Sukses


Manfaat Kacang Kenari untuk Kesehatan dan Kecantikan, Wajib Dicoba

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengonsumsi kacang kenari? Kacang kenari atau walnut merupakan jenis kacang-kacangan dari tumbuhan jenis Jugalndaceae.

Pohon kenari berasal dari Amerika Utara bagian Timur. Namun, saat ini kacang kenari sudah bisa tumbuh di berbagai tempat seperti China, Iran, hingga California (Amerika Serikat).

Orang Indonesia bisa menemukan kacang kenari di supermarket terdekat atau toko penjual khusus kacang-kacangan. Kacang ini memiliki cangkang berbentuk bulat dan isinya yang bertekstur.

Kacang kenari memiliki rasa lezat sehingga banyak digemari oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Terlepas dari rasanya yang lezat, kacang kenari juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh menyeluruh.

Menurut laporan Healthline, kacang kenari merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral cukup tinggi. Sebuah penelitian dari US Department of Agriculture (USDA) National Nutrient Database menemukan kacang kenari mengandung kalori energi, gula, karbohidrat, serat, protein, lemak, kalsium, mangan, tembaga, magnesium, fosfor, hingga zat besi.

Sementara The Encyclopedia of Healing Foods, melaporkan manfaat kacang kenari lainnya adalah sumber antioksidan dan vitamin E cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat diperlukan untuk kesehatan dan kecantikan. Lantas, apa saja manfaatnya?

Berikut adalah manfaat kacang kenari bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui banyak orang, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/11/2019).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan dalam kacang kenari sangat baik bagi saluran pencernaan serta dapat menjadi antivirus, antialergi dan antikanker. Saat dikonsumsi, walnut akan berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker.

Kandungan ellagitannins polifenol dalam kacang kenari dapat mengubah mikroba dalam usus menjadi senyawa urolithin. Senyawa tersebut memiliki sifat seperti hormon yang dapat memblokir resptor hormon dalam tubuh. Sehingga akan membantu mengurangi risiko kanker yang berkaitan dengan hormon, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

 

3 dari 7 halaman

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Kacang kenari atau walnut sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menjalani hidup sehat. Kacang ini sangat cocok dijadikan menu diet guna mengontrol berat badan tetap ideal dan mencegah obesitas.

Obesitas adalah kondisi ketika seseorang memiliki berat badan berlebih dan tidak terkontrol. Namun, Anda bisa mengendalikan berat badan supaya tetap ideal hanya dengan mengonsumsi kacang kenari secara rutin.

Kacang kenari juga dapat membuat Anda kenyang dalam jangka waktu cukup lama. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah lapar dan bisa mengontrol nafsu makan.

 

4 dari 7 halaman

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Menurut laporan Healthline, kacang kenari memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah. Dengan begitu, walnut dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Walnut sangat dianjurkan untuk pasien diabetes karena mengandung protein, dan serat cukup tinggi. Kacang jenis ini juga memiliki kandungan magnesium yang berfungsi mengontrol gula darah dalam tubuh. Kacang kenari mengandung hampir setengah dari jumlah magnesium yang dibutuhkan tubuh.

 

5 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak merupakan satu di antara organ penting dalam tubuh, sehingga kesehatan otak juga perlu dijaga. Anda bisa menjaga kesehatan otak dengan mengonsumsi kacang kenari.

Kandungan polifenol dan vitamin E dalam walnut dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan pada otak. Sebuah hasil studi menyarankan untuk mengonsumsi kacang kenari untuk meningkatkan kinerja otak dan melatih konsentrasi.

Kacang kenari juga mengandung nutrisi yang dapat membantu melindungi otak Anda dari peradangan. Selain itu, walnut akan mendukung fungsi otak yang baik seiring bertambahnya usia.

 

6 dari 7 halaman

5. Mendukung Kesehatan Reproduksi Pria

Menurut laporan Healthline, kacang kenari memiliki manfaat untuk mendukung kesehatan reproduksi atau kesuburan kaum pria. Mengonsumsi walnut secara teratur akan menangkal dampak buruk dari makanan yang mengancam sperma.

Kacang kenari berperan untuk melindungi sperma dengan mengurangi kerusakan oksidatif pada membran para kaum adam.

 

7 dari 7 halaman

6. Cegah Penuaan Dini

Tak hanya penting untuk kesehatan dan kesuburan, kacang kenari juga bermanfaat bagi kecantikan. Walnut dipercaya mampu mencegah penuaan dini sehingga Anda akan terlihat awet muda.

Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dalam kacang kenari cukup tinggi. Senyawa itulah yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh penyebab penuaan dini.

 

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer