Sukses


Tipe-Tipe Suporter saat Nonton Turnamen Futsal, kamu yang Mana?

Bola.com, Jakarta Suporter seringkali disebut sebagai pemain ke-12 di setiap pertandingan olahraga, tak terkecuali futsal. Dengan hadirnya suporter, semangat sebuah tim akan semakin membara untuk meraih kemenangan hingga menyabet gelar juara.

Kehadiran sebuah suporter seringkali ditandai dengan yel-yel yang dinyanyikan sepanjang pertandingan berlangsung. Namun, tidak hanya yel-yel saja bentuk dukungan dari suporter untuk tim kesayangan, terkadang mereka juga menampilkan sesuatu yang berbeda dan unik.

Keunikan tersebut mereka tampilkan melalui penampilan atau perlengkapan yang dibawa dan digunakan untuk memeriahkan sebuah pertandingan serta membakar semangat tim kesayangan. Nah, ketika kamu menonton sebuah pertandingan pertandingan futsal, seringkali kamu bertemu dengan tipe-tipe suporter yang memiliki karakter dan juga gaya mendukung yang berbeda.

Suporter Paling VIP

Sesuai namanya, suporter jenis ini adalah mereka yang duduk di kursi VIP. Bagi para suporter VIP, yang penting bukan menyaksikan pertandingan, melainkan agar disaksikan oleh suporter lainnya atau “ngeceng”.

Adapun sebagian besar suporter ini adalah kaum selebritas yang hadir di antara kerumunan orang. Tak hanya itu, suporter jenis ini adalah mereka yang juga pebisnis tingkat tinggi dengan menyaksikan pertandingan di tempat VIP demi sebuah gengsi untuk pencitraan diri. Mereka tidak peduli dengan hasil pertandingan kecuali itu akan memengaruhi kepentingannya.

Nah, kalau di pertandingan futsal, biasanya tipe suporter ini hanya datang untuk mencari seorang pasangan atau “nampang” saja. Apakah itu kamu?

2 dari 2 halaman

Suporter Paling Hooligan

Di dunia sepak bola, hooligan dikenal sebagai suporter sepak bola yang brutal ketika klub kesayangannya kalah bertanding. Kebrutalannya tersebut lahir dari semangat fanatisme yang kuat dan mengakar terhadap tim kesayangan.

Di Indonesia sendiri, hooligan biasa dikenal sebagai ultras. Ultras kerap kali menghadirkan atmosfer yang unik di setiap pertandingan ketika tim kesayangannya bermain, seperti menyalakan flare, membuat curva sud, membentangkan bendera dengan desain yang “menyeramkan”, hingga menyanyikan yel-yel yang bisa bikin tim lawan ciut.

Selama pertandingan berlangsung, tak jarang juga hooligan atau ultras ini tidak mengenakan kaus selama pertandingan berlangsung. Pasti kamu pernah kan melihat tingkah laku suporter seperti ini saat pertandingan futsal berlangsung?

Suporter Paling Christmas Tree

Christmas Tree ini merupakan ungkapan bagi seorang suporter yang memenuhi seluruh bagian tubuhnya dengan atribut tim kesayangan, mulai dari pin, badge, scraft, jersey, kupluk, topi, corat-coret di wajah, wig, hingga tato.

Tipe suporter ini biasanya duduk berkelompok di area yang jauh dari kelompok suporter hooligan. Selain itu, suporter ini secara tidak langsung berusaha menunjukkan identitas negara atau kelompok mereka.

Nah, itulah 3 tipe suporter yang sering kamu temui ketika sedang menonton pertandingan olahraga, tak terkecuali futsal. Dari ketiga tipe tersebut, apakah kamu termasuk ke dalam salah satunya?

Jika kamu termasuk ke dalam salah satunya, saatnya tunjukkan dukungan kamu untuk tim kesayangan di Grand final AXIS Nation Cup 2023 yang akan dilaksanakan pada 15 oktober 2023 di Istora Senayan dan bakal mengundang Diskoria dan JKT48.

Selain itu pada grand final, akan ada juga fun match antara Vonny Felicia/Vonzy (@vonnyfelicia) dan Ciccio Manassero (@ciomanassero) serta tim Shafira Ika Putri (@shafiraikaputri13) dan Aganta (@aganta7).

Grand final ANC 2023 ini akan mengusung tema “Tiap Aksi Butuh Saksi”, di mana ANC 2023 merupakan salah satu aksi nyata dari AXIS dalam mendukung perkembangan futsal Indonesia.

Dalam hal ini, ANC 2023 berperan sebagai wadah bagi atlet futsal untuk mengasah bakatnya dan juga memberikan panggung bagi mereka melalui pertandingan yang fairplay. Nah, buat yang belum tahu, ANC 2023 atau AXIS Nation Cup 2023 merupakan pertandingan futsal terbesar di Indonesia tingkat SMA yang diselenggarakan oleh AXIS.

ANC 2023 dilaksanakan di 30 kota seluruh Indonesia dengan partisipan 1200 sekolah tingkat SMA. Jumlah penonton yang hadir pada saat preliminary dan juga regional final mencapai lebih dari 100 ribu orang.

So, jangan sampai lewatkan pertandingan Grand Final ANC 2023 untuk mendukung tim kesayangan kamu serta memberikan dukungan nyata terhadap perkembangan futsal di Indonesia, ya!

Saksikan Grand Final AXIS Nation Cup 2023 secara live streaming melalui akun Youtube AXIS, klik di sini

(*)

Video Populer

Foto Populer