Sukses


Yamaha Endurance Festival 2023 Hadirkan Kelas Baru untuk 600cc

Bola.com, Lombok - Yamaha kembali menggelar Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023 di Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (22/10/2023).

Acara ini merupakan balapan ketahanan satu-satunya di Indonesia ala Le Mans Style yang konsisten dihadirkan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dalam acara yang sudah masuk tahun ke-5 penyelenggaraan itu, PT. YIMM menghadirkan kelas baru yakni, R6 Community. Sebelumnya, gelaran One Make Race Yamaha telah menghadirkan kelas R25 Pro Rider, R25 Community, R15 Community, R15 Media, dan kelas baru R1 Community.

"Untuk peserta kami ada inovasi untuk mengajak teman-teman R6, tahun lalu tidak ada," ujar Wahyu Rusmayadi, Manager Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

"Tahun ini kami bersama community R6 yang sebelumnya ada di Yamaha Sunday Race lalu ikut ke Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023," sambungnya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Disambut Antusias

Meskipun baru bergabung, animo komunitas pencinta motor berkapasitas mesin 600cc tersebut tetap antusias berpartisipasi dalam kegiatan yang pertama kalinya diadakan di Sirkuit Mandalika tersebut.

"Memang jumlah motornya tidak banyak, ada 12 pembalap dan itu sangat antusias sekali untuk bisa merasakan endurance di sirkuit Mandalika," tambahnya.

Mengenai aturan balapnya pun berbeda dengan kelas lainnya. Pembalap yang turun di kelas ini melakukan balapan selama satu jam, sedangkan di kelas lainnya melakukan balapan selama dua jam. "Tentunya strategi pit in pit out serta fisik pembalap jadi penentu," ujarnya

 

3 dari 4 halaman

Di Subsidi Yamaha

Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023 menjadi balap ketahanan yang pertama kalinya digelar trek Mandalika sepanjang 4,3 km. Pada tahun-tahun sebelumnya, bLU cRU Yamaha Endurance Festival berlangsung di Sentul International Circuit, Bogor.

Banyaknya peserta yang berdomisili di Pulau Jawa membuat acara ini memerlukan biaya operasional yang besar seperti membawa motor dan juga mekanik. Namun Yamaha selalu konsisten memberikan subsidi kepada para peserta agar bisa mengikuti kegiatan ini.

"Kita berikan subsidi transportasi, trucking dan fasilitas yang sudah kita berikan untuk mensupport teman-teman community untuk bisa mewadahi mereka yang ada di Sirkuit Mandalika ini," tambah Wahyu.

 

4 dari 4 halaman

Diikuti Pembalap Nasional

Beberapa tim balap profesional seperti Yamaha RSS Cargloss IRC, Yamaha BAF Akai Jaya, Yamaha Ziear ARL The Strokes55, Yamaha HDS Racing siap ambil bagian dalam gelaran ini.

Beberapa pembalap terbaik nasional juga tampil di acara ini, yakni Galang Hendra Pratama, Aldi Satya Mahendra, Rey Ratukore, Eric Saputra, Wahyu Nugroho, Anggi Setiawan, Joshua Mbeo, Felix PM dan lain-lain.

Selain tim profesional ada juga rekan-rekan komunitas yang terlibat, di antaranya adalah YROI, YARRCI, ROCK, Cornering Indonesia, dan juga komunitas lain yang dinaungi oleh YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia).

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer