Sukses


Macam-Macam Makna Cincin di Setiap Jari

Bola.com, Jakarta - Pemakaian cincin pada jari seseorang kerap dilakukan sebagai bentuk fashionable atau aksesoris yang menunjang penampilan. Namun, untuk beberapa penggunaan cincin, seperti di jari manis dapat memberikan makna bahwa orang tersebut sudah menikah atau bertunangan.

Terkadang, pemakaian cincin disesuaikan dengan jari yang membuat si pemakai nyaman. Kejadian seperti ini biasanya karena faktor ketaksengajaan atau hanya memikirkan ukuran cincin yang pas pada lingkar jari.

Padahal, setiap jemari tangan memegang makna yang berbeda ketika kita menggunakan cincin. Makna-makna yang disampaikan dari penggunaan cincin di jari tangan tertentu ini juga mengirimkan pesan terhadap orang yang melihatnya.

Berdasarkan kepercayaan Yunani, selain posisi cincin diletakkan dan bahan cincin, sering kali batu yang dipegang oleh cincin juga dapat membawa keberuntungan.

Berikut macam-macam makna dari pemakaian cincin berdasarkan jari, dikutip dari laman Adellejewellery dan semar.co.id, Sabtu (16/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Makna Cincin di Setiap Jari

Cincin di Jari Manis

Penggunaan cincin di jari manis biasanya menandakan seseorang yang sudah menikah atau bertunangan. Budaya ini diterapkan di banyak negara Asia Timur, Inggris, dan Amerika Serikat.

Banyak yang menganggap jika jari manis merupakan simbol ikatan janji juga cinta sejati. Namun, apakah boleh seorang wanita yang belum menikah menggunakan cincin di jari manis?

Tentu saja boleh karena arti cincin di jari manis tidak hanya sebagai simbol komitmen dan cinta, tetapi juga menandakan kreativitas dan kecantikan.

Cincin di Jari Telunjuk

Mitologi Yunani menyebutkan arti cincin di jari telunjuk menandakan tanggung jawab dan kesimbangan. Kamu bisa mengenakan cincin di jari telunjuk untuk menegaskan makna ini.

Selain itu, penempatan ini bisa kamu terapkan jika ingin menampilkan model cincin yang mencolok dan berdesain unik. Dengan begitu, perhiasanmu dapat menarik perhatian banyak orang sebagai fashion statement yang nyentrik.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Makna Cincin di Setiap Jari

Cincin di Jari Kelingking

Pada abad 19 hingga awal abad 20-an, kaum pria memakai cincin di jari kelingking guna menegaskan status pernikahan mereka. Namun, seiring waktu, pemakaian cincin di jari ini sudah jarang dilakukan.

Bahkan, pada akhirnya, tidak sedikit orang yang mengaitkan bahwa penggunaan cincin di jari kelingking menandakan bahwa seseorang adalah mafia.

Namun, menurut mitologi Yunani, penempatan cincin di jari kelingking menegaskan makna persuasi, intelegensi, dan intuisi yang tinggi.

Cincin di Ibu Jari

Mitologi Yunani memaparkan arti cincin di jari jempol sebagai simbol ketekunan, tekad kuat, dan penonjolan diri. Itu sebabnya, penempatan ini sering diterapkan oleh kaum elite.

Cincin di Jari Tengah

Jari telunjuk sering dijadikan sebagai tempat menyematkan cincin dengan desain unik atau bold. Berbeda bagi kalangan bangsawan atau wanita independen yang menggunakan cincin di jari tengah untuk menandakan bahwa orang tersebut berkeinginan kuat juga percaya diri.

Selain itu, mereka dipercaya memiliki karakter yang ambisius dan berjiwa pemimpin.

 

Sumber: Adellejewellery, semar.co.id

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer