurnakan postur tubuh. Di sisi lain, metode pernapasan dalam yoga cukup efektif untuk mengurangi stres serta meredakan ketegangan pada otot dan sendi. 

Merutinkan beberapa jenis olahraga di atas tentu akan menghasilkan efek positif pada kesehatan dan postur tubuh. Sebab, beberapa hal tersebut juga memiliki manfaat dalam meningkatkan peredaran darah dan merangsang hormon pertumbuhan. Setelah menjelajahi olahraga yang bermanfaat untuk meninggikan badan, kira-kira olahraga apa nih yang akan kamu coba untuk mencapai tinggi ideal?

 

Penulis: Nihel Rashiqa Rinaldo

Video Populer

Foto Populer