Sukses


20 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ketahui Efek Sampingnya

Bola.com, Jakarta - Daun katuk adalah sejenis sayuran yang memiliki nama latin Sauropus adrogynus dan termasuk famili Euphorbiaceae. Manfaat daun katuk yang cukup populer adalah untuk memperlancar dan memproduksi ASI bagi ibu menyusui.

Di Indonesia, daun ini biasanya bisa tumbuh di dataran dengan ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut. Daun katuk memiliki bentuk perdu dan bisa mencapai tinggi dua hingga tiga meter, dengan cabang-cabang yang cukup lunak.

Selain bermanfaat untuk melancarkan ASI, daun katuk juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya. Daun ini mengadung ragam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh.

Daun katuk mengandung vitamin (A,B, dan C), lemak, protein, kalsium, zat besi, dan fosfor. Selain itu, peneliti juga menemukan daun katuk memiliki kandungan efedrin yang sangat efektif untuk mengobati influenza.

Tak kalah dengan sayuran lainnya, daun katuk juga merupakan sumber makanan berserat, yang mengandung mangan, energi, hidrat arang, abu, karoten, air, pirolidinon, dan metil piroglutamat serta p-dodesilfenol sebagai komponen minor.

Saking banyaknya kandungan dalam daun katuk, tak heran jika sayuran ini juga memiliki khasiat untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaatnya?

Berikut adalah manfaat daun katuk untuk kesehatan yang jarang diketahui banyak orang, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/12/2019).

2 dari 4 halaman

20 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain kandungan yang disebutkan di atas, daun katuk juga memiliki kadar klorofil tinggi, maka di dalamnya terkandung antioksidan dalam jumlah besar yang sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan mencegah penuaan diri.

Berikut adalah manfaat daun katuk untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh:

1. Melancarkan produksi ASI

2. Mengatasi anemia

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

4. Menjaga kesehatan mata

5. Meningkatkan vitalitas pria

6. Menjaga kesehatan tulang

7. Mengobati luka

8. Mencegah osteoporosis

9. Mengobati influenza

10. Baik untuk ibu hamil

11. Menurunkan berat badan

12. Menambah energi dan stamina

13. Mencegah kanker

14. Meningkatkan produksi sperma

15. Meningkatkan kesehatan mata

16. Bersifat antibakteri dan virus

17. Menjaga vitalitas pria

18. Mengurangi tekanan darah tinggi

19. Bantu obati diabetes

20. Memelihara kesehatan dan kecantikan kulit

 

3 dari 4 halaman

Efek Samping Daun Katuk

Anda tak boleh terlena dengan segudang manfaat daun katuk, sayuran ini bila konsumsi berlebihan akan berdampak buruk pada paru-paru yang mengakibatkan penyakit bronchiolitis permanen.

Maka dari itu, Anda harus membatasi makan daun katuk karena efek samping yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Daun katuk memiliki senyawa papaverina, yang merupakan alkaloid. Jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan keracunan bahkan kematian.

Sebuah penelitian di Taiwan mengatakan konsumsi daun katuk mentah secara berkelanjutan sebanyak 150 miligram per hari selama dua minggu akan menyebabkan sesak napas, kehilangan nafsu makan, dan kesulitan tidur.

Akan bermanfaat jika daun katuk direbus sebelum dimakan karena pemanasan dapat menghancurkan sifat anti-protozoa maka racun di daun katuk dapat hilang. Mengonsumsi daun katuk mentah juga tidak dianjurkan.

4 dari 4 halaman

Tips Mengolah Daun Katuk

Agar bisa memetik manfaat daun katuk secara utuh, penting untuk memerhatikan bagaimana tips dan cara mengolahnya yang benar. Sebab, cara pengolahan yang salah akan merusak kandungan gizi di dalamnya.

Jika daun katuk dimasak terlalu matang, maka dapat menurunkan kualitasnya. Maka dari itu, Anda harus  memasak daun katuk hanya sekitar tiga menit saja. Lagi pula daun katuk berbentuk tipis dan mudah lunak.

Video Populer

Foto Populer