Sukses


7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Mengatasi Kadar Kolesterol Jahat

Bola.com, Jakarta - Minyak zaitun telah lama digunakan sebagai obat alami bagi kesehatan. Minyak zaitun adalah minyak yang terbuat dari lemak buah zaitun, serta harganya cukup mahal.

Minyak zaitun yang banyak ditemui di negara-negara Mediterania. Dilansir dari laman AloDokter, minyak zaitun memiliki banyak lemak baik, dibandingkan dengan minyak kelapa murni.  Minyak zaitun memiliki manfaat yang multifungsi. 

Multifungsi yang ada di dalam minyak zaitun tak hanya sebagai bahan pangan, tetapi juga bahan nonpangan. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai bahan kosmetik, minyak pijat, dan peralatan kebersihan seperti sabun.

Kandungan vitamin E, vitamin K , asam lemak omega-3, omega-6, omega-9, serta zat besi ada dalam minyak zaitun. Banyaknya kandungan yang ada di minyak zaitun berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

Penasaran apa saja manfaat yang diberikan oleh minyak zaitun? Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/3/2020), manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh Anda. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Mengatasi Kolesterol

Manfaat pertama minyak zaitun adalah mampu menurunkan kolesterol di dalam darah tubuh Anda. Mengonsumsi minyak zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh Anda.

Penumpukan kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah tubuh Anda. Plak yang tertumpuk di dalam pembuluh darah tubuh Anda bisa meningktakan risiko penyakit kardiovaskular.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari minyak zaitun dengan mengonsumsi langsung minyak zaitun sekitar 4 sendok makan tiap hari atau digunakan sebagai bahan campuran masakan.

3 dari 8 halaman

2. Mencegah Stroke

Mengonsumsi minyak zaitun mampu mencegah Anda mengalami risiko penyakit stroke. Stroke yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak, baik gumpalan darah, atau pendarahan.

Sebuah studi menunjukan minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang bisa mengurangi risiko stroke.

4 dari 8 halaman

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Penyakit jantung jarang ditemui di negara-negara Mediterania.

Penyebab jarangnya berita penduduk Mediteriania terserang penyakit jantung karena mereka terbiasa mengonsumsi minyak zaitun. Minyak zaitun dikenal sebagai lemak yang menyehatkan jantung.

Minyak zaitun mampu menurunkan peradangan, mencegah kolesterol, memperbaiki pembuluh darah, dan mencegah pembekuan darah.

5 dari 8 halaman

4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah mampu mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer disebabkan penumpukan plak beta amiloid di dalam sel otak manusia.

Mengonsumsi minyak zaitun dipercaya membantu menghilangkan plak-plak tersebut dari sel otak. Mengonsumsi minyak zaitun terhindar dari risiko mengalami penyakit Alzheimer.

Minyak zaitun bisa digunakan sebagai menu diet karena minyak zaitun terdiri dari 14 persen lemak jenuh, 11 persen lemak tak jenuh ganda, omega-6, dan omega-3.

6 dari 8 halaman

5. Mengatasi Kulit Kering Menguatkan Tulang

Minyak zaitun bisa diaplikasin menjadi produk kesehatan kulit Anda. Minyak zaitun mampu mengatasi masalah pada kulit Anda seperi masalah kulit kering.

Sifat antioksida yang ada di dalam minyak zaitun berguna menangkal radikal bebas dan memgurangi peradangan yang terjadi pada kulit Anda. Minyak zaitun bisa sebagai pilihan pengganti fungsi body lotion. Mengonsumsi minyak zaitun mampu menguatkan tulang Anda. Minyak zaitun mampu meningkatkan kadar kalsium dan kadar ALP, MDA, serta nitrat yang signifikan.

7 dari 8 halaman

6. Antibakteri

Minyak zaitun memiliki kandungan zat felonik yang tinggi. Zat felofenik yang ada di dalam minyak zaitu dipercaya mampu menghambat atau membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh Anda.

Minyak zaitun mampu melawan 8 jenis bakteri Helicobacter pylori, 3 dari 8 jenis bakteri tersebut mampu memberikan resisten terhadap antibiotik.

Mengonsumsi minyak zaitun mampu mengatasi tukak pada saluran pencernaan dan kanker saluran pencernaan yang siebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

8 dari 8 halaman

7. Mencegah Penuaan

Minyak zaitun memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi minyak zaitun dipercaya mampu membantu mencegah penuaan.

Sifat antioksidan yang ada di dalam minyak zaitun mampu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini. Kandungan vitamin E yang tinggi membantu menutrisi kulit tubuh Anda.

Minyak zaitun mampu melindungi faktor eksternal yang berbahaya bagi kesehatan kulit Anda seperti sinar matahari.

 

Video Populer

Foto Populer